Deskripsi

Akuntan merupakan sebutan atau gelar profesional yang diberikan kepada lulusan sarjana akuntansi (fakultas ekonomi), ketentuan mengenai praktik akuntan ini telah diatur pada UU No. 34 tahun 1954. Seorang Akuntan memiliki tugas untuk melakukan analisis informasi keuangan dan mempersiapkan laporan keuangan yang mana laporan tersebut berfungsi untuk menentukan atau mempertahankan arsip aset, kewajiban, keuntungan dan kerugian, kewajiban pajak, atau kegiatan keuangan lainnya dalam suatu organisasi. 

 

Prospek kerja jurusan Akuntansi yang satu ini memang sangat luas, pasalnya semua perusahaan kecil terlebih perusahaan besar membutuhkan kemampuan seorang akuntan untuk membuat laporan keuangan perusahaannya. Akuntan sendiri tentunya sangat terampil dalam kegitan praktek akuntansi, ia juga memiliki tanggung jawab terhadap rekening publik/swasta.

 

Video Penjelasan

 

Pendidikan Minimal

S1

 

Kisaran Gaji

Sumber: Salaryexplorer.com

 

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Berdasarkan pada data statistik dari Biro Tenaga Kerja Amerika, rata-rata dari pemasukan seorang akuntan yakni $65,940 per tahunnya (sebenarnya bisa sangat bervariasi, tergantung dari bidang akuntansi, lokasi, pengalaman, jam kerja, atau faktor lainnya). Dengan rata-rata pemasukan tersebut, tidak heran karenanya banyak masyarakat yang ingin mencoba peruntungan bekerja di bidang ini. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan alumni jurusan akuntansi untuk ditempatkan pada berbagai jabatan seperti Akuntan, Akuntan Umum, Analis Bisnis, dll.

 

Tugas

Tidak bisa dipungkiri jika prospek kerja jurusan akuntansi ini memang sangat menggiurkan, selain karena banyak di butuhkan oleh semua lini bisnis namun gaji yang ditawarkan juga terbilang cukup besar. Namun bukan hanya berpaku pada gaji maupun prospek kerjanya yang luas, untuk bisa menekuni profesi yang satu ini tentunya dibutuhkan pemahaman yang luas mengenai berbgagai tugas yang harus dikerjakan oleh seorang akuntan.

 

Pada umumnya seorang akuntan bertugas untuk membuat catatan keuangan sebuah perusahaan, ia dapat bekerja dalam organisasi pemerintahan maupun swasta. Seorang akuntan harus menyiapkan laporan keuangan, seperti laporan perpajakan, memberikan saran keuangan (melalui kegiatan evaluasi anggaran), memberikan rekomendasi perihal penggunaan anggaran, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak berbagai penjelasan tugas akuntan berikut ini:

 

  • Mempersiapkan, memeriksa, atau menganalisis arsip akuntansi, pernyataan keuangan, atau laporan keuangan lain untuk menilai ketepatan, kelengkapan, dan kesesuaian dengan standar pelaporan dan prosedur operasi
  • Memberikan laporan kepada pengelola berkaitan dengan kondisi keuangan organisasi
  • Menyusun tabel rekening dan menempatkan masukan di rekening yang tepat
  • Mengembangkan, melaksanakan, mengubah, dan mendokumentasikan pencatatan dan sistem akuntansi dengan menggunakan teknologi komputer terkini
  • Menghitung jumlah pajak terutang dan menyiapkan formulir pajak penghasilan, memastikan pembayaran, pelaporan, atau syarat pajak lainnya terpenuhi

 

Pengetahuan

Untuk menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan, tentunya memiliki pengetahuan di bidang akuntansi yang baik menjadi poin utama. Mengikuti kuliah di jurusan akuntansi atau kursus di bidang ini akan sangat membantu dalam menjalankan berbagai tugas yang diberikan, berbagai pengetahuan bidang akuntansi yang dimaksud diantaranya:

  • Administrasi dan Manajemen
  • Ekonomi dan Akuntansi
  • Bahasa Inggris
  • Matematika

 

Keterampilan dan Kemampuan

Bukan hanya diwajibkan memiliki pengetahuan yang memadai dalam bidang akuntansi, seorang akuntan juga dituntut memiliki beragam keterampilan penunjang lainnya untuk bisa menjalankan profesi ini dengan semaksimal mungkin seperti:

  • Penyelesaian Masalah yang Kompleks
  • Berpikir Kritis
  • Pemahaman Membaca
  • Matematika
  • Penyusunan Informasi
  • Penalaran Matematika
  • Kemampuan Berhitung
  • Ekspresi Tertulis

 

Akuntan merupakan salah satu prospek kerja jurusan Akuntansi yang sangat luas jangkauannya, tidak hanya wilayah perkotaan saja yang padat dengan perusahaan namun alumni jurusan akuntansi juga bisa meniti karir di wilayah pedesaan sekalipun. Profesi yang satu ini memang amat dibutuhkan kala membangun sebuah usaha dalam bidang apapun, jika memiliki catatan tertib tentang keuangan tentu usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik. Kemampuan dalam bidang akuntansi tidak hanya bisa didapatkan dengan perkuliahan saja, namun saat ini ada banyak tempat kursus yang juga menawarkan pelatihan dalam bidang disiplin ilmu sejenis (meski level kemampuan yang di berikan akan cukup berbeda).

 

Accountant