Data Science and Technology Series

Bagikan :

Deskripsi

Hi Pintarian!

Saat ini kamu bisa mengikuti dan membeli kursus Data Science secara satuan sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Berikut link-link kursus Data Science satuan:

 

Analitik Data Untuk Bisnis Dengan Excel

Analisis Dan Visualisasi Data Dengan R

Teknologi Dan Manajemen Big Data (Hadoop)

Analisis Dan Visualisasi Data Dengan Python

Machine Learning Dengan Python

 

Data Science and Technology Series adalah kursus online bagi siapa saja yang ingin mempelajari mengenai data science dan berbagai macam teknologi di bidang data. Dengan mengikuti kursus online ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dapat membantu Anda meniti karir sebagai Data Analyst, Data Engineer, atau Data Scientist.

 
Apa Yang Akan Dipelajari?

Secara garis besar, hasil pembelajaran masing-masing spesialisasi adalah sebagai berikut:

 

Data Analyst

Modul pembelajaran untuk Data Analyst akan dibagi menjadi IT track dan non-IT track. Untuk non-IT track, modul yang ditawarkan adalah Data Analytics for Business with Excel dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:

  • Menerapkan mindset analytical thinking dan problem-solving attitude.
  • Membandingkan antara descriptive analytics, predictive analytics, dan prescriptive analytics.
  • Mengaplikasikan teknik-teknik analisis data deskriptif, mulai dari mengimpor data, menyiapkan (membersihkan) data, mengolah data, dan memvisualisasikan data.
  • Mengaplikasikan teknik-teknik analisis menggunakan Power Query, Pivot Table, Pivot Chart, add-in Solver dan add-in Analysis Toolpak di Microsoft Excel.

 

Untuk IT track (non-IT track dipersilahkan untuk ikut mempelajari), modul yang ditawarkan adalah Data Analysis and Visualization with R dan Data Analysis with Python dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:

  • Menerapkan mindset analytical thinking dan problem-solving attitude.
  • Menganalisis distribusi data dengan menggunakan teknik statistik.
  • Menggunakan DataFrame dan mempraktikkan teknik-teknik pengolahan data dengan menggunakan Python packages (Pandas, NumPy, SciPy) atau R packages (data.table, plyr, stringr, reshape2).
  • Mempraktikkan visualisasi data dengan menggunakan Python packages (matplotlib, plotly) atau R packages (ggplot2, Shiny).
 
Data Engineer

Modul pembelajaran untuk Data Engineer adalah Big Data Management and Technology (Hadoop Fundamentals) yang termasuk ke dalam IT track serta memiliki tujuan pembelajaran sebagai berikut:

  • Memahami pentingnya teknologi big data dan aplikasinya di industri yang berbeda-beda.
  • Memahami big data architecture dan Apache Hadoop Ecosystem, seperti HDFS, MapReduce, YARN, HBase, Hive, Pig, Mahout, dan lain-lain.
  • Menginstall single-node cluster dengan menggunakan Cloudera distribution.
  • Mempraktikkan penyimpanan dan pemrosesan data dengan HDFS dan MapReduce.
  • Menggunakan bahasa SQL, NoSQL, dan PostgreSQL (akan dikemas lebih detail dalam modul terpisah).
 
Data Scientist

Modul pembelajaran untuk Data Scientist adalah Machine Learning with Python yang termasuk ke dalam IT track serta memiliki tujuan pembelajaran sebagai berikut:

  • Memahami artificial intelligence, machine learning, dan deep learning.
  • Membangun hipotesis dan melakukan eksperimen modeling.
  • Mempraktikkan beberapa jenis machine learning algorithms termasuk regression, classification, dan association.
  • Mendesain machine-learning algorithm dan mengimplementasikannya di sistem.
 
Apa Yang Perlu Dipersiapkan?

Pertanyaan yang sering disampaikan: “Apakah saya harus memiliki latar belakang IT untuk mengikuti kursus online ini?” Tidak, kursus ini dapat diikuti oleh semua orang, termasuk mereka yang tidak memiliki latar belakang IT. 

 
Mengapa Penting Untuk Mengikuti Kursus Ini?

Profesi Data Scientist disebut sebagai “the sexiest job of the 21st century”. Mengingat perannya yang begitu strategis untuk menunjang pengambilan keputusan, orang-orang dengan pengetahuan data science sangat dicari oleh perusahaan. Di Indonesia pun profesi ini sedang berkembang dengan cepat. Mengapa? Perusahaan dan organisasi di Indonesia sudah mulai menggunakan big data. Data science dapat membantu perusahaan menggali bermacam informasi, seperti perilaku konsumen, identifikasi selera pasar, efektifitas proses produksi, prediksi keuntungan perusahaan, dan masih banyak lagi, yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. 

 
Siapa Yang Dapat Mengikuti Kursus Ini?
  • Profesional, pemegang gelar sarjana/pascasarjana, peneliti, analyst, software engineers, mahasiswa, pelajar, dan individu yang tertarik dengan data science atau ingin memulai karir di bidang data.
  • Mereka yang sangat ingin belajar dan mendapatkan keahlian baru seperti Anda.
  • Mitra kerja, mitra bisnis, atau teman masa depan.
 
Cara Belajar

Peserta kursus online Data Science and Technology Series akan mendapatkan akses selama 1 (satu) tahun ke virtual classroom (digital library) di Pintaria yang berisi materi-materi belajar dalam bentuk multimedia seperti video, audio, teks, dan presentasi.

 

Peserta dapat mengakses digital library ini kapan saja dan dimana saja selama terkoneksi dengan Internet.

 

Peserta dapat menyelesaikan materi belajar yang disediakan secara sistematis sesuai dengan kurikulum atau memilih materi tertentu sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, peserta juga dapat berkonsultasi/berdiskusi dengan instruktur/mentor dan peserta lainnya dengan menggunakan fasilitas forum diskusi dan live video conference. Peserta juga dapat berinteraksi secara langsung dengan instruktur/mentor dan peserta kelas lainnya dengan mengikuti offline meet-up di yang dilakukan sebulan sekali di Dattabot Dojo (Jl. Senopati No. 75, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan). 

 
Fitur
  • Forum diskusi: Peserta dapat melakukan diskusi mengenai berbagai topik yang relevan dengan instruktur/mentor dan peserta lainnya pada forum diskusi yang disediakan.
  • Sertifikat penyelesaian: Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran yang dipersyaratkan dalam kursus online akan menerima Sertifikat Penyelesaian (Certificate of Completion).
  • Offline meet-up (gratis): Instruktur/mentor sebulan sekali akan menyelenggarakan offline meet-up/pertemuan gratis untuk memberikan kesempatan melakukan praktek (lokasi hanya di Jabodetabek).
 
Investasi

Investasi yang harus kamu keluarkan untuk mengikuti kursus online "Data Science and Technology Series" ini adalah Rp 1.500.000,-. Biaya ini sudah termasuk:

  • Akses kepada materi belajar online selama 1 (satu) tahun (dihitung sejak tanggal pembayaran).
  • Akses ke forum diskusi selama 1 (satu) tahun (dihitung sejak tanggal pembayaran).
  • Sertifikat penyelesaian atau Certificate of Completion (hanya bagi mereka yang menyelesaikan semua materi belajar dengan baik).

  

Contoh Materi Belajar
 
 

Penyelenggara

Dattabot

We Unlock the Value in Your Data

Dattabot, sebelumnya dikenal sebagai Mediatrac, adalah perusahan big data analysis di Indonesia dengan fokus kepada integrasi data. Didukung oleh teknologi analitik yang paling maju dan data library yang terlengkap di Indonesia, Dattabot memiliki keahlian untuk menemukan nilai tersembunyi yang terdapat pada data perusahaan Anda. Sejak tahun 2010, Dattabot telah mendalami kekuatan teknologi big data untuk menyediakan solusi yang inovatif untuk klien dari berbagai industri; dari perusahaan fast moving consumer goods (FMGC), institusi keuangan, bahkan lembaga pemerintahan.


Instruktur

Arfika Nurhudatiana, Ph.D

Subject Matter Expert, Senior Lecturer, Data Scientist

Arfika mendapatkan gelar Sarjana dan Doktor dari School of Computer Science and Engineering di Nanyang Technological University (NTU), Singapore dengan beasiswa dari Sembawang Corporation, Nanyang Technological University, dan Google Anita Borg Memorial Scholarship. Sebagai profesional, Arfika pernah berkarir sebagai konsultan pada IBM Singapore dan sebagai scientist pada P&G Singapore. Arfika juga merupakan senior lecturer pada program studi Sistem Informasi di Universitas Bina Nusantara.


Ulasan

4.5
10 Ulasan
5 stars
4 stars
3 stars
2 stars
1 stars

Rano Agustino – 03 April 2018, 16:23 WIB:

Materi yang diberikan mudah dimengerti padahal isi materi nya sulit

Agil Haykal – 01 April 2018, 19:21 WIB:

Materi Pembelajaran analisis data sangat bermanfaat bagi saya. Sebelumnya saya hanya menyadari bahwa pengolahan data hanya terbatas pada deskriptif analisis. Ternyata setelah dipelajari masih ada banyak analisis yang dapat menunjang karir dan bisnis. Saya sangat menantikan adanya kelas lanjutan untuk analisis data dengan menggunakan python atau r.

Vira Avianti – 19 Maret 2018, 14:34 WIB:

Kursus yang sangat bermanfaat sekali. Cara penyampaian Dr Fika sangat runut dan sistematis. Sangat saya rekomendasikan untuk data analis pemula agar mendapatkan fondasi yang komprehensif tentang data analisis.

DP

David Pratama – 10 Maret 2018, 19:10 WIB:

Bagus

HH

Husain – 08 Maret 2018, 08:25 WIB:

beri lagi banyak studi kasus.

DATA MOHON INFO
Kategori pendaftar*
×