Wow, Ternyata Manusia Memiliki 9 Jenis Kecerdasan

Memiliki kecerdasan yang mumpuni memang menjadi kelebihan yang sangat membantu secara akademik maupun pekerjaan. Dikutip dari laman kompas, seorang tokoh pendidikan sekaligus psikolog yang mencetus teori kecerdasan majemuk atau multiple intelligences, Howard Gardner. Berpendapat bahwa setidaknya terdapat 9 tipe kecerdasan yang memungkinkan untuk dikuasai bila diasah dengan baik.

Lebih lanjut, Howard menjelaskan bahwa setiap orang bisa memiliki kecerdasan yang majemuk, dari sisi intelektual (IQ) maupun kecerdasan emosional (EQ).

Nah ingin tahu apa saja kecerdasannya, ini dia diantaranya:

Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan ini memperlihatkan kemampuan yang sangat baik saat berkomunikasi dan menggunakan kata-kata secara baik dan efektif, dalam menguasai bahasa secara lisan maupun tulisan.

Kecerdasan Intrapersonal

Kamu yang memiliki kecerdasan ini, merupakan sosok yang dapat memahami diri sendiri dengan baik, Tidak mudah menyerah, gigih, dan percaya diri. Seperti mengikuti berbagai kegiatan, termasuk yang mengharuskannya tampil di depan umum.

Kecerdasan Naturalis

Pribadi yang memiliki kemampuan untuk mengenali alam sekitar dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap makhluk hidup.

Kecerdasan Eksistensial

Dimana seseorang memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap arti kehidupan, kematian, dan realitas hidup.

Kecerdasan Spasial

Kamu yang memiliki kecerdasan ini, memiliki kemampuan untuk menerjemahkan pikiran atau imajinasi ke dalam bentuk visual. Dan disertai dengan daya imajinasi yang tepat

Baca juga: 3 Jenis Kepribadian, Kamu Termasuk yang mana?

Kecerdasan Musikal

Bila kamu memiliki kepekaan terhadap ritme musik, nada, irama, bahkan memiliki minat besar untuk bisa berekspresi dengan dunia musik seperti bernyanyi hingga menggunakan alat musik, maka kamu termasuk yang memiliki kecerdasan ini.

Kecerdasan Interpersonal

Kamu termasuk orang yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Ditandai dengan kemampuan beradaptasi, bekerja sama, dan dapat membangun relasi secara baik dengan lingkungan sekitarnya.

Kecerdasan Kinestetik

Merupakan kemampuan yang berkaitan erat dengan aktivitas fisik ,dalam pergerakan badan dalam berolahraga dan menari.

Kecerdasan Logika- Matematika

Mungkin ini salah satu hal yang membuat orang terlihat memahami matematika dengan baik. Karena dengan kecerdasan tersebut, ia memiliki keterampilan dalam berhitung, berpikir logis, serta memahami pemecahan masalah dalam matematika

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.