Menyadari kelemahan adalah langkah awal yang baik untuk menuju kesuksesan. Tapi jangan lantas pasrah dan berdiam diri. Susunlah strategi bagaimana mengubah kelemahan yang kamu miliki menjadi sebuah kekuatan.

Sebelum membuat strategi, ada baiknya kita mulai dengan mengidentifikasi kondisi yang riil kamu hadapi saat ini. Misalnya, kamu sadar bahwa kamu lemah dalam penguasaan bahasa Inggris. Akibatnya kamu mengalami kesulitan dalam memahami materi-materi kuliah yang banyak disampaikan dalam bahasa Inggris. Di sini kamu melihat potensi masalah yang bila tidak segera diatasi, akan berpengaruh pada keberhasilan menyelesaikan studi. Maka selanjutnya kamu perlu memikirkan sebuah strategi yang efektif untuk membantu kamu  menguasai bahasa Inggris. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menjalankan strategi tersebut. Coba langkah berikut ini:

Alternatif Taktik

Pikirkan sejumlah tindakan yang bisa menjadi solusi efektif untuk mencapai tujuan kamu. Misal, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, kamu mempertimbangkan untuk mengikuti kursus tambahan. Mulailah browsing untuk mencari paket-paket studi yang sesuai dengan gaya belajar dan kemampuan finansial kamu. Ingatlah, sebuah rencana harus realistis. Pertimbangkan baik-baik segala sesuatunya. Apakah harganya terjangkau, metode pengajaran terbukti efektif, lokasi belajar mudah diakses, dan lainnya. Buat riset kecil-kecilan tentang paket kursus yang kamu incar. Untuk mengetahui apakah pilihan kamu tepat, bisa dilakukan dengan mempelajari pengalaman orang lain. Misalnya dari testimoni yang ditampilkan, atau melempar pertanyaan ke forum diskusi online. Bila segala sesuatunya realistis, kamu akan mudah mencapai target yang sudah ditetapkan.

Buat Timeline

Rencana hanya akan menjadi wacana bila tidak diwujudkan. Untuk itu kamu perlu membuat perencanaan waktu atau timeline. Tetapkan jadwal, kapan kamu mulai belajar, berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan hal lain terkait waktu. Timeline juga bisa membantu kamu membuat perencanaan biaya. Kapan harus mulai menabung, berapa besar pendapatan yang harus disisihkan setiap bulan, pos-pos apa yang harus dihemat.  Dengan menetapkan tenggat waktu, kamu akan terdorong mewujudkan rencana.

Harus Fokus

Ingat kata Via Valen dalam theme song Asian Games 2018. Untuk berhasil dan berprestasi kita harus fokus satu titik. Sebagai analogi, bayangkan permainan dart. Kamu harus berkonsentrasi untuk bisa menembak ke titik tengah yang menjadi tujuan utama. Upayakan selalu fokus pada sasaran. Ini akan membantu kamu untuk tetap berkonsentrasi penuh dan tidak gampang dibelokkan oleh godaan-godaan yang bakal mengganggu di sepanjang perjalanan mencapai tujuan.

Evaluasi Berkala

Bila taktik sudah berjalan, lakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui seberapa besar kemajuan yang telah dicapai.  Kalau perlu, minta bantuan teman atau keluarga untuk menilai. Selain melihat kemajuan, evaluasi ini juga perlu dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang mungkin muncul. Sehingga kamu punya cara untuk mengatasinya.

Rayakan Keberhasilan

Setiap usaha pantas pantas diapresiasi. Berikan penghargaan pada diri sendiri atas pencapaian yang kamu buat. Keberhasilan meng-uprade diri adalah sukses yang pantas dirayakan. Ini akan membuat kamu termotivasi dan lebih percaya diri untuk mengulang keberhasilan di bidang lainnya. Selamat ya!