Pintarian berencana berkuliah di universitas negeri? Jika ya, maka kamu harus mengikuti tes nasional memasuki universitas negeri atau dikenal dengan nama SMBPTN. Nah sebelum kamu mengikuti tes SMBPTN resmi, kamu harus coba try out SBMPTN di Pintaria untuk tahu bagaimana kesiapanmu dalam menghadapi SBMPTN sebenarnya.

Ya, mulai tanggal 5 April 2018 kemarin pendaftaran SBMPTN sudah mulai dibuka sampai tanggal 27 April 2018 nanti. Program SBMPTN ini sendiri ditujukan untuk siswa kelas 12 SMA/sederajat sebagai jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tidak hanya itu saja, dengan SBMPTN, calon mahasiswa yang berada di luar wilayah PTN berkesempatan untuk mendaftar di kampus impiannya.

Nah untuk membantu kamu mempersiapkan diri menghadapi SBMPT, Pintaria menghadirkan simulasi online atau try out SMBPTN secara GRATIS! Melalui try out ini kamu akan belajar untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan yang bisa menjadi tolak ukur kamu sebelum mengerjakan tes yang sebenarnya.

Pintaria.com menyediakan program try out SBMPTN ddengan 3 pilihan kelas yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). Untuk masing-masing penjurusan tersebut, kamu bisa mencoba 2 paket yang disediakan oleh Pintaria.

Program ini berisi materi ujian tulis yang terdiri atas:

  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal dan TPA Figural
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia dan Fisika
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum), terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi

Dengan mengikuti try out ini kamu juga bisa menganalisa lagi jawaban-jawaban kamu berdasarkan skor yang kamu dapatkan. Soal-soal yang muncul pada simulasi ini disusun dari SBMPTN di tahun-tahun sebelumnya.

Nah untuk kamu yang tertarik untuk mengikuti try out SBMPTN di Pintaria, yang harus dipersiapkan hanya laptop/notebook/smartphone dan jaringan internet saja. Kemudian kamu bisa klik di sini. Selamat berlatih!