Tren Kursus Bahasa Inggris yang Semakin Diminati

Kini, bahasa asing semakin penting untuk dikuasai. Sebab, kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris merupakan salah satu skill yang dibutuhkan untuk bisa bersaing dengan kebutuhan global dan era digital seperti sekarang ini. Hampir semua pekerjaan membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris. Bahkan, 80% lowongan pekerjaan kini memerlukan kemampuan berbahasa Inggris. Apalagi jika ingin bekerja di perusahaan multinasional.

 Pintaria sendiri melihat bahwa skill berbahasa Inggris sangat penting untuk dikuasai oleh tenaga kerja di Indonesia. Sehingga Pintaria telah bekerja sama dengan beberapa lembaga pelatihan dalam menyediakan berbagai kelas yang berhubungan dengan Bahasa Inggris. Salah satunya adalah English Today.

 Beberapa waktu lalu, Pintaria melangsungkan Talk Show yang membahas mengenai hal ini melalui YouTube Live yang dihadiri oleh Regi Wahono selaku Kepala Bidang Prakerja, Sally Dewi selaku Head of Training Product Pintaria, dan Dennis Perez atau yang lebih dikenal dengan Mr.D selaku English Teacher dari English Today.

Dari ratusan ribu peserta Prakerja gelombang pertama hingga gelombang ke-3, pelatihan Bahasa Inggris merupakan salah satu yang paling diminati. Di Pintaria sendiri, terdapat 17% kursus bahasa Inggris dan cukup banyak diminati oleh peserta Prakerja.

 “85% peserta sudah menyelesaikan pelatihan.” Papar Sally Dewi yang menegaskan menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya menguasai bahasa Inggris.

Menurut Regi Wahono sendiri, Menguasai Bahasa Inggris adalah hal yang penting mengingat bahwa sekarang di era globalisasi ini, orang Indonesia pun bisa bekerja di luar negeri, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Tantangan Perusahaan Menghadapi Tren WFH

 “Tujuan dari program Kartu Prakerja adalah meningkatkan produktifitas angkatan kerja dan meningkatkan daya saing angkatan kerja kita melalui pelatihan kompetensi. Oleh karena itu bahasa menjadi satu kompetensi yang harus dimiliki oleh angkatan kerja kita.” Ujarnya.

Meskipun begitu, nyatanya masih banyak yang belum percaya diri untuk berbahasa Inggris. Hal ini pun juga disampaikan oleh Mr.D. Menurutnya selaku Guru Bahasa Inggris, orang-orang masih terlalu malu untuk menggunakan bahasa Inggris karena takut salah. Sehingga menurutnya, langkah awal untuk mengatasi hal ini adalah dengan memiliki tujuan.

“Kalau sudah punya tujuan (berbahasa Inggris), lebih gampang untuk melanjutkannya. Biar tidak menyerah. Itu (berbahasa Inggris) harus terus berlanjut karena bahasa kalau tidak dipakai dalam beberapa tahun akan lupa.” Papar Mr.D. 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.