Apakah kamu siap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi? Di titik inilah kamu melanjutkan pembelajaran kamu ke tingkat yang lebih tinggi. Di mana kamu sudah harus memilih jurusan yang menjadi minat kamu dan kelak menjalani karir yang sesuai keinginanmu.

Akan tetapi, saat kamu sudah memilih perguruan tinggi yang kamu inginkan. Ada beberapa hal yang harus kamu lalui, salah satunya yaitu tes perguruan tinggi yang harus kamu tuntaskan terlebih dahulu.

Jangan menganggap mudah tes perguruan tinggi, apalagi jika kampus yang kamu pilih ternyata tergolong favorit.

Maka dari itu, kamu tetap membutuhkan persiapan matang saat menjalani tes tersebut. Pintarian, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan hasil tes maksimal dan peluang yang lebih tinggi untuk masuk perguruan tinggi pilihanmu.

Tentukan Target

Pertama yang perlu lakukan adalah memilih kampus yang inginkan untuk melanjutkan pendidikan. Pilihlah beberapa kampus yang masuk dalam radar kamu. Pastikan kamu sudah melakukan riset mengenai kampus tersebut, mengenai kualitasnya dan keperluan apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menjadi bagian kampus pilihanmu.

Siapkan Mental

Saat kamu sudah memilih kampus mana saja, tentu kamu harus siap mental untuk kelak bisa menghadapi tes yang menjadi syaratnya. Apalagi jika perguruan tinggi tersebut merupakan yang favorit. Merasa skeptis atau ragu, menjadi kesalahan pertama yang bisa kamu lakukan. Seperti mengatakan menyerah sebelum kamu berusaha membuktikan bahwa kamu mampu untuk melaluinya.

Latihan soal-soal

Tentu saja untuk persiapan diri bukan hanya soal mental semata, kamu juga harus siap memiliki pengetahuan yang cukup untuk nantinya bisa menjawab rangkaian pertanyaan tes kampus pilihan kamu. Untuk itu, mulailah untuk melatih dengan menjawab beberapa soal yang terkait dengan jurusan yang kamu pilih.

Dengan semakin sering kamu melatih diri menjawab soal-soal yang ada, maka seiring waktu kamu mulai memahami beberapa pola pertanyaan dan meluaskan peluang kamu bisa menjawab pertanyaan yang nantinya akan diberikan.

Baca juga: 7 Kelebihan Menjalani Pekerjaan yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Mengikuti Try Out

Banyak instansi atau lembaga yang menyediakan program latihan dalam bentuk try out, dimana kamu bisa menemukan dan melatih diri untuk menjawab pertanyaan di situasi yang kelak akan kamu hadapi di kampus favorit kamu.

Selain itu, dengan mengikuti try out kamu menjadi tahu kekurangan kamu apa saja. Sehingga berikutnya, kamu bisa melatihnya dengan lebih baik.

Menjaga Kesehatan

Semangat untuk belajar, try out, dan lainnya sebagai upaya persiapan menghadapi tes merupakan hal yang luar biasa. Tapi bukan berarti kamu melupakan kesehatan kamu Pintarian, karena saat tubuh kamu tidak dalam kondisi prima atau bahkan sakit. Maka bisa dipastikan apa yang kamu lakukan juga tidak akan maksimal.

Untuk itu, jangan lupa tetap menjaganya. Mulai lah dengan makan-makanan yang sehat hingga menghindari begadang yang dapat menurunkan performa dan konsentrasi kamu nantinya. Apabila kamu tertarik untuk berolahraga, maka akan lebih baik lagi.

Bonusnya kamu nantinya tidak hanya siap dari segi mental dan pengetahuan terkait tes, tapi fisik pun juga mampu mendukung kamu mendapatkan fokus penuh saat mengerjakan tes-nya.

Bagaimana Pintarian, apakah kamu sudah mempersiapkan tips yang telah dijelaskan diatas? Apabila kamu malah masih bingung memilih kuliah dimana, coba cek di Pintaria aja. Di sini kamu bisa memiliki mitra kampus yang berkualitas dengan akreditasi A dan B, dengan jurusan yang beragam. Dengan metode belajar blended learning dan e-learning yang fleksibel dan mudah.

Nah untuk lebih lengkapnya kamu bisa klik disini