Jumlah korban yang terinfeksi virus corona di Indonesia masih mengalami peningkatan. Pemerintah juga masih menghimbau untuk melakukan social distancing guna memutus mata rantai persebaran virus ini.

Maka dari itu, para pekerja maupun pelajar hingga saat ini masih bekerja dan belajar dari rumah. Tapi, tidak semua perusahaan memberlakukan sistem work from home.

Ada juga kantor-kantor yang meminta karyawannya untuk tetap pergi ke kantor. Sehingga mau tidak mau, beberapa orang masih harus berangkat ke kantor di tengah kondisi ini.

Nah, kalau kamu juga salah satu karyawan yang diwajibkan datang ke kantor, tentunya kamu juga harus menjaga diri supaya tidak terinfeksi virus ini. Sebab, kalau kamu tidak  menjaga diri dan terjangkit virus corona, bisa-bisa keluargamu di rumah pun juga ikut terkena imbasnya. Agar badan tetap terjaga dari virus corona, yuk coba ikuti beberapa tips ini saat ngantor!

Jangan Saling Bersentuhan

Sebelumnya mungkin kamu biasa untuk menyapa teman-teman kantor maupun klien dengan bersalaman. Tapi sebaiknya, di tengah situasi seperti ini kamu harus menghindari hal tersebut.

Seperti yang diketahui, virus corona pun dapat tersebar dengan saling bersentuhan. Walaupun teman-teman kantor ataupun klien-mu terlihat sehat, tapi tidak ada salahnya untuk mencegah penularan virus ini. Kalau ingin menyapa, kamu bisa membungkuk atau meletakkan tangan di depan dada untuk menyapa mereka.

Selalu Sediakan Tisu dan Masker

Selain himbauan untuk melakukan social distancing, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk memakai masker saat di luar rumah. Bagi yang sehat dan bukan pihak medis, kamu bisa menggunakan masker kain yang kini sudah banyak dijual. Selanjutnya, lebih baik kamu selalu menyediakan tissu dan hand sanitizer di tas. Jadi, kamu bisa membersihkan tanganmu dengan mudah ketika di luar rumah.

Baca juga:Kenal Lebih dekat Dengan Program Kartu Prakerja

Konsumsi Vitamin C

Ketika harus bepergian ke luar rumah saat kondisi seperti ini, pastinya sangat penting untuk kita memperhatikan daya tahan tubuh. Karena, daya tahan tubuh sangat berguna untuk menangkal virus-virus. Nah, agar daya tahan tubuh tetap terjaga, kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan juga konsumsi suplemen. Misalnya saja dengan mengonsumsi vitamin C. Dengan begitu, daya tahan tubuhmu pun akan semakin kuat dan tidak mudah terinfeksi virus.

Rajin Minum Air

Banyak orang yang cenderung mengabaikan asupan cairan tubuhnya sehari-hari. Padahal, minum air yang cukup adalah hal yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Karena ketika kamu dehidrasi atau kekurangan cairan, hal ini akan menurunkan sistem daya tahan tubuhmu.

Sehingga, kamu lebih mudah untuk terinfeksi virus. Tapi, jangan konsumsi minuman-minuman kemasan yang tidak sehat ya, Pintarian! Konsumsilah air mineral yang baik untuk tubuh. Kalau kamu merasa bosan minum air mineral, kamu bisa mengganti dengan minum infuse water supaya rasanya enggak terlalu hambar.

Hindari Stres

Stres juga sangat mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Ketika seseorang terlalu stres, sistem kekebalan tubuhnya pun akan ikut menurun. Maka dari itu, hindari stres yang berlebih. Jika kamu sudah mulai jenuh bekerja dan merasa stres, kamu bisa mengelolanya dengan beristirahat sejenak.

Carilah hiburan yang bisa membantu mengurangi stres tersebut. Selain itu, jangan terlalu khawatir dengan pemberitaan-pemberitaan mengenai virus corona yang akhirnya membuatmu merasa stres. Kelola rasa stresmu dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan sejenak misalnya dengan bermain game, dan lain sebagainya.