Mendapatkan nilai yang buruk, akibat kesulitan untuk memahami pelajaran. Memang menjadi hal yang tidak menyenangkan. Apalagi jika pelajaran tersebut memang dibutuhkan mendapatkan nilai baik atau setidaknya  tidak merusak nilai rata-rata mata pelajaran sekolah, kuliah offline, atau kuliah online.

Dan tidak sedikit yang menyerah hingga membenci pelajarang tersebut, hingga tidak peduli untuk mengubahnya.

Jangan putus asa Pintarian, karena sebetulnya ada acara untuk membuat kamu bisa mendapatkan kembali semangat untuk mengubah nilai yang kamu dapat hingga tidak lagi membenci dan berusaha memahami tanpa ada unsur keterpaksaan.

Variasikan Metode Belajar

Jika kamu merasa bahwa apa yang disampaikan oleh guru atau dosen sulit membuatmu mengerti. Banyak yang bisa kamu manfaatkan, seperti mencari alternatif melalui media digital, seperti Youtube hingga mesin pencarian google untuk solusi yang lebih sederhananya terhadap permasalahan yang kamu hadapi.

Dan yang juga memiliki pengaruh besar yakni suasana. Cobalah mencari suasana beda saat kamu ingin fokus memahami.  Semakin sedikit gangguan semakin baik.

Limitasi Pembajaran

Jangan nafsu untuk mengerti bisa mengerti secara cepat dan jelas. Karena untuk jenis mata pelajaran yang kamu sulit memahami, membutuhkan kesabaran yang lebih besar dibandingkan lainnya.

Untuk itu, awali dengan pembatasan waktu belajar. Setidaknya 30 hingga 45 menit. Agar kamu tidak semakin stress.

Langkah berikutnya adalah untuk belajar secara bertahap, hingga kamu memahami hingga menikmatinya saat berada di sekolah, kuliah offline, maupun kuliah online.

Baca juga: Sulit Konsentrasi Saat Belajar, Ini Dia Penyebabnya!

Hilangkan Pemikiran Negatif

Bila memang kamu sudah masuk tahap benci. Mulailah mengubah cara pandang tersebut. Dan mulailah untuk memahami orang yang dengan mudahnya mengerti hingga menyukai, apa yang kamu benci.

Hal ini tentu bisa membuatmu lebih tenang, dan mempelajari dengan tempo nyaman ala kamu.

Menghindari Teman Negatif

Coba perhatikan sekelilingmu, apakah kamu berada di lingkungan pertemanan yang di dominasi oleh teman atau rekan yang memang merasakan hal yang sama denganmu?

Jika iya, mulailah cari perspektif yang berbeda dari teman yang melihat pelajaran yang kamu benci. Kenal dan cari tahu, mengapa ia bisa mendapatkan yang terbaik

Karena bisa aja, kamu akan mendapatkan metode yang tidak kamu ketahui, hingga pada akhirnya mengetahui apa yang salah dari pemahaman kamu selama ini.

Nikmati Proses Belajarnya

Apabila kamu sudah di momen dan proses yang sesuai. Langkah selanjutnya adalah dengan menikmatinya.

Seiring waktu kamu akan mengerti dan tidak terlalu memikirkan apa hasil yang akan kamu dapatkan, karena pada saat mengawalinya, kamu tidak lagi belajar karena rasa keterpaksaan, ketakutan, hingga kebencian.

Yang ada hanya proses menyenangkan dan fokus, dengan tidak terlalu pusing  tentang hasil yang akan kamu dapatkan.

Kamu telah melakukan yang terbaik Pintarian.