Tips Menjual Produk Menggunakan E-Commerce

Menjadi pengusaha dengan menjual  barang atau kuliner, kini tak lagi repot. Dengan dukungan sosial media dan juga platform e-commerce yang ada saat ini. Kamu bisa langsung memulainya dengan mudah dan cepat.

Apalagi dengan menggunakan dua hal tersebut, memungkinan produk kamu untuk bisa menjangkau konsumen dengan lebih luas, bahkan hingga ke mancanegara. Namun dengan segala kemudahan yang diberikan, bukan berarti kamu bisa dapat untung secara cepat dan berhasil.

Memanfaatkan e-commerce membutuhkan beberapa strategi dan langkah penting, agar bisa menarik perhatian target konsumen kamu lebih jauh. Kalau tidak, maka besar kemungkinan usaha yang dijalani tidak akan mengalami pemasukan atau kemungkinan terburuk mengalami kerugian.

Untuk lebih memahami, simak beberapa tips berjualan di e-commerce yang bisa membuat usaha kamu lebih sukses.

Mencari Tren Produk

 Lakukan riset terlebih dahulu dan cari tahu lebih jauh, produk apa saja yang sedang banyak diminati saat ini dan kedepannya. Dengan begitu kamu menjadi tahu langkah apa saja yang perlu diambil nantinya.

Pada saat memulainya, pastikan untuk selalu fokus dengan apa yang dijual. Jika kamu memang mau bergerak di industri kuliner, fokus untuk menjalaninya. Jangan sampai terkesan toko yang kamu buka di e-commerce terlihat tidak konsisten dengan produk yang dijualnya.

Tidak hanya itu, walau pada akhirnya memilih produk yang memang sedang diminati. Bukan berarti secara otomatis membuatnya cepat laku. Pastikan barang yang kamu jual itu jarang, berbeda, atau dibutuhkan banyak orang.

Target Market

Siapa target konsumen dari produk yang kamu jual? Apakah wanita, anak-anak, atau pria? Kamu juga harus tahu usia, demografi, perilaku, status ekonomi, dan lainnya. Dampaknya kelak kamu akan tahu siapa saja yang punya potensi menjadi konsumen produk yang dijual.

Harga yang Tepat

Mendapatkan keuntungan yang besar, merupakan keinginan semua pengusaha. Apalagi jika bisa mendapatkannya dengan modal yang minim. Namun untuk bisa melakukannya, tidaklah mudah. Ada strategi yang perlu dipikirkan lebih baik, yakni berapa harga dari produk yang dijual.

Untuk bisa mengetahuinya, kamu bisa melakukan teknik cross selling, yakni strategi untuk menjual dengan menawarkan produk yang berbeda dengan yang telah dibeli konsumen, sehingga total belanja akan meningkat.

Atau dengan lose-leader, yaitu menawarkan barang dengan harga rendah dalam upaya menarik perhatian konsumen untuk membelinya dalam jumlah yang banyak.

Beberapa metode yang telah dijelaskan sebelumnya bisa kamu lakukan, agar lebih tahu. Harga tepat yang untuk produk kamu.

Akan tetapi, dengan segala penjualan dan penawaran yang kamu lakukan. Selalu jaga kualitas produk dalam keadan baik.

Baca juga: Kursus Prakerja untuk yang Ingin Buka Usaha

Jual di berbagai Platform E-commerce

Seperti yang kamu ketahui, bahwa banyak platform e-commerce yang tersedia saat ini. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk pula  menjualnya di beberapa tempat sekaligus.

Selain bisa menjangkau konsumen dengan lebih luas dan beragam. Produk kamu juga akan semakin dikenal.

Respon Cepat

Saat tertarik, biasanya konsumen akan bertanya terlebih dahulu terkait produk yang kamu tawarkan. Sebagai bentuk pelayanan yang baik, kamu akan menjawabnya semaksimal mungkin hingga pelanggan puas dan akhirnya merasa yakin untuk membeli produk kamu.

Jika saja telat atau tidak aktif dalam waktu yang lama, besar kemungkinan konsumen akan beralih ke penjual lain. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk selalu siaga dan terhubung dengan e-commerce agar bisa menjawab pertanyaan dengan cepat.

Atau bisa juga memberikan deskripsi, kapan waktu yang tepat untuk bertanya seputar produk agar bisa memberikan respon yang cepat.

Pintarian, apakah kamu siap menjual produk kamu di e-commerce? Bila kamu berminat untuk cari tahu lebih jauh. Pintaria punya beberapa kursus prakerja menarik yang berkaitan dengan industri e-commerce dan cara memanfaatkannya dengan baik.

Untuk tahu lebih banyak mengenai kursusnya, kamu bisa langsung mengunjungi, www.Pintaria.com/kartuprakerja.

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.