Tips Menjadi Barista yang Mahir

Minum kopi sudah menjadi tradisi mendarah daging di kehidupan kebanyakan orang, apalagi dengan berbagai maraknya kedai kopi yang bermunculan di ibukota selama beberapa tahun belakangan ini. Kopi seolah-olah menjadi ritual setiap orang; bangun pagi mengawali hari dengan minum kopi, meningkatkan semangat kerja dengan secangkir kopi, bahkan hangout dengan teman-teman di kedai kopi favorit.

Secangkir kopi nikmat bisa mengubah hari seseorang. Bagi kalian para pecinta kopi, pasti sering berpikir apa sih rahasianya yang membuat kopi begitu nikmat dan dicari-cari? Bagaimana sih cara menjadi barista yang mahir agar bisa meracik secangkir kopi enak dirumah? Mungkin banyak dari para pecinta kopi yang bermimpi menjadi barista handal dan membuka kedai kopi milik mereka sendiri.

Untuk meracik secangkir kopi yang nikmat, ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu biji kopi yang digunakan, mesin pembuat kopi, dan yang paling terakhir dan paling penting ya si pembuat kopi itu sendiri alias si barista.

Dengan budaya kopi yang semakin kuat, profesi sebagai barista juga semakin marak sehingga semakin banyak juga orang yang tertarik mendalami segala hal mengenai kopi. Kamu tertarik menjadi seorang barista? Sebelum terjun ke dunia tersebut, berikut beberapa tips dan cara menjadi barista yang harus kamu perhatikan agar menjadi barista yang mahir!

Minum kopi yang banyak

Kalau kamu pecinta kopi, ini pasti akan menyenangkan buat kamu! Rajinlah mencicipi berbagai macam kopi agar pengetahuanmu semakin luas. Terkadang pengunjung kedai kopi tidak tau apa yang mereka ingin pesan, saat mereka menanyakan rekomendasi dari kamu mereka pasti mengharapkan rekomendasi terbaik dari seorang barista.

Penuh perhatian

Seorang barista harus konsisten dalam membuat secangkir kopi andalannya. Bagaimana menerapkan itu? Kuncinya adalah perhatian. Setiap langkah pembuatan kopi dan takaran bahannya harus diperhatikan dengan seksama, mulai dari biji kopinya itu sendiri, susu, gula, dan bahan-bahan lainnya. Setiap takaran harus sama dari hari ke hari untuk menciptakan hasil yang konsisten.

Rajin mencatat

Jika kamu tidak pandai menghafal, pastikan kamu membawa buku catatan dan mencatat proses pembuatan kopi kamu dengan catatan yang simpel dan membuat kamu mudah mengingat. Ingat, konsistensi itu penting.

Baca juga: Teknik Membuat Kopi yang Tepat untuk Pemula

Simpan biji kopi dengan benar

Jika kualitas biji kopi sudah yang terbaik dan kamu sangat mahir dalam membuat kopi tapi kamu tidak menyimpan biji kopi dengan benar, kopi yang kamu buat tidak akan maksimal. Pastikan biji kopi disimpan di lemari yang kedap udara.

Jangan gunakan air mendidih

Kebanyakan orang menggunakan air mendidih untuk menyeduh kopi mereka tanpa mengetahui bahwa teknik ini akan mengorbankan rasa kopi itu sendiri. Salah satu cara menjadi barista mahir adalah dengan selalu mengingat hal ini. Tentu air yang digunakan untuk menyeduh harus panas, tapi tidak harus mendidih. Yang bisa dilakukan adalah saat air sudah mendidih, diamkan sejenak sekitar 30 detik. Dengan teknik ini, kamu akan menghasilkan secangkir kopi panas yang penuh rasa.

Layani pelanggan dengan ramah

Selain kualitas kopi, keramahan kamu melayani pelanggan sungguh penting. Kamu akan melayani berbagai macam pelanggan dengan kepribadian yang berbeda-beda, kadang menyenangkan namun ada juga pelanggan yang sulit. Relasi dengan pelanggan adalah faktor penting. Selalu ingat bahwa pelanggan adalah raja dan mereka selalu benar!

Setelah mempelajari berbagai cara menjadi barista yang mahir di atas, apakah kamu semakin tertarik menjadi barista? Jika kamu ingin mendalami ilmu perkopian dan cara menjadi barista lebih lanjut, gunakan Kartu Prakerja di sini untuk mengikuti kursus menjadi barista dan membuka kedai kopi di rumah.

Dengan kursus ini, kamu akan mempelajari seluk beluk sejarah kopi dan perkembangannya, perbedaan antara berbagai macam biji kopi, membuat minuman es kopi susu kekinian, sampai menghitung modal pembuatan secangkir kopi untuk membangun bisnis kopi milikmu sendiri. Materi akan disampaikan secara digital sehingga kamu bisa mengakses materi belajar dari mana saja, maupun itu rumah atau di kedai kopi favoritmu!

Tunggu apalagi untuk menjadi barista yang mahir?

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.