Apakah kamu termasuk yang daftar Kartu Prakerja, tapi masih sering gagal? Jangan putus asa dulu Pintarian, karena gelombang daftar yang disediakan masih banyak lho.

Saat mendaftar di situs resminya yaitu www.prakerja.go.id, kamu diharuskan untuk mengisi beberapa data sebagai syarat penting, layak tidaknya kamu untuk menjadi bagian dari program Kartu Prakerja. Tapi diantara beberapa data yang harus kamu isi. Ada bagian penting yang ternyata banyak dari pendaftar yang masih sering salah,yakni mengirim foto diri yang tidak sesuai dengan aturan.

Terlihat sederhana memang, jika kamu memiliki alasan “asal mukanya terlihat jelas”. Akan tetapi, untuk bisa lolos dan layak, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengirimkan foto diri.

Walau dengan ambisi  dan determinasi tinggi untuk terus mendaftar, tapi foto yang kamu kirimkan belum benar.  Maka dari 30 gelombang pendaftaran yang tersedia, kamu tetap pada hasil yang sama, yaitu tidak lolos.

Maka dari itu, Pintaria mau menginformasikan beberapa hal penting nih¸ mengenai tips mendapatkan foto diri, selfie, atau swafoto agar sesuai dengan ketentuan dari program Kartu Prakerja

Wajah Menghadap ke Kamera

Lupakan dulu soal angle terbaik wajah saat kamu foto, karena ini foto bukan untuk media sosial tapi syarat untuk mendapatkan program kartu prakerja. Untuk itu, kamu diharuskan untuk mengarahkan wajah kamu secara keseluruhan menghadap kamera. Dengan setiap sudut wajah terlihat dengan baik di setiap bagiannya.

Jangan Pakai Filter Foto

Menggunakan filter foto berharap agar foto terlihat lebih baik, malah bisa jadi petaka. Jangan sampai nanti foto kamu terlihat tidak mirip dengan foto KTP. Sebisa mungkin kamu mendapatkan hasil foto baik, dengan menggunakan cara biasa dan minim editing.

Atur Cahaya Foto dengan Baik

Pastikan saat kamu daftar prakerja, foto yang kamu kirimkan memiliki pencahayaan yang baik. Jangan terlalu gelap dan jangan pula terlalu terang. Dan sebisa mungkin hasil foto tidak berbayang.

Jangan Menggunakan Aksesoris

Dengan tidak menggunakan aksesoris seperti kacamata, topi, masker, dan lainnya. Maka wajah kamu menjadi terlihat lebih jelas.

Baca juga:Bikin Gagal, Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Daftar Kartu Prakerja

Rambut Jangan Menutupi Wajah

Ganti gaya rambut kamu jika menutupi sebagian wajah. Tidak perlu memotongnya, dengan mengikat atau menatanya dengan lebih rapi agar wajah terlihat secara keseluruhan, sudah cukup kok.

Ambil Foto Berlatar Belakang Polos

Hindari mengambil foto dengan latar belakang yang terlalu ramai dengan beragam benda. Gunakan latar belakang polos dengan warna lembut.

Unggah Foto Portrait

Saat kamu sudah memenuhi semua kriteria dalam mengambil gambar, periksa lebih lanjut bentuk foto yang akan dikirimkan yakni portrait bukan landscape.

Bagaimana Pintarian, sudah cukup jelaskah? Dengan mengirimkan foto diri yang sudah memenuhi kriteria. Maka kamu setidaknya sudah lolos satu syarat dari pemerintah pada saat daftar Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja sendiri merupakan program pemerintah, berupa bantuan pembiayaan dan peningkatan kompetensi calon pekerja.

Untuk saat ini, program Kartu Prakerja di prioritaskan untuk para pekerja dan pelaku usaha kecil yang terkena dampak dari COVID-19. Dilansir dari Instagram resmi Kartu Prakerja, @prakerja.go.id. program ini akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020.

Nantinya, pemilik Kartu Prakerja akan mendapatkan manfaat senilai Rp3.550.000. Meliputi pembiayaan pelatihan berkualitas sebesar Rp1 juta dari mitra resmi pemerintah, salah satunya Pintaria, insentif Rp600 ribu setiap bulan selama 4 bulan, lalu tambahan Rp150 ribu bila sudah menyelesaikan survey kebekerjaan.