Tips Mengawali Langkah Jadi Pengusaha dari Nol

 Memiliki bisnis sendiri memberikan kamu keleluasaan dalam mengembangkan brand dan perusahaan. Namun, dibalik segala keuntungan yang ditawarkan, menjadi pengusaha sukses membutuhkan upaya yang tidak kecil. Banyak hal yang harus kamu persiapkan dan lakukan, apalagi kalau kamu benar-benar memulainya dari nol. Persiapan yang dimaksud pun bukan hanya mencakup modal biaya, tapi juga modal skill, waktu, dan tenaga. Lalu, apa saja yang harus kamu lakukan agar bisa menjadi pengusaha sukses dari nol? Cari tahu di bawah ini!

Mulai dari hal yang kamu sukai

Mengerjakan hal yang disukai pasti membawa kesenangan tersendiri. Jadi, kenapa kamu tidak menekuninya secara lebih serius untuk dijadikan suatu bisnis? Misalnya, bagi yang suka fotografi, kamu bisa mulai dari yang paling sederhana, seperti menawarkan jasa foto untuk pre-wedding, pernikahan, foto produk, foto makanan, atau lainnya. Jika ditekuni dengan optimal, bukan tidak mungkin nantinya kamu bisa membuka usaha studio fotografi.

Contoh lain, katakanlah kamu punya passion membuat kue dan pastry. Coba saja mulai terima pesanan dari orang lain dan promosikan hasilnya di Instagram. Pastikan foto kue dan pastry kamu sudah cantik dan menggugah selera. Seiring jumlah konsumen yang meningkat, kamu bisa mengumpulkan modal untuk membuka toko kue dan pastry.

Walaupun begitu, bukan berarti kerja sesuai passion tidak akan melelahkan, ya. Tentu akan ada saat di mana kamu merasa letih atau bahkan stres. Namun, karena ini merupakan hal yang benar-benar kamu sukai, maka kamu pun punya semangat lebih dalam melakukannya. Kamu peduli dengan apa yang kamu kerjakan. Ini merupakan hal yang baik dalam menjadi seorang pengusaha sukses.

Baca juga: 6 Hal yang Membuatmu Sulit untuk Sukses

Tentukan target yang jelas

Tidak ada pengusaha sukses yang tidak punya tujuan. Mereka bisa sukses karena sejak awal, mereka tahu apa yang hendak dicapai. Itulah kenapa punya target sangatlah penting. Sejak awal memulai bisnis, coba tentukan target apa yang ingin kamu capai. Lalu, jabarkan hal-hal yang harus kamu wujudkan untuk mencapai target tersebut. Dalam menentukannya, pastikan kamu menerapkan nilai-nilai SMART, yaitu:

  Specific – Jangan hanya mengatakan kamu ingin usahamu berkembang, tapi dari sektor apa saja perkembangan tersebut harus terjadi.

  Measurable – Tentukan angka spesifik agar kamu bisa mengukur keberhasilan target, misalnya: meningkatkan traffic website hingga 30% atau menambah klien hingga dua kali lipat dari bulan sebelumnya.

  Attainable – Sesuaikan dengan kemampuan diri dan tim kamu. Artinya, kamu harus realistis. Seandainya bulan lalu website kamu meningkat 10%, maka naikkan sedikit targetnya menjadi 13% hingga 15% pada bulan berikutnya. Jangan langsung menembak angka 50%, misalnya, karena kurang realistis.

  Relevant – Pastikan target yang kamu tentukan sudah sesuai dengan tujuan perusahaan. Apakah menaikkan traffic website mampu meningkatkan leads? Apakah nantinya akan berimbas positif terhadap pemasukan perusahaan? Pertimbangkan lagi, ya.

  Time-bound – Tentukan deadline target yang mau kamu capai. Contohnya, menaikkan traffic website sebanyak 30% dalam waktu enam bulan atau menaikkan penjualan sebanyak 10% dalam waktu sebulan. Adanya tenggat waktu akan membuat kamu terpacu untuk mencapai target.

Percaya diri dan berani mengambil risiko

Kalau ingin jadi pengusaha sukses, hal terkecil yang bisa kamu lakukan adalah percaya diri. Kalau kamu saja tidak percaya dengan diri sendiri, bagaimana konsumen akan percaya dengan usaha kamu? Memang, membangun usaha sendiri memang penuh dengan ketidakpastian. Namun, kamu harus percaya dengan kemampuan kamu. Ingat kembali tujuan yang ingin kamu capai agar kamu kembali bersemangat.

Dengan percaya diri, kamu akan lebih “terbuka” terhadap risiko. Yes, namanya bisnis pasti bakal berhadapan dengan risiko, baik dalam kecil maupun besar. Bukan berarti kamu asal mengambil risiko, ya. Maksudnya, dalam setiap keputusan yang kamu ambil, kamu selalu mempertimbangkan segala kemungkinan risiko. Alhasil, kamu pun bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai risiko tersebut agar bisnis tidak tumbang.

Selain ketiga tips di atas, seorang pengusaha sukses juga harus terus belajar. Bahkan walaupun bisnis kamu sudah berkembang pesat, kamu tetap harus meningkatkan skill dan pengetahuan agar terus update dengan perkembangan zaman. Caranya bisa dengan baca buku, artikel di internet, mendengarkan podcast, atau ikutan kelas online di Pintaria. Kamu juga bisa menggunakan Kartu PraKerja untuk mengakses materi videonya, lho!

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.