Tips Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik

Saat ini, kamu mungkin masih menjadi mahasiswa yang mengandalkan uang saku dari orang tua. Walau begitu, kalau sejak dini kamu tidak tahu bagaimana cara mengatur keuangan pribadi yang baik, maka hal buruk bisa terjadi di masa depan. Misalnya, gaji yang numpang lewat padahal baru beberapa hari dari tanggal gajian. Hal yang seperti ini sudah seharusnya dihindari dengan memiliki pengaturan keuangan yang baik sejak dini. Yuk, cari tahu bagaimana caranya!

Mulailah untuk disiplin menabung

Kebiasaan menabung yang kamu mulai sejak masa kuliah akan sangat bermanfaat ketika kamu sudah dewasa nanti. Sebab, ketika kamu terbiasa menabung, kamu akan terhindar dari kebiasaan boros dan gaya hidup konsumtif. Kalau kamu sudah menabung sejak kuliah, maka akan sangat mungkin kamu memiliki tabungan yang cukup besar untuk dipakai ketika sudah bekerja nanti.

Kalaupun mau dipakai untuk kehidupan sekarang, tabunganmu bisa untuk beli laptop atau smartphone yang mendukung kegiatan kuliah. Kalau misal ada hal lain yang ingin dibeli pun, kamu tidak perlu merengek ke orang tua untuk memberikan uang tambahan karena kamu sudah memiliki uang di tabungan.

Belanja sesuai dengan kebutuhan

Sangat dimaklumi kalau kamu terkadang tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Namun, demi kehidupan finansial yang lebih baik, kamu harus tahu cara mengatur keuangan pribadi. Kamu bisa mulai dengan membuat daftar barang belanjaan yang dibutuhkan untuk satu bulan. Dengan memiliki daftar belanja, kamu bisa fokus pada barang-barang pokok yang dibutuhkan dan bukan barang tersier yang diinginkan.

Baca juga: Pentingnya Berpikir Positif dalam Pekerjaan

Catat semua pengeluaran

Setiap kali kamu melakukan pengeluaran, catat berapa nominal yang kamu gunakan dan tuliskan barang apa yang dibeli. Misalnya, Rp20 ribu untuk makan siang di kantin, Rp15 ribu untuk biaya fotocopy catatan tugas, dan lainnya. Berapapun uang yang kamu keluarkan dan apa pun jenis pengeluarannya, catat di notes atau aplikasi supaya kamu tahu ke mana uangmu pergi. Dengan begitu, ketika akhir bulan, kamu bisa mengevaluasi apakah sudah menerapkan cara mengatur keuangan pribadi dengan berhemat atau belum.

Buat rencana anggaran keuangan

Memiliki rencana anggaran keuangan untuk satu bulan adalah langkah tepat untuk memiliki pengaturan keuangan yang baik. Rencana anggaran keuangan ini bisa menjadi acuan setiap kali ingin menggunakan uang saku. Dengan memiliki anggaran keuangan, kamu bisa menahan diri untuk tidak melakukan pembelian di luar yang sudah dianggarkan. Pastikan untuk terus berpatokan pada rencana anggaran supaya kamu tetap on track menghemat pengeluaran.

Mengatur keinginan diri

Ketika kamu sudah memiliki anggaran belanja yang ditetapkan, menyisihkan tabungan di awal, menghemat pengeluaran, dan mencatat segala pembelian, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah menahan keinginan diri sendiri. Soalnya, terkadang ada saja godaan untuk menggunakan uang lebih dari yang sudah dianggarkan sehingga pengaturan keuangan menjadi kacau.

Kendalikan pikiranmu dengan fokus pada tujuan tabungan keuangan. Patuhi anggaran belanja yang sudah kamu buat dan jangan mengikuti keinginan untuk belanja. Jika ada teman yang tiba-tiba mengajak untuk nongkrong di café atau jalan-jalan ke mall, pastikan pengeluarannya tidak mengambil jatah uang untuk ditabung.

Sebenarnya gampang banget, kok, cara mengatur keuangan pribadi yang bisa mulai kamu lakukan dari sekarang. Asal kamu ada kemauan untuk memperbaiki keuangan, maka akan selalu ada jalan untuk mencapainya. Kamu juga bisa belajar bagaimana cara mengatur keuangan yang lebih baik melalui kelas online yang ada di Pintaria. Materinya membahas seputar Jago Atur Keuangan Agar Hidup Sejahtera. Bagi yang sudah menerima Kartu PraKerja, manfaatkan keuntungan tersebut untuk mengakses kelas di Pintaria, ya!

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.