Wah baru lulus kuliah? Selamat yah Pintarian. Kini saatnya kamu menghadapi tantangan baru yaitu dunia kerja.

Hanya saja, dengan pengalaman yang minim. Apalagi dalam melamar pekerjaan, kamu tentunya ingin tahu, bagaimana cara melamar pekerjaan dengan baik dan benar, atau bahkan bisa terlihat lebih dibandingkan kandidat lainnya

Sekarang ini, sudah banyak sekali platform digital lamaran kerja secara online yang bisa diakses dimanapun dan kapan pun. Selain itu, akun-akun yang menyalurkan informasi lowongan pekerjaan juga sudah banyak tersedia di media sosial. Proses pengajuan lamaran kerja juga dapat kini dapat dilakukan dengan mudah. Kamu bisa mengirimkan CV lamaran langsung melalui platform lowongan kerja tersebut maupun mengirimkannya via email ke perusahan yang kamu tuju. 

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak sekali fresh graduate yang belum mengetahui etika melamar kerja yang baik dan benar. Tentunya melamar pekerjaan harus memiliki etika, ya. Karena hal itu juga bisa saja menjadi nilai plus bagi perusahaan.

Tapi, masih ada saja email-email yang hanya mengirim CV tanpa memberikan keterangan di body email. Nah ini salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melamar pekerjaan,” ujar Eka Kurniawan, Career Development Manager Pintaria. Oleh karena itu, jangan sembarangan ketika ingin mengirim lamaran pekerjaanmu. Yuk simak 5 tips melamar kerja online berikut ini!

Mempelajari Deskripsi Pekerjaan

Sebelum kamu mengirimkan lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan, pastikan kamu memahami deskripsi pekerjaan serta kebutuhan perusahaan. Jangan sampai karena kamu ingin mendapatkan pekerjaan, kamu malah mengirimkan lamaran pekerjaan kesembarang posisi dan perusahaan. Jika kamu sudah memahami deskripsi pekerjaan tersebut dan sesuai dengan kemampuanmu, hal ini juga akan mempermudah pekerjaanmu ketika kamu benar-benar mendapatkan pekerjaan tersebut.

Menyiapkan Data yang Diminta

Umumnya, data yang akan diminta oleh perusahaan adalah CV atau profil diri. Data ini akan memudahkan perusahaan untuk mengenal pelamar. Namun, data yang dibutuhkan untuk untuk pertimbangan lainnya bisa juga meliputi portofolio, ataupun scan ijazah terakhir. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan lamaran, persiapkan dahulu data-data yang dibutuhkan. Biasanya, perusahaan akan menyebutkan data apa saja yang diperlukan pada lowongan pekerjaan. Jangan lupa juga teliti apakah datamu sudah lengkap dan benar sebelum mengirimnya.

Baca juga: Bikin Gagal, Jangan Lakukan ini Saat Melamar Pekerjaan

 

Perhatikan Etika Mengirim Email

Ketika ingin mengirimkan sebuah lamaran pekerjaan via email, jangan lupa juga untuk memerhatikan etika pengiriman email ya, Pintarian! Pada body email, sebutkan nama dan maksud tujuanmu mengirim email. Sebutkan pula darimana kamu mengetahui informasi mengenai tentang lowongan tersebut dan sebutkan data apa saja yang telah kamu lampirkan. Sampaikan hal tersebut dengan bahasa yang formal dan sopan.

Pasang Foto Profesional

Jika kamu menyertakan foto dalam CV, pastikan foto yang kamu gunakan adalah foto profesional. Jangan meremehkan hal yang satu ini, karena jika fotomu nampak tidak profesional, bisa saja HRD akan mengurungkan niatnya untuk merekrutmu. Gunakanlah pakaian yang formal seperti blazer saat membuat pas foto. Selain itu, jangan gunakan efek apapun demi membuat wajah lebih cantik atau tampan di foto.

Atur Media Sosial

Pada era serba digital ini, banyak perusahaan yang mencari pelamar dengan mengintip media sosial kandidatnya. Karena, media sosial dipercaya dapat menjadi gambaran karakter seseorang. Oleh karena itu, mengatur media sosialmu serapi mungkin dapat membuat HRD terkesan. Selain memerhatikan foto pada media sosialmu, cantumkan pencapaian yang sudah kamu raih.