Tips Jitu Lebih Siap Berbicara di Depan Umum

Berbicara di depan umum, bagi sebagian orang menyenangkan namun bagi sebagian orang lainnya bisa jadi cukup menakutkan. Apalagi bagi mereka yang tidak begitu terbiasa, jelas butuh berlatih cara berbicara di depan umum yang efektif agar dapat tampil dengan lebih siap dan optimal. Ini berarti Anda tidak perlu berkecil hati, karena siapa saja bisa berbicara di depan umum selama ia mempersiapkan dirinya dengan sebaik mungkin.

Melatih diri dengan cara berbicara di depan umum yang paling efektif tujuannya jelas untuk membuat Anda semakin menguasai materi yang akan disampaikan kemudian. Saat seseorang sudah menguasai benar materi atau topik yang akan disampaikan, tekanannya tentu akan berkurang. Rasa takut bisa perlahan pergi dan tergantikan dengan rasa percaya diri, karena tahu betul apa yang akan dibicarakan nantinya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

Pahami benar tujuan berbicara di depan umum

Anda harus mengetahui tujuan dari apa yang Anda sampaikan serta apa yang ingin audiens lakukan setelah mendengar paparan Anda. Jika tidak ada menangkap atau tergerak melakukan perubahan setelah mendengar, maka nilai paparan Anda adalah nol. Cara berbicara di depan umum bukan perkara tekniknya saja, tetapi juga pemahaman terhadap topik terutama tujuan utama dari keperluan berbicara di depan umum ini.

Mulai dengan sesuatu yang relevan seperti perumpamaan

Kisah pribadi, kutipan dari seorang ahli atau perumpamaan akan menjadi sesuatu yang “menguasai” audiens dan membuat mereka terhubung, serta membuka pikiran terhadap pesan yang Anda sampaikan. Jangan lupa beri kesempatan kepada audiens untuk melihat hubungan pribadi Anda dengan topik tersebut. Paparan juga bisa dimulai dengan pertanyaan atau teka-teki. Ini akan membantu membuat fokus audiens tertuju pada Anda. Ini adalah cara untuk memulai paparan Anda dengan mudah dan menemukan kesamaan dengan audiens.

Terapkan struktur penyampaian

Buat struktur bahan paparan Anda dalam tiga bagian – pembuka, bagian tengah, dan penutup. Ketahui secara dalam topik/materi Anda. Anda harus bisa mencari hal-hal yang menarik dari topik tersebut dan di setiap struktur harus diselipkan cerita yang relate atau berkaitan dengan topik tersebut.

Rutin berlatih

Berlatih, berlatih, dan berlatih. Anda harus berlatih sesering mungkin agar bisa menguasai materi dan audiens. Berlatih berbicara dengan suara keras serta semua peralatan yang kemungkinan akan digunakan. Berlatih menggunakan kata-kata pengisi; kapan berhenti dan atur napas. Gunakan jam untuk memeriksa waktu Anda berbicara.

 Baca juga: Tertarik jadi Presenter, Pahami Dulu 6 Hal Ini

Kenali calon audiens Anda

Cobalah untuk berbicara dengan satu atau dua orang dari audiens ketika mereka tiba. Mengetahui lebih banyak tentang audiens Anda akan membantu mengurangi tingkat stres terkait paparan Anda. Selanjutnya, itu akan membuat Anda merasa tenang karena Anda tidak berdiri di depan orang asing, tetapi sekelompok orang yang memiliki minat yang sama. Pastikan untuk datang tepat waktu guna memeriksa area bicara dan berlatih menggunakan mikrofon atau alat bantu visual apa pun, untuk menghindari kesalahan teknis.

Tenangkan diri Anda

Siapkan diri Anda dan mulailah dengan kisah pembuka yang segar. Kisah pribadi yang relevan akan menjadi awal yang baik. Kisah itu akan membangun kredibilitas Anda, juga menghubungkan Anda dengan audiens dan menenangkan saraf Anda. Bayangkan diri Anda berhasil. Lihatlah diri Anda di akhir paparan yang dikelilingi oleh orang-orang yang mengajukan pertanyaan, bayangkan mereka bertepuk tangan. Hal ini akan membuat Anda lebih percaya diri.

Belajar pada orang berpengalaman

Ambil setiap kesempatan yang Anda dapatkan untuk berbicara dengan pembicara lain dan dengarkan pengalamannya. Minta saran dan masukan. Pengalaman membangun kepercayaan diri, yang merupakan kunci untuk berbicara yang efektif. Anda harus menemukan sekelompok orang yang sedang mengalami masalah yang sama dengan Anda dan lihat bagaimana mereka mengatasinya.

Gunakan setiap tips-tips di atas sebagai cara berbicara di depan umum dengan baik. Jadikan persiapan Anda semakin matang dengan menerapkan beberapa, atau bahkan setiap cara yang sudah dipaparkan di atas. Luangkan waktu Anda untuk benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dengan benar. Terlebih jika acara atau kesempatan dimana Anda harus berbicara di depan umum ini cukup krusial dan akan dihadiri oleh beberapa tamu penting. Anda jelas harus melakukan persiapan ekstra.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.