Tips Jitu Jualan di Bukalapak Untuk Pemula

Kamu sedang mencoba menggunakan platform e-commerce untuk memasarkan bisnismu? Tenang saja, berjualan di platform e-commerce tergolong mudah. Kamu hanya perlu memiliki komitmen untuk mengelola platform e-commerce tersebut, khususnya meluangkan waktu. Berjualan di platform e-commerce mengharuskan kamu merespon pertanyaan dan segala jenis kebutuhan pelanggan tanpa mengenal batas waktu.

Salah satu platform e-commerce yang bisa kamu coba adalah Bukalapak. Jika kamu masih pemula dalam hal berbisnis online, berikut cara jualan di Bukalapak yang bisa kamu terapkan!

Mendaftarkan akun di Bukalapak

Sebelum bisa berjualan, kamu harus membuat akun Bukalapak terlebih dahulu. Caranya, masuk ke dalam situs resmi Bukalapak, lalu klik tombol “Daftar” di bagian kanan atas laman. Setelah meng-klik tombol “Daftar”, akan muncul laman baru yang mengharuskan kamu mengisi data-data pribadi. Kamu tidak perlu khawatir apakah data-data ini akan disalahgunakan, Bukalapak memiliki sistem yang menjamin keamanan data-data tersebut.

Isi semua yang pertanyaan dengan data yang benar. Jangan lupa untuk ceklis kolom pernyataan bahwa kamu setuju dengan Aturan Penggunaan dan Kebijakan Privasi Bukalapak, lalu klik kembali tombol “Daftar”. Selanjutnya kamu akan dituntun untuk mengisi informasi-informasi selanjutnya.

 Lengkapi formulir

Pada laman ini kamu akan diminta untuk melengkapi “Formulir Pendaftaran” secara online dengan selengkap mungkin. Sekali lagi, pastikan kamu mengisi semua data dengan sebenar-benarnya agar akunmu dapat terverifikasi dengan mudah.

Jika kamu tidak ingin melengkapi formulir pendaftaran secara manual, ada juga pilihan untuk melakukan pendaftaran dengan menggunakan akun Facebook atau akun Google milikmu. Pada tahap ini, pastikan juga untuk memasukkan nomor telepon aktif dan alamat e-mail yang masih sering kamu gunakan. Hal ini penting karena Bukalapak akan memverifikasi kebenaran data Anda dengan mengirimkan informasi ke kedua kontak tersebut.

Baca juga: 4 Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar

Siapkan nama toko dan password

Jauh sebelum kamu hendak mendaftarkan bisnismu ke Bukalapak, siapkan terlebih dahulu nama tokonya. Tips untukmu, gunakan nama toko yang unik sekaligus mudah diingat. Nama toko yang mudah diingat akan memudahkan pelanggan saat melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Selain itu, siapkan juga kombinasi password yang tepat untuk mencegah terjadinya peretasan. Password yang baik berisi kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka, serta simbol. Usahakan pula untuk tidak menyamakan password akun Bukalapak-mu dengan password akun-akun lainnya.

 Pahami syarat dan ketentuan Bukalapak, lalu submit

Pada kolom syarat dan ketentuan Bukalapak, beri waktu untuk membacanya dengan saksama. Dengan begitu, kamu memahami regulasi seperti apa yang mengikatmu saat berjualan di Bukalapak. Jika sudah paham dan setuju, tinggal centang kolom “Setuju”.

Begitu kamu melakukan submit akun, kamu akan mendapatkan e-mail konfirmasi serta verifikasi akun. Segera lakukan konfirmasi agar akun Bukalapak yang sudah dibuat bisa segera digunakan.

Segera lengkapi profil toko

Sebelum mulai berjualan, pastikan dulu informasi profil toko yang kamu miliki di Bukalapak ini sudah lengkap. Informasi yang lengkap akan membuat calon pembeli lebih mempercayai tokomu. Kemas deskripsi tokomu dengan kalimat yang menarik dan informatif. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para calon pembeli.

Pastikan juga deskripsi yang kamu buat memudahkan calon pembeli untuk mengerti tokomu secara keseluruhan, mulai dari produk seperti apa yang kamu jual, jam “buka” dimana tokomu akan aktif dalam melayani pembeli, hingga beberapa sistem lainnya yang hendak kamu berlakukan di tokomu. Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan transaksi jual beli dengan calon pembeli.

 Unggah produk yang hendak dijual

Begitu profil sudah siap, cara jualan di Bukalapak yang terakhir tentu saja mengunggah produk yang hendak kamu jual. Pelajari fitur yang dimiliki Bukalapak, lalu unggah foto produk kamu. Berikan juga deskripsi lengkap pada tiap produk hingga barang tersebut dapat dimengerti oleh para calon pembeli.

Sebenarnya, masih ada banyak tips dan trik yang bisa kamu praktikan ketika berjualan di platform e-commerce. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengikuti pelatihan khusus yang diadakan oleh Pintaria. Tidak hanya belajar cara jualan di Bukalapak, kamu juga dapat mengetahui lebih jauh cara menjadi sukses jualan di Bukalapak bagi pemula. Klik Kartu Pra Kerja untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.