Banyak orang beranggapan bahwa 24 jam dalam sehari itu nggak cukup. Dengan banyaknya kegiatan dan acara yang seringkali bertabrakan, baik itu urusan sekolah, kampus maupun pekerjaan, kamu akan merasa keteteran untuk mengatur waktu. Walaupun sudah memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, tetap saja banyak hal-hal penting yang terlewatkan.

Lalu bagaimana caranya untuk memaksimalkan waktu agar semua kewajiban bisa dilakukan? Jawabannya adalah dengan mengatur skala prioritas untuk hal yang akan kamu selesaikan dalam sehari. Seiring dengan bertambahnya usia, skala prioritas hidup menjadi hal yang penting agar kamu semakin terarah. Ada banyak cara yang bisa diikuti supaya kamu bisa menjalankan hal-hal penting dalam hidup. Cari tahu yuk bagaimana cara mengatur skala prioritas dalam hidupnya melalui artikel berikut ini!

  1. Buat daftar hal-hal penting yang harus dilakukan

Membuat catatan itu penting! Supaya kamu nggak lupa apa aja yang termasuk prioritas dalam hidup. Misalnya, menyelesaikan deadline project kerjaan, membuat portfolio pribadi, dan lain-lain. Dengan catatan ini, kamu nggak akan tersesat karena sudah memiliki panduan dalam menjalani hidup.

  1. Tentukan target. Bisa dibuat harian, bulanan, bahkan tahunan

Setelah menuliskan apa saja yang harus dicapai, tentukan juga target kapan hal-hal tersebut bisa tercapai. Nggak mau kan semua hal tersebut tidak menjadi kenyataan? Kamu juga bisa memberikan reward kalau target tercapai ataupun hukuman kalau kamu nggak bisa mencapai target.

  1. Belajar hal baru yang bersifat positif

Di sela-sela menyelesaikan prioritas dalam hidup, yuk coba untuk banyak belajar hal baru. Hidup seorang manusia akan lebih berguna kalau ia bertambah ilmu setiap harinya. Di Pintaria, tersedia program-program online course yang bisa dijadikan paduan untuk menambah ilmu lho!

  1. Sediakan waktu luang untuk diri sendiri

Yesss nggak ada salahnya untuk me time! Semua yang kamu lakukan untuk memenuhi berbagai prioritas dalam hidup bisa jadi menguras tenaga. Santai sedikit dan berilah waktu agar tubuh kamu beristirahat ya.

Belajar menghargai waktu dan konsisten dengan apa yang ingin dicapai adalah kunci agar semua prioritas dalam hidup kamu tercapai. Selamat menjalani hidup dengan maksimal ya, Pintarian!