Punya jadwal diskusi kelompok? Lakukan ini agar acara diskusi berlangsung efektif dan efisien.

Acara diskusi dan kerja kelompok adalah “makanan” sehari-hari bagi pelajar dan mahasiswa. Bagaimana caranya agar ajang diskusi berlangsung efektif, sehingga tugas cepat selesai tanpa banyak membuang waktu?

Pilih lokasi yang cocok

Lokasi diskusi terkadang turut memengaruhi kualitas acara diskusi. Idealnya, diskusi diadakan di tempat yang tenang, namun tetap memungkinkan kamu dan teman-teman bersuara agak lantang saat menyampaikan pendapat, tanpa mengganggu aktivitas orang lain di sekitar. Rumah, kafe yang tidak ramai, serta ruang kelas yang sudah kosong bisa menjadi alternatif  ideal.

Tentukan waktu yang pas

Supaya efektif, usahakan mengadakan acara diskusi selepas jam makan dan jadwal ibadah harian, atau usahakan agar acaranya bisa selesai sebelum waktu-waktu tersebut. Dengan begitu, diskusi kelompok bisa berlangsung lebih cepat lantaran tak perlu diselingi berbagai aktivitas lain. Sedari awal, beritahu pula alokasi waktu yang tersedia agar semua anggota tim bisa tepat waktu menuntaskan tugas.

Kesempatan bicara yang adil

Meski tujuan awalnya adalah brainstorming, namun diskusi kelompok terkadang malah bisa mematikan kreativitas, terutama apabila ada satu atau beberapa orang yang mendominasi jalannya diskusi. Untuk menghindarinya, tak perlu ragu memotong pembicaraan yang berlarut-larut dan berikanlah kesempatan bicara yang adil kepada setiap anggota.

Adu argumen tanpa emosi

Usaha untuk menyatukan pendapat banyak orang ke dalam sebuah kesimpulan terkadang tak selalu berjalan mulus. Jika tidak pandai-pandai menyikapi, beda pendapat bisa berujung pada adu argumen yang melibakan emosi. Untuk menghindarinya, tekan ego masing-masing dan ingatlah untuk menempatkan kepentingan kelompok di atas kepentingan pribadi.

Hindari pembicaraan di luar topik

Kala sedang berkumpul, seringkali orang tertarik untuk berbagi pengalaman pribadi yang berhubungan dengan topik perbincangan. Terkadang, sharing pengalaman tersebut memang bisa menjadi sumber inspirasi dalam menemukan solusi. Tapi hal sebaliknya bisa terjadi jika obrolan terus berkembang ke luar topik. Kalau sudah begini, kamu perlu mengajak teman satu tim untuk “kembali ke laptop”.

Konsumsi yang tidak merepotkan

Ngobrol sambil ngemil memang enak. Tapi, usahakan jangan sampai konsumsi yang tersedia malah menyita perhatian lebih besar ketimbang acara diskusinya sendiri. Kalau mau menyediakan camilan, pilih jenis yang mudah disantap seperti jajanan pasar, keripik, gorengan, atau buah-buahan yang tidak terlalu berair dan bisa disantap secara individual.