Galau memilih jurusan kuliah? Pilihlah yang sesuai hati dan kondisi biar tidak menyesal di kemudian hari.

Memilih jurusan kuliah bukan perkara mudah. Pasalnya, salah pilih jurusan nyesel-nya belakangan. Kuliah bisa jadi berantakan karena kamu menjalaninya dengan setengah hati terkendala hal lain. Biar tidak salah jurusan, ikuti tip berikut:

Pilih yang kamu sukai

Kuliah butuh komitmen yang cukup besar, minimal 3-5 tahun. Karena itu, pilihlah jurusan yang benar-benar kamu sukai dan kamu akan enjoy saat menjalaninya. Jurusan yang kamu pilih saat ini adalah bekal masa depan kamu. Jadi, jangan asal pilih dan melihat orang lain, misalnya ikut-ikutan teman atau karena ingin dianggap keren.

Sesuai kemampuan

Minat ada di bidang tersebut, tapi kemampuan kamu bagaimana? Faktor ini juga mesti kamu pertimbangkan. Jangan sampai kuliah berhenti di tengah jalan karena kamu tidak sanggup mengikuti pelajaran.  Karenanya jika kamu memang anak IPS jangan memaksakan diri masuk jurusan IPA hanya karena pingin dianggap keren. Terpenting, apa pun jurusan yang dipilih, kamu bisa berkembang dan berprestasi di dalamnya.  

Pilih yang menantang

Jika kamu menyukai tantangan, kamu juga bisa memilih jurusan yang menantang intelektual kamu, bidang yang bisa bikin kamu penasaran sampai kamu rela mengulik siang malam dan belajar sendiri.

Peluang kerja besar

Jika tujuan kamu kuliah supaya mudah mendapatkan kerja, maka pilihlah yang menawarkan peluang kerja yang besar. Pasalnya, zaman sekarang, mencari kerja cukup sulit.  Persaingan kerja juga semakin ketat. Tidak sedikit lulusan universitas yang harus tersingkir dari persaingan, karena terbatasnya lapangan kerja. Karenanya, memilih jurusan yang memiliki masa depan cerah alias menyediakan banyak lapangan kerja, bukanlah ide buruk.

Bisa kerja di mana saja

Selain jurusan yang peluang kerjanya banyak, kamu juga bisa memilih jurusan yang fleksibel untuk kerja di mana saja, seperti marketing atau akuntansi. Tapi, pastikan dulu kamu memang punya minat di sana. Kalau pun tidak terlalu minat setidaknya kamu memiliki kemampuan di bidang tersebut sehingga tidak terlalu berat saat menjalani perkuliahan.

Konsultasikan

Jika kamu masih bingung dan ada beberapa pilihan yang kamu minati, sebaiknya kamu konsultasikan pada orang lain, bisa pada orang tua, saudara, atau guru bimbingan konseling. Mungkin saja mereka bisa melihat bakat dan passion kamu yang tidak kamu sadari.

Biaya

Dari semua pertimbangan, yang juga penting kamu prioritaskan adalah masalah biaya. Bila kemampuan biaya yang orang tua atau kamu miliki tidak sebanding dengan jurusan yang kamu inginkan, akan jadi kendala di tengah jalan. Karena itu, sesuaikan keinginan kamu dengan biaya supaya kamu bisa menyelesaikan kuliah dengan lancar.