Tidak Mau Minta Bantuan, Karier Bisa Terancam

Seringkali demi menjaga gengsi, banyak karyawan agak enggan meminta bantuan dari rekan kerja meski sudah kewalahan menghadapi pekerjaan di kantor. Ada juga yang merasa dirinya memiliki kompetensi lebih baik, sehingga merasa tidak perlu menerima bantuan dari orang lain.

Sebaiknya kamu berhati-hati. Pasalnya, dari sebuah studi yang digelar Harvard Business Review menemukan, enggan meminta bantuan dari rekan kerja akan sangat berpotensi menghancurkan karier kamu sendiri.

Orang-orang yang memiliki pandangan negatif tentang menerima bantuan di tempat kerja cenderung kurang puas dengan pekerjaannya dan sering berpikir untuk berhenti. Karakter tersebut menunjukkan kinerja buruk dan kreativitas minim dari seorang karyawan.

Jadi, karyawan tipe ini bukan cuma gagal menyadari manfaat bantuan rekan kerja, melainkan juga menerima dampak negatif bagi kariernya. Salah satu temuan lain studi tersebut adalah, para karyawan yang enggan meminta bantuan jarang mendapatkan rekomendasi dari atasannya.

Pada studi berbeda, mereka lebih memilih lembur dibandingkan berbagi pekerjaan tim. Kondisi itu justru akan membuat produktivitas kerja menurun. Nyatanya, mereka ingin bekerja sendiri demi mendapatkan kepercayaan lebih di mata atasannya.

Namun di waktu yang keliru, perbuatan demikian dapat merugikan diri sendiri. Sebaliknya, jika karyawan tahu kapan dirinya membutuhkan bantuan orang lain, mereka cenderung dinilai positif oleh atasan dan dianggap mampu bekerja sama dengan baik, produktif dan pekerja keras.

Sebanyak 238 karyawan dari berbagai industri yang terlibat dalam studi juga menjelaskan alasan mereka menghindari bantuan rekan kerja. Alasannya berupa:

Ingin bergantung pada kemampuan sendiri

Dengan pekerjaan yang diberikan, karyawan merasa dan memaksakan diri untuk bisa melakukannya sendiri.  Hal ini didasari atas keinginan untuk bisa membuktikan diri bahwa  dirinya berkualitas di mata perusahaan. Hanya saja, alasan ini bisa menjadi petaka. Bila hasil dan kualitas pekerjaannya buruk.

Menjaga citra di perusahaan

Keputusan untuk enggan meminta bantuan, diambil sebagai alasan untuk menjaga citra perusahaan memang bisa diambil sebagai solusi. Untuk hal yang sifatnya kecil dan bisa diselesaikan sendiri. Akan tetapi saat permasalahannya besar, gengsi untuk meminta bantuan dapat mengganggu stabilitas perusahaan nantinya.

Baca juga: Tips Membangun Reputasi Positif saat Bekerja

Tidak mau berhutang budi

Alasan ini mungkin kamu rasakan saat ingin meminta bantuan ke rekan kerja. Tapi tidak jadi, karena tidak mau berhutang budi kepadanya. Padahal bisa saja, bantuan yang diberikan tidak hanya membantu pekerjaan tapi juga memberikan ilmu dan wawasan baru.

Tidak percaya motif rekan kerja menawarkan bantuan

Hal ini merupakan pola pikir yang buruk yang terjadi di lingkungan kerja. Apalagi jika ditugaskan dalam sebuah tanggung jawab yang dikerjakan secara bersamaan dengan rekan kerja. Saat ada yang menawarkan bantuan. Karyawan merasa curiga akan motif dibalik tawarannya.

Belum yakin bahwa rekan kerja memiliki kompetensi cukup

Hal ini juga merupakan pertimbangan saat rekan kerja menawarkan bantuan atau kamu tidak meminta bantuan kepadanya. Kurang yakin dengan kemampuannya, membuat kamu mengurungkan niat untuk meminta bantuan.

Dalam  studi lain, yang melibatkan lebih dari 500 karyawan. Mereka diminta memilih satu dari kelima alasan utama di atas yang mewakili dirinya. Sebagian besar karyawan (300 orang) menjawab, mereka ingin menuntaskan pekerjaan mengandalkan kemampuan sendiri tanpa bantuan apa pun dari orang lain.

Mereka sepakat bahwa tidak meminta bantuan rekan kerja bisa membuat dirinya dipandang sebagai karyawan berpotensi tinggi. Setiap profesional tentu memiliki cara masing-masing dalam menambah nilai pada pekerjaannya. Tidak perlu merasa enggan meminta bantuan jika itu mampu mendatangkan poin plus pada pekerjaan di kantor. 

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.