Tetap Berolahraga Saat Menjalani Work From Home

Social dan Physical distancing, menjadi hal yang disarankan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 agar tidak meluas.

Salah satu solusi yang diberikan yakni menyarankan masyarakat untuk melakukan beragam kegiatan sebisa mungkin di rumah. Dan untuk yang kerja, biasanya disebut dengan Work from home (WFH). Begitu pula yang menjalani pendidikan, yang untuk sementara waktu dilakukan di rumah. Hal yang mungkin menjadi hal yang biasa bagi kamu yang menjalani kuliah online, karena dapat dilakukan di mana saja.

Dengah semua aktivitas dilakukan di rumah, bukan berarti kamu bisa terlalu leluasa. Termasuk dengan tetap menjaga makan dan kesehatan kamu. Termasuk berolahraga, walau situasi virus corona dan tempat gym favorit kamu tutup.

Sebetulnya banyak latihan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah, agar tidak terlena hingga pada saat pandemik Virus corona berhenti, berat badan kamu jadi naik drastis.

Untuk itu, ayo kembalikan semangat kamu untuk tetap menjaga kesehatan di rumah, dengan beberapa olahraga mudah tanpa alat selama masa karantina di rumah dan WFH.

Superman

 Dengan banyak kegiatan yang dilakukan dalam posisi duduk, baik saat belajar, WFH, dan kuliah online. Membuat punggung kamu rentan sakit. Dan latihan superman ini cocok untuk menguatkan bagian punggung atas dan bawah.

Untuk melakukannya, kamu berbaring di matras dengan kaki dan lengan terentang ke depan. Lalu secara bersamaan angkat kedua lengan dan kaki, setidaknya 10-15 cm dari lantai. Pertahankan posisi kepala dengan tulang belakang. Dan tahan posisi ini untuk beberapa waktu lalu turunkan ke posisi awal.

Jika dilakukan dengan benar, kamu akan merasakan sensasi di bagian punggung.

Baca juga: Asah 5 Skill yang Banyak Dicari Perusahaan

 

Push-up

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan latihan ini yang bagus dalam meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Selain itu, push-up juga membangun kekuatan, stamina, membakar kalori, dan membentuk tubuh.

Cara melakukannya yaitu dengan berbaring di lanti dan letakan telapak tangan di sisi dada kamu, tekuk siku sedikit, dorong tubuh ke atas sampai lengan hampir lurus, lalu secara perlahan turunkan kembali tubuh.

Lalukan ini 2 – 3 set dengan repetisi 12.

Jumping Jack

Jenis latihan kardio ini menjadi alternatif kamu, yang tidak bisa lari keliling sekitar area rumah. Dengan efek yang serupa,  jumping jack secara teratur dapat membantu jantung lebih kuat, dan meningkatkan mood yang baik dan menurunkan tingkat stres. 

Cara melakukannya:

Berdiri tegak dengan kedua kaku bersatu dan tangan berada di samping tubuh. Lalu lompat bersama dengan mengangkat tangan ke atas kepala dan pisahkan kaku. Dan saat turun kembali ke posisi semula.

Jika mulai terbiasa, lakukanlah dengan ritme yang lebih cepat.

Plank

Plank merupakan olahraga yang sederhana, namun menantang. Maanfaatnya yakni menguatkan tubuh, membentuk otot tubuh, khususnya perut, dan mengurangi sakit punggung.

Cara melakukannya:

Letakan tangan kamu di bawah bahu, lalu angakt perut dan pinggang dari lantai. Dan pastikan tubuh kamu lurus dari tumit melewati bagian atas kepala sambil menatap lantai.

Lakukan hal ini selama 30 detik, jika sudah terbiasa, naikan waktu kamu.

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.