Tertarik jadi Presenter, Pahami Dulu 6 Hal Ini

Apakah kamu yang termasuk mengagumi sosok MC, pembawa acara, atau presenter di TV yang tampil percaya diri dan bisa membawakan acara dengan baik sekaligus menarik perhatian penontonnya?

Sepintas, sosok yang menjalani terlihat begitu mudah dan terbiasa menjalaninya. Apalagi jika melihat tokoh seperti Najwa Shihab yang begitu luwes dan profesional menjalani pekerjaannya sebagai seorang presenter atau pembawa acara.

Dengan menyaksikannya, kamu merasakan ketertarikan untuk bisa melakukan hal sama dan kelak bisa mendulang karir yang cemerlang seperti Najwa.

Hanya saja, apa yang terlihat tidaklah semudah yang kamu perkirakan. Banyak ilmu dan wawasan yang dibutuhkan. Beserta latihan yang sangat rajin dan tekun untuk bisa menjadi seorang presenter yang handal.

Lalu apakah kamu ingin tahu beberapa hal penting yang dibutuhkan seorang presenter Pintarian? Ini dia diantaranya:

Kuasai Materi

 Menjadi seorang presenter, tidak sebatas kamu harus percaya diri. Kamu perlu untuk memahami acara dan materi yang kamu sampaikan nantinya ke penonton. Dengan begitu, kamu akan terlihat sosok profesional  yang memahami acara atau presentasi yang dibawakan.

Dan akan bahaya jika kamu melakukan hal sebaliknya. Dimana kamu kurang paham atau tidak memahami. Rasa malu dan bisa jadi kegugupan bisa melanda kamu, dan akhirnya akan tampak jelas kehadiran kamu  sebagai presenter, yang sangat kurang persiapan.

Kenali Penonton Kamu

Jangan samakan semua penonton sama. Di sini kamu harus beradaptasi dengan baik, seperti dalam hal cara bicara, pembawaaan, berpakaian, dan lainnya.

Contohnya apabila kamu menjadi seorang presenter untuk acara kampus, maka kamu cenderung bisa lebih santai dalam penggunaan bahasa dan gaya bicara menyesuaikan dengan penonton kamu yang mahasiswa. Dan akan sangat formal bisa kamu menjadi presenter acara perusahaan atau sifatnya formal yang diisi oleh petinggi, CEO, dan lainnya. Maka kamu harus lebih sopan, bahasa yang baik, dengan pembawaan yang lebih elegan.

Kenali Lawan Bicaramu

Jika kamu menjadi seorang moderator atau presenter acara talkshow.  Maka penting bagi kamu untuk lebih mengenal bintang tamu atau lawan bicara. Untuk lebih siap, ada baiknya kamu melakukan obrolan atau diskusi dengan pembicara sebelum acara agar nantinya komunikasi bisa lebih cair dan pastinya lebih mengenal dan memahami topik yang akan kamu bawakan.

Baca juga: Presentasi Bahasa Inggris yang Mudah Dimengerti

Perhatikan Bahasa Tubuh Kamu

Kombinasi antara bahasa  tubuh dan cara penyampaian yang benar, akan menjadi faktor penting di mata penonton. Karena bisa terlihat jelas bahasa tubuh kamu, apakah kamu fokus dan antusias akan apa yang kamu sampaikan dari gerak tubuh yang kamu perlihatkan.

Interaksi dengan Penonton

Tidak harus menjadi orang yang humoris agar suasana acara menjadi cair dan hidup. Cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat penonton terlibat adalah dengan mengajak mereka berinteraksi.

Seperti mengajak berbicara mengenai topik yang akan atau sedang dibicarakan atau sekadar menyapa bisa menjadi cara untuk membuat penonton semakin terlibat dan tidak bosan.

Disiplin dan Tekun Berlatih

Pernah mendengar pepatah, “bisa karena terbiasa” ? Kalimat tersebut tepat untuk digunakan sebagai cara kamu menjalani profesi menjadi seorang presenter. Langkah awal akan menjadi langkah paling berat. Dimana kamu belum memiliki pengalaman yang cukup untuk melakukannya.

Rasa gugup, ragu, dan takut merupakan hal umum untuk dirasakan. Tapi seiring waktu kamu melakukannya, maka akan membentuk kebiasaan dan perasaan nyaman setiap kamu menjadi seorang presenter untuk acara formal dan non formal.  

Bagi kamu yang tertarik menjadi presenter dan merupakan peserta kartu prakerja. Pintaria punya kursus yang cocok untuk kamu nih, yaitu belajar menjadi presenter handal dalam berbagai ceremonial.

Bila ingin tahu lebih banyak mengenai kursusnya kamu bisa langsung klik di sini atau mengunjungi www.Pintaria.com/karturprakerja untuk cari tahu kursus atau pelatihan apa saja yang ada di Pintaria.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.