Sudah menjadi tugas divisi marketing untuk menarik perhatian calon konsumen agar membeli produk yang dijual. Namun di digital seperti ini, teknik marketing yang dilakukan sudah tidak lagi konvensional. Kamu bisa melakukan digital marketing, atau strategi pemasaran yang dilakukan melalui media internet.

Jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang digital marketing, simak dulu penjelasan lengkap seputar apa itu pekerjaan Digital marketing.

Apa saja yang kamu kerjakan?

Pekerjaan Digital marketing mencakup merencanakan dan memproduksi kampanye pemasaran untuk meningkatkan brand awareness melalui sosial media dan website. Selain itu, kamu juga perlu melakukan analisis metrics untuk evaluasi efektivitas kampanye serta meneliti tren sosial media.

Perbedaan mendasar dari marketing dan digital marketing adalah media pemasaran yang digunakan. Strategi marketing tradisional memanfaatkan baliho, spanduk, serta media cetak lainnya. Sedangkan digital marketing merambah sosial media dan media digital yang kini sering digunakan banyak orang. Contohnya seperti akun official sebuah brand yang biasanya kamu temui di Instagram, itulah salah satu tugas dari pekerjaan digital marketing.

Fungsi Digital Marketing

Penting sekali bagi sebuah perusahaan atau brand untuk mengimplementasikan digital marketing. Selain dinilai efektif sebagai strategi pemasaran, Digital marketing memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah target pemasaran yang lebih luas. Dengan memanfaatkan jaringan internet, semua orang di seluruh dunia dapat melihat konten yang kamu hasilkan.

Tidak hanya untuk pasar nasional saja, kemampuan digital marketing yang satu ini juga cocok apabila sebuah bisnis ingin merambah pasar internasional. Terlebih lagi, digital marketing adalah strategi marketing yang memungkinkan komunikasi dua arah. Artinya, konsumen dapat dengan mudah berkomentar atau menghubungi sebuah brand melalui konten digital marketing.

Oleh karena itu, dalam digital marketing juga dinilai rate engagement sebuah konten. Semakin tinggi rate yang dimiliki, maka sebuah kampanye digital marketing dapat dikatakan berhasil. Mengingat biaya yang dikeluarkan untuk sebuah kampanye digital marketing lebih kecil bila dibandingkan produksi iklan untuk marketing tradisional, tidak heran kalau digital marketing kini lebih populer.

Baca juga: Mahir di Media Sosial, Profesi ini Bisa Menjadi Pilihan Kamu

Strategi Digital Marketing

Bagi kamu yang tertarik untuk menggeluti dunia digital marketing, kamu perlu tahu strategi-strategi di dalamnya. Nantinya saat bekerja di dunia profesional, kamu diharapkan mampu menerapkannya sesuai dengan produk atau layanan yang ingin dipasarkan. Ada beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu pelajari.

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO dalam digital marketing adalah taktik yang biasanya digunakan untuk website atau blog sebuah brand. Fungsinya adalah untuk meningkatkan peringkat website tersebut dalam halaman pencarian di Google.

SEO juga memudahkan sebuah website untuk ditemukan melalui Google. Cukup dengan mengetik keywords tertentu, pengguna Google pun dapat menemukan informasi yang diinginkan dan mengunjungi website kamu.

2. Social Media Marketing

Menggunakan sosial media memang tidak dipungut biaya, sehingga semakin banyak orang yang beralih ke sosial media sebagai sumber informasi dan hiburan. Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi digital marketing. Kamu bisa memproduksi konten berupa artikel pendek, foto, infografis, dan video ke sosial media untuk meningkatkan brand awareness. Jangan lupa untuk memanfaatkan fasilitas iklan yang sudah banyak ditawarkan oleh platform sosial media.

3. Email Marketing

Biasa disebut sebagai newsletter, email marketing ternyata masih sering digunakan dan cukup efektif untuk mempromosikan barang atau sekadar memberitahu tentang diskon atau penawaran yang sedang terjadi.

Ajak para pelanggan untuk mendaftarkan email mereka supaya dapat dengan cepat mengetahui promosi yang sedang berlangsung. Strategi ini berguna untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan mendorong mereka untuk terus berbelanja dengan kamu.

Pekerjaan di bidang digital marketing adalah salah satu pekerjaan yang sampai sekarang diincar banyak orang. Maka dari itu, kamu harus terus belajar dan mengasah kemampuan digital marketing melalui Kursus Digital Marketing di Pintaria. Cek langsung kursus-kursus dan media belajar online yang ditawarkan Pintaria.