Tantangan dan Mitos Menjalani Kerja Freelance

Tidak sedikit mereka yang belum merasakan kerja freelance atau lepas akan berpendapat bahwa freelance adalah pekerjaan yang bisa mendapatkan banyak kenikmatan dibandingkan dengan kerja kantoran atau kerja terikat dengan kontrak.

Apalagi dengan pemahaman di mana kerja di zaman serba digital tidak perlu dilakukan di dalam ruangan, sehingga semakin menguatkan asumsi kerja freelance adalah pekerjaan yang menyenangkan dan bebas. Namun, pemikiran hal itu sebenarnya tidak disalahkan. 

Pasalnya memang ada beberapa freelancer yang menikmati hal itu. Ditambah lagi, mengambil pekerjaan sebagai freelance sekarang semakin populer apalagi masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Namun, ada beberapa hal yang diluruskan dari asumsi-asumsi yang justru akan menjerumuskan seseorang yang mencoba freelance seperti itu. Karena bisa jadi asumsi yang kamu pikirkan adalah bagian dari mitos dalam dunia freelancer.

Bagus untuk Mereka yang Tidak Ingin Bekerja untuk Orang Lain

Asumsi kebanyakan bahwa kerja freelance itu asik untuk mereka yang tidak ingin berada di bawah kendali orang lain yang menjadi atasan. Namun, hal itu adalah jebakan saja. Karena jika dipikirkan kembali, sebenarnya kerja freelance juga tetap ada yang mengawasi. Klien akan menilai hasil pekerjaan kamu dan menjadi kritik yang dapat membuat kamu berpikir ulang untuk memilih jenis pekerjaan ini.

Bebas Berpakaian

Pada kenyataannya, kamu berpakaian seadanya ketika bekerja freelance adalah karena kamu terlalu sibuk dengan banyak proyek yang masuk dan harus segera diselesaikan. Jadi, jika kamu masih sering berpikir bahwa dengan kerja freelance, kamu memiliki lebih banyak waktu luang dan jam kerja yang lebih fleksibel, pikirkan sekali lagi karena seringkali kerja freelance lebih menantang dari kerja secara teratur dengan datang ke kantor.

Baca juga:Tips Memilih Lembaga Pelatihan Prakerja yang Tepat

Freelance untuk Mereka yang Introvert

Memang benar bahwa sebagian besar pekerjaan freelance dilakukan dari rumah, di warung kopi, atau ruang kerja bersama, dan banyak tempat selain kantor. Akan tetapi banyak orang sering keliru dan beranggapan bahwa jenis jalur karir dan pekerjaan satu ini adalah hanya sempurna untuk individu – individu berkepribadian introvert saja. 

Kenyataannya, hal ini sama sekali tidak benar. Banyak di antara para pekerja freelance menjadi orang yang mengatur pemasaran untuk dirinya sendiri dan pemasaran mengharuskan mereka berinteraksi dengan banyak orang lain. Tambah lagi, pelatih yang bekerja freelance secara efektif juga harus dapat bekerja sangat keras untuk membangun basis klien mereka, sering menghadiri pertemuan atau bahkan acara networking.

Photo by Unsplash on Unsplash
Photo by Unsplash on Unsplash

Kamu adalah Bosnya

Mitos kerja freelance selanjutnya yang mengiang bagi banyak orang adalah bahwa mereka yang melakukan pekerjaan freelance adalah mereka yang menjadi bos untuk diri mereka sendiri. Namun, tahukah kamu bahwa bekerja freelance berarti kamu harus bisa meyakinkan banyak klien untuk menyewa jasa yang ditawarkan? 

Nah, orang-orang yang menjadi klien itu adalah para bos baru kamu. Dan alih-alih memiliki satu bos, kamu sekarang memiliki banyak bos dengan berbagai karakter. Mereka semua ingin melihat hasil pekerjaan kamu, mendapat perhatian dan balasan email. Jadi, meskipun kamu adalah bos untuk diri sendiri, kamu masih harus menjawab permintaan dari banyak orang lain yang memakai jasa kamu.

Dengan mengetahui hal diatas, kamu jangan sampai salah lagi yah Pintarian mengenai pekerja freelance atau lepas. Dengan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, kamu tetap wajib memenuhi kewajiban kamu.

Lalu apakah kamu tahu jenis pekerjaan freelance yang ingin kamu jalani? Jika kamu masih bingung dan memang sedang mencari potensi. Ikutan program kartu prakerja aja! Bila kamu terkena dampak pandemi covid-19 maka ikutan Kartu Prakerja bisa menjadi langkah yang tepat.

Melalui program pemerintah ini, kamu tidak hanya mendapatkan intentif dari pemerintah. Kamu berkesempatan pula untuk mengikuti beragam pelatihan dari mitra resminya, salah satu lembaga berkualitas yang menyediakannya adalah Pintaria.

Pintaria memiliki banyak jenis kursus dan pelatihan yang bisa kamu gunakan untuk membantu dan menjalani pekerjaan freelance.

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa langsung aja klik disini yah.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.