Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi

Beberapa dari kamu mungkin sedang berjuang untuk menjadi lebih pintar, dengan disiplin untuk belajar berbagai hal yang kelak akan berguna di dunia pendidikan dan kerja. Tentu hal tersebut merupakan hal yang baik untuk dilakukan, tapi jangan sampai kamu melupakan pentingnya kehadiran dan melatih kecerdasan emosional kamu.

Dengan memiliki kecerdasan emosional yang baik, maka kamu bisa mengatur arus emosi diri dan kelompoknya. Dalam penjelasan yang lain, dilansir dari Kumparan bahwa kecerdasan emosional adalah cara melihat, memahami, mengekspresikan, dan mengelola emosi.

Kehadiran dari kecerdasan emosional yang tinggi menjadi penting. Dikarenakan, dengan memahami aspek diri kamu, maka baik pula kesehatan mental dan perilaku sosial.

Lalu untuk mengetahui apa kamu memiliki kecerdasan emosional tinggi. Ada setidaknya 4 hal yang bisa menjadi tanda bahwa kamu kecerdasan emosional atau EQ tinggi, yang dikutip dari laman Kumparan.

Memikirkan reaksi emosi

Memiliki kecerdasan emosi yang baik, maka kamu bisa lebih mengenali perbedaan antara reaksi emosi yang baik dan buruk di dalam suatu keadaan.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan informasi dalam memberikan reaksi yang tepat di dalam setiap keadaan. Lain halnya jika kamu memiliki kecerdasan emosi yang rendah, maka besar kemungkinan akan terjadi reaksi yang tidak mempertimbangkan baik dan buruknya dalam kondisi yang sedang dihadapi, termasuk saat mendapatkan masalah dan tekanan dari lingkungan.

Apabila tidak mampu mengatur perasaan negatif jauh maka besar kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk menjalani kehidupan sosial dengan baik. Dan dampak yang umum dirasakan adalah depresi berat, karena tidak mampu memahami dan mengatur emosi.

Melihat situasi atau keadaan sebagai tantangan

Saat kamu berada di situasi yang sulit dan menganggapnya sebagai tantangan yang harus dihadapi. Merupakan salah satu tanda bahwa kamu memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.  

Hal ini dilihat dari sikap optimis yang ditunjukkan menjadi bentuk nyata bahwa kamu bisa mengenali emosi negatif dan memilih untuk fokus pada sisi positif saja.

Sebagai contoh sederhana, yakni dalam kasus seseorang yang tidak lulus ujian. Bagi yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, maka ia akan mengambil hikmahnya, dan mencoba untuk menganalisa mengapa ia bisa gagal dan mencobanya di lain kesempatan.

Sedangkan untuk yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah,  ia akan merasa tidak berharga, tidak pintar, dan putus asa. Hingga akhirnya merasa depresi dengan keadaannya.

Baca juga: Wow, Ternyata Manusia Memiliki 9 Jenis Kecerdasan

Dapat mengatur emosi ke arah positif

Tidak bisa dipungkiri, bahwa ada momen dimana emosi menguasai seseorang. Akan tetapi, dengan kecerdasan emosional yang tinggi,  tindakan dan pola pikir kamu tetap berada di jalur positif bagi diri sendiri.

Seperti rasa cemas yang dialami seseorang, pada level tertentu bisa meningkatkan kinerja kognitifnya. Tapi di sisi lain, jika terjadi secara berlebih maka bisa merusak segalanya.

Intinya adalah keseimbangan, saat kamu berada dalam tekanan. Kecerdasan emosional yang baik, dapat mengatur emosi dengan baik, memungkinkan tingkat kecemasan tidak berada pada tahap yang merugikan.

Memiliki empati ke orang lain

Merupakan tanda yang tidak hanya berguna untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Dimana dalam kondisi tertentu, kamu  bisa memahami kondisi emosional orang lain saat menghadapi masalah, seperti marah atau mengeluh ke kamu.

Setelah melihat penjelasan akan tanda kecerdasan emosional yang tinggi. Tidak perlu takut, jika kamu merasa belum memenuhi keempatnya, karena biasanya kecerdasan emosional akan meningkat seiring waktu dan usia kamu. Dan dalam prosesnya, kamu juga bisa melatih dan meningkatkannya

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.