Sukses bukanlah suratan takdir, dan bukan pula bakat turunan. Orang-orang sukses memiliki kesamaan yang kasat mata. Banyak orang yang berusaha untuk menjadi sukses, tetapi belum mengetahui bagaimana cara menjadi orang sukses dengan benar. Dilihat dari tanda-tanda di bawah ini, apakah kamu memiliki 5 tanda ini? Bila ya, selamat, kamu berpeluang besar untuk menjadi orang sukses.

Bisa Beradaptasi

Di dunia ini bukan orang pintar yang bertahan, tapi orang yang bisa beradaptasi dengan baik. Bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan serta pandai membawa diri. Orang sukses juga tidak takut menghadapi perubahan. Ia percaya bahwa satu-satunya yang tetap dalam hidup adalah perubahan. Ia bergerak bersama perubahan sehingga tidak mudah tergilas zaman.

Melihat Kegagalan Sebagai Ajang Latihan

Tak pernah ada orang yang benar-benar sukses tanpa pengalaman gagal. Kolonel Sanders, tokoh pencipta brand KFC ditolak 1009 kali sebelum resepnya diterima. Kuncinya adalah persistensi atau gigih. Banyak orang hanya siap berhasil tapi tidak siap gagal. Bagi orang sukses, gagal justru malah bikin penasaran. Mereka akan mencoba dan terus mencoba hingga memperoleh titik terang. Kegagalan dipandang sebagai ajang latihan, bukan ujian.

Suka Berbagi

Orang sukses biasanya murah hati. Suka berbagi ilmu dan pengalaman. Ia  tidak pernah takut orang lain akan lebih hebat dari dirinya atau mencuri resep dan kunci  keberhasilannya. Ia justru percaya bahwa semakin banyak berbagi, makin banyak pula kesempatan untuk  belajar dan berkembang menjadi semakin besar.

Itu sebabnya banyak orang sukses suka menuangkan pengalamannya baik dalam bentuk buku, menjadi pembicara seminar atau tenaga pengajar. Bukan untuk pamer, tapi agar bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang mau mengikuti jejak keberhasilannya. Cara menjadi orang sukses seperti inilah yang harus ditiru.

Tidak Gila Pujian

Tong kosong nyaring bunyinya. Orang sukses tidak bicara soal keberhasilannya. Justru orang lainlah yang memberi pengakuan itu kepadanya. Ia suka dihargai atas apa yang dikerjakannya, bukan apa yang dibicarakannya. Ia tidak juga gila akan pujian. Ia akan lebih menghargai kritik yang membangun ketimbang pujian yang melenakan. Ia juga tidak segan untuk mengakui keunggulan orang lain.

Berteman Dengan Orang Sukses

Orang negatif menarik teman-teman negatif, sebaliknya penggerutu berteman dengan pengeluh. Orang sukses berkumpul dengan orang sukses. Istilahnya orang akan berkumpul dengan orang lain dalam frekuensi yang sama. Itu sebabnya orang bijak mengatakan, seseorang bisa dinilai dari pergaulannya. Tidak hanya itu saja,  pergaulan membuat kita memiliki peluang jejaring sosial yang luas.

Coba perhatikan lingkungan di sekitar kamu. Bila kamu banyak dikelilingi teman-teman atau kerabat yang memiliki lima tanda di atas, maka berbahagialah. Namun, bila belum masih banyak kesempatan untuk bisa berkumpul dengan orang sukses dan mengetahui bagaimana cara menjadi orang sukses dengan benar. Perluaslah pergaulan kamu mulai dari sekarang.