Masih berada di situasi karantina nih Pintarian? Jangan bosan dulu dengan semua aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah. Karena masih banyak yang bisa kamu jalani yang sifatnya hiburan agar kamu tidak terlalu stres dengan situasi ini.

Dan salah satu yang tidak pernah habis untuk dibahas adalah menonton film. Entah berapa film atau serial tv yang sudah kamu saksikan hingga kini. Genre seperti action, drama romantis, horror, hingga komedi pasti ada yang menjadi favorit kamu.

Lalu bagaimana dengan film drama yang mengutamakan sisi edukasi, yang menghadirkan balutan konflik dan daya tarik cerita yang menarik, dan di sisi lain juga bisa memberikanmu inspirasi dalam menjalani hidup.

Keren kan Pintarian! Pintaria punya beberapa film menarik yang wajib kamu tonton. Saat sedang beristirahat atau rehat sejenak dari pekerjaan, kuliah, kursus online, atau blended learning. 

Ini dia beberapa diantaranya:

Finding Forester  

Diceritakan, seorang pebasket bernama Jamal Wallace  yang juga murid dari sekolah bergengsi, mendapatkan beasiswa dikarenakan bakatnya di dunia olahraga. Tapi pertemuannya dengan penulis ternama, William Forester. Membuka matanya bahwa ia begitu tertarik menjadi seorang penulis dan berharap bisa mendapatkan ilmu dan bantuan dari William.

Hanya saja tidak semudah itu, sikap skeptis orang sekitar terhadap kemampuan menulisnya dan perdebatan batin dengan dunia olahraga. Membuatnya harus memilih fokus dan mencoba meyakinkan apa yang diinginkannya di masa depan.

Baca juga:Pilihan Bidang Pekerjaan Lulusan Jurusan Musik

Coach Carter

Dari beberapa film yang mengangkat film tentang olahraga. Coach Carter bisa menjadi inspirasi kamu. Di film ini pelatih bernama Carter, mencoba membangun tim basket yang terpuruk dengan beragam masalah dari muridnya.

Dengan segala upaya ia membangun mental juara, tapi disisi lain tetap mementingkan pendidikan bagi muridnya agar mendapatkan nilai yang baik.

Dead Poets Society

Menjadi salah satu paling berkesan dari aktor Robin Williams. Bahkan hingga saat ini menjadi film yang memberikan banyak inspirasi terhadap cara pandang melihat kehidupan dan proses belajar.

Diceritakan mengenai sekolah bergengsi mendapatkan seorang guru baru yang nyentrik dan unik. Bernama John Keating, yang memberikan ilmunya dengan cara yang berbeda dan menyenangkan bagi murid. Tapi disisi lain harus menghadapi sistem pendidikan yang sangat ketat.

Freedom Writers

Apa jadinya seorang guru yang berdedikasi dalam mengajar memiliki murid yang begitu nakal bahkan berbahaya? Mungkin hal ini akan menjadi mimpi buruk seorang guru, dan memilih untuk mengajar di sekolah lain.

Tapi lain halnya untuk guru bernama Erin Gruwell yang diperankan oleh aktris Hillary Swank. Dimana ia dengan segala cara memaksimalkan potensi setiap murid dengan setiap permasalahannya, seperti konflik ras, stigma, keluarga, dan lainnya. Menjadi beban berat bagi Erin untuk bisa membuktikan bahwa dengan segala masalah, edukasi tetaplah menjadi faktor yang penting.

Dangerous Mind

Memiliki konsep cerita yang hampir sama dengan Freedom Writers. Dimana seorang guru bernama LouAnne Johnson ditugaskan untuk mengajar di sekolah yang berisikan murid bermasalah. Bahkan sudah tidak punya hormat dengan setiap guru yang mengajar, termasuk LouAnne Johnson.

Permasalahan seperti perang antar geng hingga peredaran narkoba juga merupakan kondisi yang tidak asing di sekolah tersebut.

Walau begitu, LouAnne yang diperankan oleh Michelle Pfeiffer tetap bertahan dengan segala cara agar bisa mengubah kondisi kelas dan muridnya kearah yang lebih baik.