Sering Belajar Hingga Larut Malam, Kenali Bahayanya

Masih sering belajar hingga tengah malam hingga begadang? Waduh ada baiknya kamu jangan biasakan Pintarian. Soalnya belajar hingga larut malam itu, ternyata punya banyak dampak buruk lho. Walau pun itu untuk lebih mendalami pelajaran di sekolah, kampus, atau saat blended learning.

Terutama dalam urusahan kesehatan kamu yang jelas menjadi faktor terpenting. Makanya ada baiknya kamu mulai menghindari belajar hingga larut malam dan begadang. 

Karena banyak ahli yang menekankan pentingnya kamu untuk tidur lebih awal atau tepat waktu demi menjaga kesehatan mental dan fisik.

Mau tahu, risiko apa saja yang bisa kamu dapatkan jika budaya begadang dan belajar hingga larut malam terhadap kesehatan kamu? Ini dia diantaranya

Kuda Gula Darah Naik

 Belajar, bekerja, hingga larut malam bisa membuat kadar gula darah kamu naik.  Dan pada kondisi yang parah, kenaikan gula darah yang tinggi bisa berujung pada penyakit kardikovaskular dan kerusakan ginjal.

Risiko Penyakit Jantung

Wah, ngeri nih Pintarian. Kalau gara-gara kurang tidur atau begadang bisa meningkatkan risiko kamu untuk terkena serangan jantung. Apalagi dalam penelitian yang dikutip dari Bustle bahwa potensinya bisa meningkat hingga 11 persen.

Baca juga: Tips Menyukai Pelajaran yang Kamu Benci

Kenaikan Berat Badan

Disadari atau tidak, kamu mungkin akan makan lebih banyak atau ngemil saat begadang atau belajar hingga larut malam. Dan terkadang kalori dan kuantitas yang di konsumsi bisa berlebih dan membuatmu mengalami kenaikan berat badan.

Dilansir dari Health, bahwa kebiasaan begadang kamu akan membuat perut merasa lapar pada tengah malam. Dan makan atau ngemil bisa menimbulkan masalah pada proses metabolisme tubuh, termasuk mengganggu kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Rasa Lelah

Dengan tidur larut malam, tidak hanya seara kuantitas tapi kualitas tidur kamu juga terganggu. Akibatnya setelah bangun, kondisi tubuh menjadi tidak segar, tampak lelah dan rentang pusing.

Mood Swing dan Depresi

 Bahaya secara mental tidak boleh dianggap sepele, karena kamu akan memiliki mood dan depresi yang buruk terhadap diri sendiri bahkan dengan lingkungan sekitar. Hal seperti mudah marah dan tersinggung bisa dirasakan. Bahkan sampai efek tidak percaya diri hingga mudah berubah pikiran. Tentu bukanlah hal yang kamu inginkan untuk mengawali dan menjalani hari kamu kan?

Risiko Kematian Meningkat

Agak seram yah? Tapi itulah faktanya. Setidaknya dari studi yang dipublikasikan oleh jurnal Chronobiology International. Orang yang begadang dan yang kurang tidur memiliki risiko kematian hingga 10 persen lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Tekanan darah Tinggi

Bedakan tekanan darah saat kamu begadang dan tidak, karena diketahui dalam sebuah studi bahwa 30 persen yang gemar begadang akan mengalami kenaikan tekanan darah dibandingkan yang mendapatkan kuantitas dan kualitas tidur yang baik.

Bagaimana Pintarian? Masih berminat belajar hingga tengah malam bahkan begadang. Walau tujuannya bagus untuk lebih mengerti pelajaran sekolah, kuliah, atau yang sedang blended learning. Tapi bukan berarti kamu melupakan kesehatan kamu sendiri yah.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.