Kamu sudah lulus sekolah dan ingin melanjutkan kuliah, tentu akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Karena di momen inilah kamu harus memiliki keputusan untuk mengenal arah karir dan mimpi kamu kelak.

Melalui bangku kuliah, pembelajaran kamu akan lebih spesifik yang disesuaikan dengan ketertarikan kamu pada industri tertentu. Jadi jangan main-main dalam memilih dan menjalani kuliah atau blended learning pilihanmu.

Hanya saja, tidak sedikit pula yang masih menjadikan pemilihan jurusan sebagai masalah, dan membuat beberapa individu menjadi bingung. Bahkan beberapa diantaranya sampai merasa salah ambil jurusan saat kuliah.

Pintarian, karena berkaitan dengan masa depan. Jangan sampai kelak kamu mengalami kondisi dan penyesalan dalam memilih jurusan. Maka dari itu berikut beberapa yang sebaiknya kamu hindari saat memilih jurusan saat kuliah:

Keputusan Orang Tua

Tidak ada salahnya menuruti kata orang tua, tapi bila berkaitan dengan ketertarikan kamu terhadap masa depan dan karir. Ada baiknya kamu memaksakan diri untuk menjalani jurusan yang tidak datang dari diri kamu sendiri.

Coba jelaskan baik-baik ke orang tua kamu, mengenai perbedaan jurusan antara kamu dan orang tua.  Dan menjelaskan mengenai mimpi dan tujuan kamu. Sehingga dalam proses dan kerja keras dalam meraihnya akan lebih menyenangkan bila kamu menjalani sesuai dengan keinginanmu.

Asal dalam Memilih

Ini menjadi alasan yang paling fatal dan buruk saat memilih jurusan saat kuliah. Dengan pemahaman yang minim, dan berharap kelak dengan mudah untuk dihadapi adalah alasan yang buruk yang bisa berakibat  pada nilai dan semangat kamu dalam menjalaninya.

Baca juga: Kesalahan Work From Home yang Bisa Membuat Pekerjaanmu Berantakan

Kurang Riset

Dengan teknologi yang ada saat ini, sayang banget kalau kamu tidak memanfaatkan dengan baik untuk melakukan riset terhadap kampus dan jurusan yang kamu tertarik untuk pelajari. Apakah sesuai dengan alur dan rencana masa depan kamu kelak?Dengan begitu, kamu bisa lebih pasti saat menjalaninya.

Ikut Teman

Dengan alasan untuk bisa tetap bersama teman dekat, bukan berarti kamu harus juga menjalani jurusan yang sama. Apalagi harus pihak kamu yang merelakan jurusan idaman dan memilih yang lain agar bisa tetap bersama.

Akibat buruknya adalah saat ia bisa meraih apa yang ia inginkan karena sesuai, sedangkan kamu tenggelam dalam kebingungan dengan jurusan yang kamu ambil bukan karena keinginanmu sendiri.

Gengsi

Gengsi bisa menjadi duri dalam perjalanan menuju karir idamanmu. Kuliah di kampus populer hingga mengambil jurusan yang sedang Hits bukanlah alasan yang tepat dalam memilih.  Karena dengan alasan tersebut, kamu tidak memiliki passion dan ketertarikan dengan jurusan yang kamu jalani.

Maka, dengan memahami alasan yang salah saat memilih jurusan. Kamu bisa fokus dalam jurusan sesuai mau kamu saat kuliah atau yang menjalani blended learning