Kemampuan mengingat sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam belajar. Idealnya sih, sekali terekam otak, selamanya informasi itu menetap dalam ingatan dan mudah ‘dipanggil’ kembali saat kita membutuhkannya. Berikut 5 cara yang mengingat yang akan membantu kamu punya memori super.  

  • Pakai terus
    Sedikit belajar sedikit lupa, banyak belajar banyak lupa. Itu mitos yang enggak boleh kamu percaya. Faktanya, semakin sering digunakan,  otak semakin 'encer'  dan gampang mengingat. Otak harus selalu dirangsang agar selalu siap siaga menerima dan merekam informasi. Jadi kalau tak ingin memori loyo, otak jangan dikasih kendor.
  • Visualisasi
    Mata kita ibarat kamera. Ia bisa dipakai untuk merekam dengan baik bila kita mengoptimalkannya. Lihat sekelilingmu. Carilah sebuah objek dan perhatikan secara detail. Rekam baik-baik apa yang kamu lihat dan buat visualisasinya di benak. Misalnya, kamu sedang berusaha mengingat seseorang yang baru kamu kenal. Bayangkan ciri fisik yang menonjol, misalnya tahi lalat di wajah, alis tebal alami atau mata setajam elang. Lalu biarkan otak mengingatnya.
  • Irama
    Mengapa kita mudah mengingat lirik lagu ketimbang kata-kata dalam sebuah puisi?  Kuncinya ada pada irama. Karena lagu memiliki irama yang bisa merangsang kerja otak untuk mengingat. Bahkan kita bisa hafal lagu-lagu yang sebenarnya tidak kita sukai. Misalnya, kamu bukan penggemar lagu dangdut. Tapi karena otak merekam dengan baik, meski tanpa kamu sadari, kamu bisa ikut berdendang ketika lagu tersebut diputar atau dimainkan. Ini yang menjelaskan mengapa kita belajar bahasa lebih cepat dari lagu ketimbang cara lainnya. Itu sebabnya banyak sosialisasi dilakukan melalui lagu. Misalnya saat kampanye. 
  • Membaca bersuara
    Selama ini mungkin kamu selalu membaca dalam hati. Mulai sekarang biasakan membaca dengan bersuara. Dengan begitu otak mendapatkan informasi dari 2 sistem sensor yaitu penglihatan dan pendengaran. Kamu akan lebih mudah memanggil ingatan karena informasi tersimpan di dua ‘folder’.  Tapi ingat ya, jangan lakukan di sembarang tempat. Pastikan tidak ada orang-orang yang terganggu mendengar suara kamu.
  • Sentuhan dan gerakan
    Saat mengingat suatu konsep atau teori, kita sering kepayahan. Ada dua kemungkinan, pertama karena belum paham gagasan yang disampaikan. Kedua, tidak memanfaatkan bala bantuan.  Untuk bisa mengingat dengan baik, tentu saja kamu perlu memahami dulu gagasan pentingnya. Lalu coba visualisasikan di benak. Lalu gunakan bala bantuan berupa sentuhan dan gerakan. Misalnya ketika sedang berusaha memahami tentang teori pergerakan planet, taruh bola di lantai dan putar-putar mengikuti gerakan rotasi planet. Sentuhan dan gerakan akan mengaktifkan sensor otak dan menyimpan informasi secara jangka panjang. Coba deh!

(sumber: Psychology today)