Punya Banyak Manfaat, Yuk Mulai Rajin Baca Buku

Hayo Pintarian selama karantina mandiri di situasi Pandemi COVID-19 sudah melakukan apa saja? Bekerja, olahraga, atau menikmati hiburan seperti menonton film atau serial tv, pasti pernah kamu lakukan.

Lalu bagaimana dengan membaca buku? Tentu bagi kamu yang sedang sekolah di rumah atau pun menjalani blended learning,  termasuk yang rajin membaca untuk kebutuhan belajar. Tapi apakah memang membaca menjadi bagian hobi dan rutinitas kamu.

Seiring semakin berpengaruhnya dunia digital dan juga  media sosial, budaya membaca buku menjadi teralihkan dengan pesona deretan media sosial yang menawarkan pengalaman yang seru bahkan adiktif.

Buku seakan kehilangan daya tariknya bagi sebagian orang. Padahal, buku juga sebetulnya semakin mudah dijangkau. Berkat peralihannya menjadi ebook, sehingga kamu tetap bisa membaca dengan perangkat seperti smartphone.

Lalu apa manfaat membaca buku?

Ternyata bukan sekadar untuk menambah ilmu dan wawasan saja lho. Banyak manfaat luar biasa membaca buku yang layak menjadikannya hobi dan gaya hidup kamu.

Berikut beberapa diantaranya:

Menstimulasi Mental

Dengan melatih diri untuk sering membaca buku maka bisa membuat otak kamu selalu aktif dan mencegah otak kita kehilangan kekuatan dalam daya ingat. Dan sama seperti tubuh dalam hal berolahaga, otak kamu pun perlu aktivitas agar tetap sehat.

Dalam sebuah penelitian, peneliti telah menunjukkan bahwa dengan membaca bisa memperlambat atau mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dan demensia.

Mengurangi Stres

Selain itu, membaca juga bisa mengurangi stres. Tentu saja hal ini bergantung pada bahan bacaan kamu. Kalau yang dibaca berita buruk atau buku yang topiknya berat. Jelas akan membuat kamu semakin stres jadinya.

Coba mencari bacaan yang segar dan seru, seperti novel atau cerpen yang bisa membuat kamu merasa nyaman dan terhibur. Sehingga kamu lebih santai, disisi lain membuka ruang imajinasimu, bila membaca novel bergenre fiksi.

Baca juga: Kerja di Media Digital, 5 Bidang Ini Bisa Jadi Pilihanmu!

Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Kalau yang ini sudah pasti Pintarian. Dengan semakin membaca, maka kamu bisa tahu lebih banyak. Apalagi kalau buku yang kamu baca merupakan bacaan yang memang kamu tertarik untuk lebih tahu. Rasa penasaran untuk mengetahui lebih banyak, membuatmu akan semakin paham terhadap berbagai macam hal.

Menambah Kosakata

Dengan kosakata yang semakin banyak, maka kamu akan semakin luas jangkauan untuk bisa menulis dengan berbagai macam gaya dan kalimat penulisannya. Hal ini jelas akan membantu kamu yang berkeinginan menjadi seorang penulis nantinya.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Alasannya karena saat kamu membaca buku, perhatian dan fokus kamu tertuju pada buku dan bacaan tersebut. Berusaha memahami narasi dan isi dari buku dengan lebih baik. Untuk membandingkannya, cobalah untuk membaca setidaknya 20 menit sebelum melakukan pekerjaan, maka kamu bisa merasakan perbedaan. Dimana kamu akan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Saat ini kamu pastinya masih tangguh untuk bisa menghafal dan lainnya, saat membaca buku. Tapi seiring waktu otak akan mengalami penurunan fungsi kognitif. Dan sebagai upaya investasi jangka panjang. Budaya membaca yang kamu lakukan sejak dini, bermanfaat untuk kelak tidak membuatmu cepat pikun.

Jadi, perbanyaklah membaca Pintarian. Selain untuk belajar untuk sekolah dan blended learning, jadikan membaca buku atau ebook sebagai hiburan dan gaya hidup kamu.

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.