Untuk sebagian orang, kata Public Relations masih dianggap sebagai seseorang yang bekerja sebagai seorang master of ceremony atau MC, pemandu berita, dan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan berbicara di depan umum.

Memang pada dasarnya hal tersebut merupakan profesi yang bisa kamu ambil saat menjadi lulusan dari Public Relations. Hanya saja, ada cakupan yang luas dari jurusan tersebut yang memungkinkan kamu belajar banyak dan semakin berkembang, hingga akhirnya menjadi lulusan Public Relations yang berkualitas di dunia kerja.

Tapi jika saat ini kamu tergolong masih memikirkan atau  mempertimbangkan, apakah cocok untuk menjalani perkuliahan di jurusan Public Relations? Pintaria punya beberapa masukan terkait karakter yang mungkin ideal bagi kamu yang ingin kuliah dan menjadi Sarjana dari jurusan Public Relations.

Suka Banyak Teman dan Relasi

Saat bekerja di industri Public Relations, maka kemungkinan besar kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang dan karakter. Dengan karakter kamu yang memang menyukai mengenal berbagai macam orang, akan sangat membantu kamu untuk bisa menambah relasi dari berbagai macam bidang dan pekerjaan nantinya.

Karena dalam dunia kerja, Networking merupakan salah satu aspek penting di dunia kerja lho Pintarian.

Pribadi yang Supel dan Ramah

Erat kaitannya dengan penjelasan sebelumnya. Berkenalan dan bertemu dengan banyak orang merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari jurusan Public Relations. Hanya saja, tentu menjalin hubungan yang baik, diperlukan karakter dan pribadi yang supel dan ramah, agar lawan bicara merasa nyaman dengan keberadaanmu.

Bahkan bukan tidak mungkin, dengan karakter tersebut. Dapat membuat komunikasi yang terjalin memberikan kesan hingga membentuk reputasi yang positif dari lawan bicara terhadapmu.

Baca juga: 6 Hal Penting Menjadi Public Relations Handal

Suka Berpenampilan Menarik

Jangan anggap sepele penampilan Pintarian. Kesan pertama tetap penting, saat orang bertemu dan mengenal kamu. Seberapa ramah atau supel kamu, tapi yang terlihat tampilan kamu berantakan, bau badan, atau berpenampilan buruk. Akan langsung memberikan first impression yang kurang baik, dan bisa saja langsung memberikan penolakan sebelum bisa mengenal kamu lebih jauh.

Tidak Begitu Suka Hitung-Hitungan

Menjadi salah satu alasan yang bisa kamu gunakan saat mengambil jurusan Public Relations yakni menghindari terlalu banyak menghadapi hitung-hitungan. Walau tidak sepenuhnya hilang, seperti adanya mata kuliah statistik.

Setidaknya jurusan Public Relations tidak akan banyak bertemu hitung-hitungan dibandingkan kuliah jurusan Sistem Informasi atau Akuntansi kan!

Suka dan Berani Berbicara di Depan Umum

 Memang, jika berbicara mengenai hal ini. Lebih berkaitan pada kepercayaan diri orang yang berbeda-beda. Tapi jika kamu termasuk yang berani melakukannya dengan baik, akan menjadi poin plus. Dimana kamu bisa menempatkan diri berbicara di depan umum dengan penyampaian jelas dan baik untuk kebutuhan presentasi dan lainnya.

Tapi bukan berarti kamu yang belum terbiasa tidak cocok, jika kamu tertantang untuk bisa dan berani. Tidak ada salahnya pula untuk mengambil jurusan kuliah Public Relations.

Pribadi yang Open Minded

Bila kamu termasuk orang yang fleksibel dan berpikiran terbuka akan sangat membantu kamu. Hal ini erat kaitannya dengan penjelasan pertama. Dimana besar kemungkinan bekerja di Industri Public Relations, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki perbedaan cara pandang dan pola pikir akan sesuatu.

Pribadi yang open minded akan banyak membantu kamu untuk lebih menghargai perbedaan dengan cara yang bijak. Daripada berpikiran tertutup dan menjadikan cara pandang yang berbeda sebagai sebuah kesalahan yang harus diperbaiki dan diperdebatkan.