Jurusan Teknik Informatika kini sedang benar-benar berada di puncak popularitas. Jurusan ini diincar oleh banyak orang mengingat di era kemajuan teknologi seperti saat ini. Keahlian khusus di bidang ini bisa membuka begitu banyak kesempatan serta lapangan kerja yang menjanjikan di masa depan.

Untuk bisa bekerja dalam bidang IT, juga berpengaruh saat mengambil program studi di masa kuliah. Jika kamu bingung untuk  memutuskan akan  mengambil jurusan perkuliahan apa yang cocok, kamu bisa mencari tahu minat dan passion yang pas serta. (Baca juga: Tips memilih jurusan kuliah)

Meski begitu, banyak orang yang masih belum paham betul, lapangan pekerjaan jenis apa yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan jurusan IT. Maka dari itu bagi yang ingin fokus dalam bidang IT, harus benar-benar memahami tentang informasi profesi di bidang IT yang nantinya bisa menjadi pilihan untuk berkarir. Berikut ini adalah beberapa profesi dan prospek kerja lulusan IT:

Data Scientist

Profesi yang satu ini tak akan jauh dari urusan data dan pengolahan data. Seorang Data Scientist biasanya berkutat dengan banyak data untuk kemudian diolah ke dalam sebuah algoritma.

Profesi ini sekaligus mengelola data dari “Bahasa komputer” ke Bahasa yang lebih mudah dipahami banyak orang. Sehingga banyak user yang akan lebih mudah menggunakan berbagai perangkat maupun system dalam aktivitas mereka.

Mobile Application Developer

Seorang developer aplikasi adalah orang-orang kreatif yang bekerja menciptakan berbagai macam aplikasi berbasis mobile yang bisa disesuaikan dengan sistem operasi pada gadget saat ini. Inilah salah satu profesi yang menuntut kreativitas tingkat tinggi dan pemahaman algoritam yang cukup baik. 

Lowongan pekerjaan lulusan IT seperti mobile developer ini, saat ini sangat di butuhkan. Bahkan setiap perusahaan kini sudah memiliki aplikasi dan dapat di akses pada smartphone atau gadget lainnya.

IT Consultant

Prospek kerja lulusan IT selanjutnya adalah IT consultant. Setiap sistem pasti punya permasalahannya baik itu skala kecil maupun besar. Peran seorang IT Consultant adalah mencari solusi atas permasalahan dan kebutuhan sistem yang ada. IT Consultant bertanggung-jawab mengatasi masalah-masalah dalam sistem tersebut agar sistem dapat berjalan dengan lancar.

System Analyst

Profesi inilah yang bertugas menganalisa sistem yang akan digunakan oleh organisasi. Untuk menjadi seorang System analyst yang handal, kamu perlu tingkat ketelitian yang tinggi sehingga berbagai tahapan dalam merangkai sistem bisa dipantau dengan cermat.

Tak hanya itu saja, pekerjaan ini juga dituntut untuk bisa berinovasi dengan sesuatu yang baru dalam hal pengupgrade-an sistem dari sistem yang telah ada.

Network Administrator

Prospek kerja lulusan IT lainnya adalah network administrator. Salah satu yang terpenting di era kemajuan teknologi adalah tersedianya tenaga ahli dalam menjaga keamanan sistem jaringan sehingga terhindar dari kebocoran informasi atau terkena hack yang bisa membuat sistem eror dan merusak data yang ada di dalamnya.

Nah Pintarian, apakah kamu sudah memutuskan untuk kuliah di jurusan teknologi informasi setelah tau apa saja prospek kerja lulusan IT? Bagi yang berminat dalam bidang IT ini beberapa pekerjaan yang di sebutkan bisa menjadi jalan awal mula karir kamu nantinya.