Cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan Bahasa, baik verbal dan nonverbal adalah bidang kajian Ilmu Komunikasi. Pola komunikasi yang baik harus bersifat artikulatif dan persuasif. Jika kamu bisa menguasai itu semua, kamu bisa coba membangun karier di bidang ini. Saat ini pekerjaan dalam bidang komunikasi banyak di butuhkan di berbagai perusahaan.

Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi terdiri dari beragam bidang yang bisa digeluti oleh lulusan studi Komunikasi. Bidang-bidang itu antara lain dalam jurnalistik, hubungan masyarakat, penulis, Bahasa Asing, bisnis, hingga untuk pemasaran.

Mau tahu apa saja prospek yang terbuka bagi lulusan Ilmu Komunikasi? Berikut ini beberapa contohnya;

Penulis

Salah satu bentuk komunikasi yang paling efektif sepanjang masa adalah melalui tulisan. Kemampuan menulis adalah modal utama yang selalu dipergunakan oleh manusia dalam berinteraksi. Keahlian menulis, penguasaan tata Bahasa, dan kecermatan dalam menelaah teks bisa jadi senjata bagi para lulusan Ilmu Komunikasi dalam menggeluti pekerjaan ini. Teknologi yang semakin maju juga mendukung aktivitas menulis dengan ketersediaan media baik cetak maupun online.

Saat ini perkembangan dunia menulis berkembang cukup pesat, terlebih dalam media online. Banyak sekali lowongan pekerjaan dalam sebagai seorang menulis, seperti menjadi content writer, content editor, copy writer dan lainya. Pekerjaan sebagai penulis juga banyak di butuhkan di perusahaan startup untuk menulis konten internal maupun eksternal. Selain itu juga bisa menjadi influencer media social.

Hubungan Masyarakat

Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi selanjutnya adalah ahli, atau spesialis dalam bidang Hubungan Masyarakat. Profesi ini sering disebut dengan Public Relation (PR). Peran seorang PR yang utama adalah bertanggung jawab dalam men-desain brand image dari suatu instansi, bagaimana citra instansi dibentuk di tengah-tengah publik, dan bagaimana membangun relasi yang baik antara instansi dan masyarakat.

Analisis Riset Pasar

Melakukan penjualan produk bukan urusan sederhana. Jika mekanisme penjualan tidak efektif, maka besar kemungkinan produk yang dipasarkan tidak akan bertahan lama. Seorang analis riset pasar bertugas men-desain segala kelengkapan pengukuran efektivitas produk. Oleh karena itu, peran ini membutuhkan perencanaan yang matang dan kemampuan analisis yang juga tajam. Tak jarang, jika perusahaan memberikan kompensasi gaji besar untuk seorang analis riset pasar. Prospek kerja lulusan ilmu komunikasi dalam bidang analisis riset pasar cukup menjanjikan dan menarik minat yang cukup tingggi, berani coba?

Pembaca Berita

Salah satu profesi favorit bagi para lulusan Ilmu Komunikasi adalah menjadi seorang news anchor. Bila kamu memiliki kemampuan menyampaikan informasi dengan baik, sanggup memilah dan menyampaikan informasi yang relevan, kamu bisa mencoba prospek karier di media berita.

Nah Pintarian, ada banyak lagi lho prospek pekerjaan yang bisa digeluti di bidang Komunikasi. Beragam info profesi terkait bisa kamu cek dan pilih sesuai passion kamu guys..