Berkembangnya teknologi informasi dan big data yang mendorong Revolusi Industri 4.0 turut menciptakan berbagai potensi bisnis dan jenis pekerjaan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Kamu akan sangat terbantu dalam mengerjakan berbagai pekerjaan jika kamu bisa memahami tren teknologi dan dunia pengolahan data. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data, kamu dapat menentukan berbagai jalur dan cara untuk bisa mencapai target dengan hasil yang baik.

Karena alasan itulah, banyak perusahaan dan organisasi menginvestasikan dana yang besar untuk merekrut orang-orang terbaik yang bisa memformulasikan strategi bisnis yang lebih baik menggunakan data yang sudah dikumpulkan bertahun-tahun.

Dengan keterampilan analisis data, kamu bisa memiliki karier global di ‘jalur cepat’. Data Science adalah bidang keahlian yang fokus pada mengekstrak suatu data agar bisa disaring dan didapatkan insight atau informasi yang bisa digunakan untuk mengembangkan proses bisnis dan produk dengan jauh lebih baik.

Di Indonesia saja, pada Desember 2018 terdapat 209 lowongan pekerjaan di bidang data science. Hal ini menunjukkan permintaan yang tinggi dari berbagai perusahaan dan organisasi terhadap talenta yang berkecimpung di bidang data science. Sementara itu di berbagai negara maju, penghasilan rata-rata seorang data scientist bahkan melebihi engineers dan technicians dengan level pengalaman kerja yang sama.

Namun sayangnya, kebutuhan data scientist yang begitu tinggi ini belum bisa dipenuhi oleh lulusan perguruan tinggi maupun kalangan profesional. Misrab Faizullah-Khan, Vice President of Data Science Go-Jek, mengatakan bahwa startup digital di Indonesia makin membutuhkan talenta data scientist, namun masih sedikit talenta yang bisa memenuhi tuntutan pekerjaan di bidang ini.

Memahami kenyataan tersebut, salah satu mitra kampus Pintaria, Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung membuka program S1 Profesional Sistem Informasi Konsentrasi Data Science dengan metode blended learning.

Program Profesional Sistem Informasi yang berfokus pada Data Science ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang dibutuhkan dalam Era Industri 4.0 melalui proses pembelajaran yang memperdalam kemampuan analisis data dengan menggunakan teknologi dan sistem informasi, statistik, aplikasi probabilitas, pembelajaran mesin (machine learning), dan teknologi Big Data.

Program ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi inti:

  • Memiliki pengetahuan mengenai transformasi data menjadi informasi, insight dan knowledge menggunakan metode statistik, aplikasi probabilitas, dan machine learning
  • Memiliki kemampuan pemrograman data science untuk mendesain struktur data, melakukan pemodelan, menerapkan machine learning, dan memvisualisasikan hasilnya
  • Memiliki kemampuan mempersiapkan lingkungan Big Data untuk mengelola berbagai data tidak terstruktur dengan jumlah data besar, perubahan data cepat, dan tersebar.

Program Profesional S1 Sistem Informasi Konsentarasi Data Science ini sama dengan program sarjana yang lengkap. Mahasiswa perlu menyelesaikan kuliah 144 SKS dengan jumlah 44 Mata Kuliah selama minimal 7 semester. Jangan sampai terlewat kesempatan untuk memiliki karier global di jalur cepat lewat kuliah data science di kampus ITHB di kota Bandung. Informasi lebih lengkap dapat diakses di sini.