Kuliah jurusan musik, mungkin masih terdengar asing untuk kamu yang baru lulus sekolah. Dibandingkan dengan jurusan ekonomi, manajemen, atau Komunikasi. Hal ini terjadi akibat stigma atau anggapan terkait jurusan tersebut, yang berdampak pada karir seperti apa yang akan dimiliki oleh lulusan musik.

Lalu apakah kamu harus mengurungkan niat untuk menjalaninya. Padahal kamu begitu tertarik untuk mendalami kuliah tersebut. Pintarian, tidak perlu khawatir, karena bagi lulusan musik punya beragam karir yang potensial kok.

Bahkan dengan mendalaminya dengan lebih fokus, kamu bisa memahami dan mengerti karir apa yang bisa dijalani.Dan bisa memilih mana yang akan kamu pilih:

Manajemen Industri Musik

Kalau kamu senang dengan musik tapi hanya ingin berada di belakang layar, pekerjaan di bidang ini bisa dicoba. Kalau kamu bekerja dibidang ini, tugasmu adalah mengelola sebuah pertunjukan musik, distribusi musik, dan lain sebagainya. Di luar negeri, gaji seorang staf manajemen industri bisa mencapai US $45,000 dollar per tahun lho!

Musisi

Sebagian besar cita-cita para pecinta musik adalah menjadi musisi. Dengan masuk jurusan musik, kamu bisa semakin memperdalam ilmu musik itu sendiri. Nantinya, kamu bisa menjadi seorang penyanyi, pemain band, penulis lagu, dan lain sebagainya. Gaji yang ditawarkan untuk pekerja hiburan pun bisa dibilang fantastis. Bahkan, kamu berpeluang mendapatkan royalti dari penjualan album dan lain sebagainya.

Baca juga: Baru Lulus, Simak Cara Tepat Memilih Karir Sesuai Harapan Kamu

Aransemen Lagu

Berbeda dari belajar otodidak, masuk jurusan seni akan membuat ilmu yang kamu dapatkan semakin dalam. Seni musik sendiri bersifat universal sehingga kamu bisa menjadi apa saja yang diinginkan setelah lulus kuliah seni musik. tidak hanya menjadi penyanyi, kamu juga bisa memanfaatkan kemampuan bermusikmu untuk mengaransemen lagu. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini bisa mencapai 20 hingga 40 ribu dollar.

Accompanist

Jika bekerja dibidang ini, kamu bertanggung jawab terhadap semua pertunjukan pribadi dan kelompok ansambel. Tapi dibidang ini, kamu harus memiliki keahlian bernegosiasi. Semakin kamu lihai melakukan negosiasi dengan panitia acara, maka semakin besar bayaran yang akan kamu dapatkan. Jadi, kamu juga memiliki kesempatan memiliki gaji tinggi pada bidang ini.

Administrasi Seni

Peluang pekerjaan terakhir yang bisa dicoba oleh lulusan seni musik adalah administrasi seni. Seorang administrasi seni memiliki tugas yang sangat besar. Namun, hal itu sangat sesuai dengan gaji yang ditawarkan yaitu berkisar 30 hingga 50 ribu dollar.Tugas dari administrasi seni adalah bertanggung jawab pada penggalangan dana, melakukan kerja sama dengan panitia pertunjukan, dan masih banyak lagi.