Pertanyaan untuk Perusahaan Ketika Wawancara Kerja

Momen pencarian kerja akan semakin dekat dengan kenyataan, saat kamu mendapatkan panggilan wawancara dari perusahaan yang kamu lamar.  Karena dapat atau tidaknya pekerjaan tersebut, punya banyak peran dari proses wawancara yang dijalani.

Tentunya, pihak yang melakukan wawancara denganmu akan bertanya banyak hal yang untuk lebih meyakinkan mereka, apakah kamu layak untuk bergabung dan bekerja di perusahaan tersebut.

Akan tetapi, ada kesempatan dalam proses wawancara kerja. Dimana kamu mendapatkan bisa bertanya balik yang biasanya terjadi di akhir wawancara. Hanya saja, tidak sedikit  pelamar kerja yang melewatkan kesempatan ini, dan memilih untuk tidak bertanya.

Walau faktanya, kamu berhak untuk tahu apapun seputar perusahaan, bahkan bisa semakin memberikan respon positif kepadamu. Karena dengan mencari tahu perusahaan tersebut lebih jauh, kamu akan tahu lebih mengenai perusahaan sebelum bekerja di tempat itu dan mengerjakan tanggung jawabnya.

Mau tahu pertanyaan apa saja? Simak beberapa diantaranya.

Tanggung Jawab Pekerjaan

Agar tidak terlalu abu-abu dengan pekerjaan yang akan kamu dapatkan. Alangkah lebih baik, jika kamu tahu,tanggung jawab apa saja yang akan kamu lakukan. Dengan begitu kamu jadi lebih siap saat masuk kerja, dan bisa menjadi pertimbangan jika diterima kerja.

Jangan sampai nanti pada saat masuk kerja, ternyata tanggung jawab pekerjaan kamu diluar ekspektasi.

Kandidat Seperti Apa yang Dicari Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki kriteria calon karyawan yang cocok untuk mengisi posisi yang kamu lamar. Maka dari itu, kamu perlu tahu kebutuhan dari jenis karyawan seperti yang diinginkan perusahaan. Seperti harus siap dinas keluar kota, lembur, bekerja di akhir pekan, atau lebih kearah karakter dari calon karyawannya.

Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan masukan dan berkaca diri. Jika kesempatan bekerja datang, apakah siap dengan tantangannya?

Jalur Karir Posisi yang Kamu Lamar

Setiap kamu menjalani pekerjaan, selalu ada harapan untuk bisa meningkatkan karir dengan lebih baik, yang juga pastinya berjalan seiring dengan gaji yang kelak didapatkan.

Pertanyaan ini menjadi penting, karena kamu punya tujuan besar untuk berkembang kearah lebih baik.  Tapi, jika kamu memang mencari pengalaman untuk batu loncatan di tempat lain. Posisi yang tidak memiliki jenjang karir. Mungkin bisa kamu ambil dan lakukan untuk jangka pendek.

Baca juga: 5 Tekanan Dunia Kerja yang Bikin Mental Kuat

Budaya Perusahaan

Dengan beragam jenis perusahaan yang ada saat ini, tentu bertanya mengenai budaya kerja bisa kamu coba tanyakan. Hal ini berkaitan dengan seperti apa lingkungan kerja kamu nantinya. Apakah sangat resmi, teratur, dan kaku, atau lebih bebas dan fleksibel dengan melihat pada kualitas kerja yang diberikan?

Dengan tahu mengenai dunia kerja, maka kamu juga tahu lingkungan kerja seperti apa yang akan kamu hadapi. Jika budaya kerja tidak sesuai, bisa membuatmu tidak semangat atau antusias untuk menjalaninya.

Deskripsi Karyawan Sukses

Kamu jadi tahu apa yang perlu kamu lakukan untuk memberikan hasil pekerjaan yang berkualitas nantinya. Dan dari sisi perusahaan, akan merasa kamu memiliki kepedulian tinggi untuk bisa melakukan yang terbaik saat menjalani tanggung jawabnya.

Kapan Keputusannya akan Diberikan

Saat kamu sudah menjalani wawancara, proses menunggu menjadi hal yang tidak menyenangkan. Maka dari itu, penting untuk kamu cari tahu kapan keputusan dapat atau tidaknya kesempatan bekerja di perusahaan tersebut. Dan pastinya memberikan waktu yang lebih efektif untuk mencari pekerjaan lain, jika ternyata dalam batas waktu yang telah diberikan kamu belum mendapatkan kabar.

Pintarian, apabila kamu saat ini belum mendapatkan pekerjaan dan menjadi peserta kartu prakerja. Pintaria punya banyak pelatihan atau kursus menarik dan bermanfaat yang bisa sangat berguna saat melamar kerja.

Untuk cari tahu lebih lanjut, langsung lihat deretan kursusnya di www.Pintaria.com/kartuprakerja

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.