Wawancara kerja menjadi momen penting bagi kamu yang sudah siap masuk dunia kerja. Apalagi yang baru lulus kuliah konvensional atau yang menggunakan metode blended learning seperti yang ada di Pintaria.

Dengan kondisi seperti saat ini, proses wawancara kerja mengalami perubahan. Dimana biasanya dibutuhkan pertemuan langsung atau face to face, pandemi COVID-19 membuat beberapa perusahaan yang masih membuka lapangan pekerjaan untuk mengalihkan proses wawancara yakni dengan cara online.

Melalui cara ini, memang kamu sedikit lebih leluasa saat menjalani proses wawancara dibandingkan dengan menggunakan cara lama. Tapi bukan berarti kamu menjadi terlena, karena wawancara secara online juga memiliki kendala yang tidak boleh dianggap enteng, bahkan diantaranya bisa merusak potensi kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Pastikan Koneksi Internet Aman

Dengan proses wawancara yang mengandalkan jaringan internet. Pastikan koneksi yang kamu miliki memiliki kecepatan dan kestabilan koneksi yang baik.

Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa terlebih dahulu mencobanya dengan teman atau keluarga untuk memastikan interaksi berjalan lancar. Apabila dirasa kurang, kamu bisa mencari tempat lain yang memiliki koneksi yang lebih baik.

Jika kamu menggunakan internet berbasis kuota, alangkah lebih bagus jika kamu mengisi dalam jumlah yang besar. Sehingga kamu tidak perlu was-was koneksi akan terputus.

Dan pastikan pula, sebelum melakukan wawancara secara online. Kamu juga sudah menutup halaman situs lainnya di komputer kamu, karena situs yang masih terbuka dan aktif, dapat melambatkan koneksi internet.

Baterai Penuh

Proses wawancara secara online dengan menggunakan perangkat komunikasi seperti smartphone atau laptop. Kamu harus melakukan cek ulang baterai, apakah masih penuh atau tidak. Dan jangan pula menggunakan perangkat yang memiliki masalah teknis di dalamnya, seperti sering error atau terinfeksi virus, yang berpotensi mengganggu proses wawancara.

Cari Tempat yang  Aman dan Tenang

Persiapkan tempat wawancara yang dapat membuatmu merasa nyaman dan aman dari gangguan. Sehingga nantinya kamu bisa fokus saat mendapatkan pertanyaan dari pewawancara.

Selain itu, perhatikan pula latar belakang yang kamu gunakan. Agar terlihat lebih profesional, penggunaan latar belakang rak buku atau warna polos bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga:Perilaku Tak Baik yang Harus Dihindari di Dunia Kerja

Mengatur Cahaya yang Tepat

Pengaturan cahaya jangan sampai lupa Pintarian. Sebelum wawancara, cobalah untuk memastikan apakah wajah kamu terlihat jelas, tidak terlalu terang maupun gelap. Sehingga pewawancara bisa melihatmu dengan jelas.

Bila dirasakan kurang, kamu bisa memanfaatkan lampu tambahan, seperti lampu meja. Untuk menghasilkan gambar yang lebih baik.

Memakai Pakaian yang Formal

Walau online bukan berarti kamu bisa lebih santai, kamu tetap harus mengenakan pakaian, layaknya wawancara kerja. Tetap rapi dan bersih menggunakan pakaian yang formal, tambahkan aksesoris secukupnya bila perlu.

Usahakan Menghadap Kamera Bukan Monitor

Layaknya wawancara langsung, kamera pada smartphone maupun laptop seakan menjadi mata dari pewawancara. Sehingga usahakan dalam berinteraksi, kamu melihat lensa kamera bukan monitor.

Tunjukan Rasa Semangat dan Antusias Tinggi

Dengan keterbatasan dari online, kamu tetap harus memperhatikan gerak tubuh dan juga ekspresi wajah yang baik, seperti menunjukkan semangat dan antusias tinggi selama proses wawancara.

Kamu juga bisa sesekali menganggukan kepala sebagai tanda kamu mencoba memahami dan mendengarkan pertanyaan dari pewawancara.

Tampil dengan Wajah yang Segar dan Menarik

Dengan melakukan wawancara secara online, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mempersiapkan diri agar tampil lebih menarik. Untuk wanita, bisa terlebih dahulu berdandan secukupnya, dan pria bisa merapikan rambut.

Cuci muka bila perlu, jika wajah terlihat seperti orang bangun tidur. Agar kamu tampil lebih segar dan siap saat wawancara.