Pendaftaran Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2020 telah ditutup pada tanggal 20 Juni 2020. Dilansir dari kompas.com, bahwa dari data akhir lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2020 telah mencatat ada sekitar 702.927 siswa yang telah mencetak kartu.

Apakah kamu salah satunya? Bila iya, maka banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk siap menghadapi UTBK dan mendapatkan hasil terbaik saat menjalaninya. Mau tahu apa saja? Ini dia diantaranya

Melatih Diri dengan Try Out

Dengan mengikuti try out tidak hanya membuatmu lebih menguasai soal, tapi juga secara mental kamu akan terbiasa dengan jenis soal UTBK yang kelak akan kamu hadapi.

Tanpa melatih diri dengan matang, kamu berpotensi merasa gugup . Dan kehadiran try out dapat menjadi solusi, karena diciptakan agar memiliki kemiripan dengan ujian yang sesungguhnya. Sehingga di hari penentuan, kamu  bisa cepat beradaptasi.

Ketahui Kekurangan Diri Sendiri

Tidak perlu takut untuk menyadari kekurangan diri. Saat kamu berlatih mengerjakan soal-soal untuk persiapan UTBK. Kamu mungkin akan bertemu dengan jenis soal yang membuatmu kesulitan dalam memahaminya.

Dan menyadari lebih awal, kamu bisa dengan cepat mencari jawaban atau bahkan cara belajar yang lebih efektif. Termasuk dengan mengikuti les atau kursus tambahan, dari lembaga bimbingan belajar yang memang membuka kelas khusus untuk menghadapi UTBK SBMPTN.

Tentukan Program Studi Secepatnya

Pilihlah program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat kamu.  Dengan kamu sudah tahu apa yang kamu mau, maka akan memberikan kesiapan yang lebih baik. Termasuk dalam melihat persaingan dengan peserta lain yang juga mengikuti UTBK SBMPTN 2020.

Melihat Peluang Lolos Kamu dalam Peta Persaingan

Cobalah untuk melihat berapa kursi yang dibuka dan jumlah pendaftaran dari program studi yang menjadi tujuan kamu. Berapa nilai rata-rata, skor terendah, dan tertinggi yang dibutuhkan untuk bisa masuk program studi berdasarkan nilai SBMPTN 2020. Setelah itu, bandingkan dengan nilai try out yang pernah kamu lakukan.

Baca juga: Langsung Kerja atau Kuliah, Pertimbangkan Hal ini Dulu

Berlatih Soal HOTS

Selain melakukan pelatihan dengan try out, ada baiknya kamu juga berlatih soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) . karena nantinya pada saat mengerjakan soal UTBK SBMPTN 2020, kamu akan menggunakan soal HOTS atau soal dengan kemampuan analisis tinggi.

Melatih soal HOTS mendorong kamu untuk melakukan penalaran tingkat tinggi dalam memahami konsep ilmu, dan bukan hanya sekadar menghafal saja.

Dapatkan Informasi Lengkap Seputar UTBK dan SBMPTN 2020

Jangan samakan tahun lalu dan tahun ini.  Agar tidak salah informasi, kamu harus tetap mencari apa saja yang berkaitan UTBK dan SBMPTN 2020.

Pastikan kamu mendapatkan dan mengerti kebutuhannya seperti informasi dasar mengenai SBMPTN, UTBK, dan LTMPT. Lalu bagaimana dengan seleksinya, penilaian, dokumen yang dibutuhkan, dan lainnya.

Dengan kamu mengetahuinya secara lengkap, maka persiapan kamu kelak akan lebih matang saat menjalani UTBK SBMPTN 2020.