Internet menjadi salah satu bukti kemajuan teknologi yang kini sudah digunakan dan dimanfaatkan oleh banyak sekali orang dari berbagai kalangan. Tentunya penggunaan teknologi secara berjamaah ini terjadi karena semata-mata akan ada banyak sekali keuntungan ketika menggunakannya. Kebutuhan yang awalnya sukar sekali dipenuhi hanya dalam beberapa detik saja sekarang ini segala sesuatu bisa langsung digenapi. Tetapi tahukah kamu, jika internet tidak hanya memberikan dampak positif namun juga memberikan dampak negatif yang bisa membahayakan siapa saja? Nah, pada kesempatan kali ini secara langsung akan kami sampaikan mengenai dampak penggunaan internet salah satunya adalah web phishing attack.

 

Phishing Attack, Salah Satu Dampak Berbahaya Penyalahgunaan Internet

 

Serangan Phising menjadi salah satu teknik berbahaya sekaligus mematikan yang sering digunakan oleh para cracker sebagai pelaku kejahatan dunia maya untuk mengelabuhi korban yang sedang di sasar. Salah satu teknik pishing yang sering kali digunakan adalah dengan memanfaatkan akun media sosial paling terkenal yaitu Facebook. Maka dari itu, bagi Pintarian pengguna facebook harus berhati-hati dalam memasukkan data diri karena bisa saja cracker mengakses data diri Anda menggunakan teknik tersebut. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui apakah halaman tersebut merupakan halaman jebakan atau bukan? Simak sedikit penjelasan berikut ini.

 

Serangan cyber ini bisa menyerang siapa saja tanpa melihat kategori umur, jenis kelamin dan bahkan status sosial, maka dari itu Anda perlu untuk berhati-hati dan bijak dalam menggunakan sosial media. Salah satu cara mengelabuhi korban yang sering dilakukan oleh para cracker adalah dengan mengubah alamat site dari Facebook.com menjadi Faceboook.com. Bagi Anda yang tidak teliti dan tidak waspada tentu saja jebakan ini tidak akan disadari dan tidak akan terlihat. Cracker tentu saja sudah menyediakan data base yang digunakan untuk menyimpan alamat email dan password yang Anda masukkan untuk login Facebook. Baru setelah itu, Facebook Anda akan di hack dan berbagai jenis informasi penting akan diakses dan di acak-acak dengan sangat mudah. Anda sebagai korban tentu saja akan mendapatkan kerugian dengan bobot yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kejahatan yang dilakukan oleh cracker tersebut.

 

Informasi data pribadi Anda menjadi salah satu hal yang wajib mendapatkan proteksi dan perlindungan sehingga tidak akan pernah ada lagi pihak-pihak penjahat dunia maya yang akan mengganggu dan merugikan Anda. Untuk mengatasi permasalahan mengerikan yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini akan disampaikan tips menarik untuk bisa menghindari kejahatan dunia maya dengan cara yang super mudah. Nah, salah satu cara untuk bisa mengantisipasi berbagai jenis kejahatan adalah dengan memastikan adanya alamat bar berupa https:// berwarna hijau atau bisa juga dengan mengecek tanda secure berwarna hijau yang biasanya berada di awal alamat halaman site.

 

Tips yang sudah dijelaskan di atas tentu saja menjadi tips paling mudah yang harus Anda perhatikan sehingga Anda tidak akan log in ke website palsu yang secara sengaja dirancang oleh para penjahat dunia maya untuk menjebak Anda. Semua data yang Anda masukkan akan diakses dengan sangat mudah dan tentu saja jika Anda menyimpan dokumen penting di akun tersebut maka rahasia yang sudah Anda simpan dengan sangat baik akan dengan sangat mudah di acak-acak oleh para penjahat tersebut. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk berhati-hati. Agar lebih aman, lebih baik Anda tidak menyimpan berkas atau informasi penting di media sosial karena risikonya sangatlah besar.