Di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat, kini pemilik usaha melakukan pemasaran secara digital. Jadi, apa itu Digital Marketing? Bagaimana cara kerjanya, sih? Apa yang membuat Digital Marketing jadi anak emas dan menjadikannya metode yang berbeda dengan gaya pemasaran yang lama?

Ulasan lengkap yang membahas tentang apa itu Digital Marketing berikut ini, pastinya akan menjawab semua pertanyaan kamu, kamu juga bisa mengikuti Kursus Digital Marketing di pintaria jika ingin mempelajari lebih dalam tentang Digital Marketing.

Definisi Digital Marketing

Apa itu digital marketing, sehingga ia dianggap berbeda dengan jenis pemasaran lainnya? Sederhananya, poin utama yang membuat Digital Marketing menjadi berbeda adalah bentuknya berbasis digital. Pada dasarnya, Digital Marketing adalah semua bentuk-bentuk kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital, termasuk koneksi internet.

Bukan jenis pemasaran yang benar-benar baru, sebenarnya Digital Marketing sendiri sudah mulai berkembang sedari tahun 1990. Banyak brand besar yang perusahaannya memutuskan untuk beralih melakukan kiat-kiat pemasaran dengan memanfaatkan teknologi pada zaman itu. Hingga sekarang, kampanye serta promosi melalui cara-cara yang digital jadi hal wajib untuk dilakukan.

Kelebihan Digital Marketing

Hal-hal lainnya yang membedakan Digital Marketing dari jenis pemasaran lainnya juga terlihat dari kelebihan pada prosesnya. Pertama, Digital Marketing dalam praktiknya dirasa jauh lebih efisien dan memudahkan kegiatan pemasaran itu sendiri. Mulai dari alat yang digunakan, platform yang dikembangkan, semuanya memungkinkan interaksi dengan konsumen yang lebih luas secara jangkauan.

Kedua, secara budget pun pemasaran dengan Digital Marketing jauh lebih murah daripada pemasaran secara konvensional. Kamu akan membutuhkan lebih banyak biaya saat harus membuat booth promosi di salah satu Mall paling ramai di kotamu, dibanding memasang iklan berbayar di media sosial. Ditambah, jangkauan yang diperoleh bisa lebih besar daripada melakukan promosi dengan booth tadi.

Kelebihan terakhir sekaligus yang paling penting adalah basis data yang kamu miliki dari aktivitas Digital Marketing. Kamu dapat mengarsip data pembeli, konsumen, followers di media sosial, dan masih banyak lagi. Keuntungannya lainnya adalah data tersebut dapat diolah untuk mendapatkan insights menarik yang berguna untuk strategi pemasaran secara digital yang akan kamu lakukan berikutnya.

Baca juga:Mengapa SEO Begitu Penting di Dunia Marketing?

Jenis Digital Marketing

Perlu kamu ketahui bahwa Digital Marketing pun memiliki banyak jenis. Tidak melulu berkampanye di media sosial atau dikenal juga dengan Social Media Digital Marketing, beberapa platform digital dan komunikasi lainnya juga menjadi turunan dari Digital Marketing.

Termasuk SMS Marketing yang biasanya disediakan oleh provider sebagai instrumen beriklan. Kamu paling tidak pernah mendapat SMS promo yang dikirim oleh brand tertentu. Nah, itu termasuk SMS Marketing. Lalu, ada juga yang mirip dan berbentuk pesan seperti SMS, yakni E-mail Marketing. Terdengar kuno karena masih memakai email, namun jenis Digital Marketing yang satu ini terbukti masih efektif untuk segmentasi pasar tertentu.

Search Engine Marketing juga termasuk jenis Digital Marketing yang memanfaatkan metode SEO pada halaman website yang dikelola. Memudahkan mesin pencari untuk merujuk pada website Anda, sehingga peringkat naik dan pengunjung website pun semakin banyak. Konsep mencari traffic kunjungan yang intens juga dilakukan di jenis Digital Marketing lainnya yakni Content Marketing. 

Contoh Digital Marketing Campaign

Salah satu kampanye Digital Marketing yang dapat dikatakan sukses ini pernah dilakukan oleh salah satu brand cemilan ternama, Oreo. Dalam kampanye bertajuk Daily Twist Campaign, para pecinta biskuit lapis krim ini diajak untuk membuat ukiran pada biskuit.

Karya-karya itu nantinya akan dipakai oleh Oreo dalam iklan terbaru mereka. Oreo akhirnya bekerja sama dengan 360 pekerja kreatif dan karya-karyanya dipajang di sebuah kantor kaca di Times Square, New York agar di-vote oleh banyak orang.

Kampanye yang dimulai dari media sosial dan kemudian menyebar dengan cepat di internet ini diikuti oleh banyak sekali orang. Jadi, kampanye Digital Marketing yang sukses karena setiap orang melihat banyak orang berpartisipasi dan brand Oreo terus terpampang dimana-mana, di berbagai platform. Inilah kekuatan utama dari apa itu Digital Marketing.