Peralatan Membuat Kopi Untuk Membuka Bisnis Kafe

Peminat minuman berbasis kopi menunjukkan penambahan peminat di Indonesia belakangan ini. Kemunculan banyak warung kopi sederhana hingga kafe dengan sistem waralaba di berbagai daerah menunjukkan adanya potensi bisnis menjanjikan. Terlebih apabila racikan minuman serta biji kopi yang digunakan mampu menggaet penggemar sesuai sasaran.

Opsi untuk merintis bisnis kafe dengan skala kecil menengah juga tidak sulit untuk diwujudkan. Sebagai dasar, Anda bisa memiliki pengetahuan cukup tentang meracik minuman berbasis kopi melalui kelas bagi pemilik Kartu Pra Kerja. Selanjutnya, modal penting lain adalah memiliki alat pembuat kopi untuk memenuhi permintaan pelanggan Anda. 

Kebutuhan berupa perangkat pembuat kopi penting, karena dapat menentukan menu seperti apa yang bisa Anda tawarkan kepada pembeli. Lebih jauh, beragam variasi olahan minuman kopi dapat Anda tawarkan dengan ketersediaan alat lebih lengkap saat merintis usaha kafe tersebut. Berikut adalah sejumlah peralatan penting saat memutuskan untuk menjalankan bisnis kafe.

Mesin Espresso

Fungsi alat ini utamanya membuat racikan espresso sebagai basis olahan minuman yang dapat menjadi favorit pelanggan kafe. Seperti misalnya Cappuccino, Macchiato, Americano, hingga Latte dengan tambahan rasa, maupun paduan coklat dalam bentuk Mocha. Tak pelak mesin ini diibaratkan sebagai senjata utama dalam menggaet pembeli kafe.

Biasanya penggunaan mesin ini memerlukan pegawai sebagai barista, untuk menyajikan menu-menu andalan seperti disebutkan di atas. Tetapi, Anda bisa langsung mengoperasikannya jika sudah merasa percaya diri dalam mengoperasikan alat pembuat kopi ini. Rentang harga mesin espresso beragam tergantung pada ukuran, merek, serta kondisinya dengan kisaran mulai Rp5 juta.

Baca juga:Kenal Lebih Dekat Peran dan Tanggung Jawab Barista

Alat Penggiling Biji Kopi (Grinder)

Penyajian menu kopi berbasis espresso membutuhkan bubuk hasil giling dengan tekstur halus, untuk diseduh pada bagian bernama portafilter. Sehingga, penting untuk memiliki penggiling biji berkualitas agar menghasilkan kopi bercita rasa kuat saat diekstraksi menggunakan mesin espresso di kafe Anda. Konsistensi hasil gilingan secara tidak langsung berpengaruh pada sajian kepada pelanggan.

Terdapat teknologi otomatis maupun manual dalam memilih alat penggiling kopi untuk digunakan saat mulai merintis kopi. Lebih baik lagi, jika gilingan biji kopi ini dapat menghasilkan bubuk dengan tekstur beragam. Misalnya keluaran olahan alat pembuat kopi ini dengan tekstur lebih kasar, dapat menjadi menu minuman dengan teknik menyeduh secara manual.

Lemari Pendingin

Adanya lemari pendingin dalam kafe Anda, memiliki fungsi sebagai penyimpan bahan baku pembuat menu minuman utama selain kopi. Biasanya susu cair dalam kemasan, campuran coklat, jus buah, hingga produk lain diletakkan dalam fasilitas tersebut. Bahkan jika anda memiliki kesempatan membuat olahan kopi berupa cold brew lemari pendingin bisa jadi faktor penting.

Bahan baku penting dalam pembuatan menu di kafe Anda juga bisa datang dari lemari pendingin ini yakni batu es. Pemakaian batu es ini bisa mendukung hasil pengolahan alat pembuat kopi lain. Yakni, untuk menyajikan menu berupa minuman dingin kepada pembeli potensial di kafe tersebut. Begitu juga saat meracik salah satu racikan es kopi susu yang sedang naik daun.

Perangkat Penyaringan Air

Komponen utama saat menyeduh kopi untuk menjadi minuman lezat bagi pembeli, tentu adalah air. Biasanya pasokan air siap minum akan melalui saluran pipa untuk dipanaskan dalam mesin espresso, sebelum digunakan menyeduh kopi sesuai permintaan pelanggan. Penyaringan berguna untuk menyingkirkan kotoran dan partikel lain agar tidak merusak proses pembuatan kopi.

Pendapat dari penikmat serta pakar dalam bidang peracikan kopi menyebut kualitas air berdampak langsung pada hasil seduhan dari alat pembuat kopi oleh seorang barista. Sehingga, kini terdapat pemakaian air dengan penyulingan berteknologi Reverse Osmosis demi menyuguhkan pelanggan seduhan terbaik.

Serangkaian komponen pelengkap juga digunakan untuk membantu mengoperasikan alat pembuat kopi bagi usaha Kafe milik Anda. Misalkan pemakaian timbangan, tampers, frothing pitcher, hingga wadah penampung sisa bubuk kopi usai diseduh dalam porta.

Kepemilikan alat pembuat kopi seperti di atas sekali lagi bisa berpengaruh bagi berjalannya bisnis kafe Anda. Terlebih jika berkesempatan mengambil program pelatihan usaha kafe bagi pemilik Kartu Pra Kerja, anda bisa belajar menghitung langsung harga jual menu minuman anda. Salah satunya dengan mempertimbangkan modal berupa kelengkapan alat pembuat kopi tersebut.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.