Penyebab Pekerjaan Sulit Selesai Meski Sibuk

Tugas yang menumpuk seharusnya bisa diselesaikan dengan mudah kalau caranya benar, jadi tidak ada istilah pekerjaan sulit tuntas. Tapi mengapa masih ada karyawan mengeluh bahwa mereka tidak sanggup melakukannya?

Katakanlah kamu telah menghabiskan waktu seharian berkutat di meja kantor. Betapa banyaknya tugas, kamu tak menghiraukannya dan berusaha sebisa mungkin selesai tepat waktu. Sayangnya, semua itu sia-sia belaka dan pekerjaan sulit tuntas. Kamu pun bertanya-tanya, apa sebabnya.

Setidaknya terdapat sejumlah alasan yang melandasi hal semacam ini. Alangkah baiknya Pintarian  mulai mengingat-ingat metode seperti apa yang kamu gunakan dan berpegang teguh pada tekad supaya tugas dari atasan tak lagi terbengkalai. Simak ulasan berikut.

Tidak Menetapkan Prioritas

Penyebab utama pekerjaan sulit tuntas adalah kamu tidak menetapkan prioritas. Jangan sampai kamu bingung mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Bila itu terjadi, maka akan berpengaruh terhadap waktu. Padahal, tugas baru sudah menanti di depan mata.

Mengawali dari Tugas yang Sulit

Kalau kamu mengawali dari tugas yang sulit, maka waktu kamu terbuang begitu lama dan tugas lain tidak akan sempat kamu handle. Sekarang, coba mulai segala sesuatu dari yang termudah. Kualitas memang penting, tapi kamu butuh kuantitas. Toh ketika satu tugas mudah selesai, beban pekerjaan kamu juga lebih ringan, kan?

Tugas Belum Benar dan Harus Diperbaiki

Tugas yang belum benar hasilnya bisa menyita waktu lebih bagi Anda. Pasalnya, kamu harus mencari letak kesalahannya dan memperbaiki tugas tersebut. Solusinya mudah, fokus pada satu pekerjaan tanpa memikirkan pekerjaan lain.

Baca juga: Tips Mengawali Langkah Jadi Pengusaha dari Nol

Terganggu Suasana di Kantor

Tidak menutup kemungkinan alasan mengapa pekerjaan sulit tuntas lantaran kamu terganggu dengan suasana di kantor. Entah itu terlalu ramai atau terlalu sepi, sebaiknya kamu membuat diri sendiri menjadi nyaman. Bila perlu putar lagu untuk sedikit relaksasi.

Pikiran Bercabang

Yang mengendalikan segala sesuatu adalah pikiran. Kalau pikiran kacau, maka pekerjaan semudah apa pun mustahil kamu selesaikan. Jangan sampai terganggu oleh masalah pribadi Anda. Lampiaskan kekacauan kamu saat tiba di rumah, bukan di kantor.

Tidak Menetapkan Batasan Waktu

Anggaplah kamu biasa menyelesaikan satu pekerjaan dalam waktu satu jam. Maka, usahakan kamu tetap disiplin dan tidak mengulur-ulur pekerjaan. Memang betul, terlambat sedikit bukan masalah. Namun apa jadinya kalau hal itu menjadi kebiasaan? Berapa banyak waktu yang terbuang?

Maka dari itu, diantara beberapa penyebab pekerjaan kamu sulit tuntas. Apakah kamu pernah mengalami salah satunya? Atau mungkin semuanya?

Kondisi yang dialami memang tidak hanya berdampak pada keterlambatan pekerjaan yang harusnya bisa diselesaikan lebih cepat. Tapi juga secara kualitas terkadang memiliki hasil yang tidak memuaskan.

Dengan mengetahui apa saja penyebabnya, kamu bisa mengambil langkah perbaikan atau solusi agar kondisi tersebut. Tidak berjalan terlalu lama, hingga berdampak buruk pada reputasi kamu kelak.

Mulailah selangkah demi selangkah, dengan disiplin kuat hingga menjadikannya sebuah kebiasan baru yang dijalani tanpa beban. Dan nantinya seiring waktu, permasalahan pekerjaan yang sulit selesai di situasi sibuk bisa lebih dikendalikan dan dipahami agar bisa selesai sesuai rencana kamu.

Sedangkan untuk kamu yang kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19. Kamu bisa memanfaatkan waktu untuk bergabung di program kartu prakerja dari pemerintah yang memberikan manfaat insentif dan kesempatan untuk mendapatkan pelatihan dari mitra resmi pemerintah, salah satunya Pintaria.

Mau tahu lebih lanjut? Kamu bisa langsung klik disini.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.