Sering kali kita merasa sulit memahami materi studi. Mengapa begitu? Ada beberapa faktor dalam diri yang mempengaruhi gagal paham yang sering dialami. Lalu apa saja faktor penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Pikiran Tidak Fokus

Mata tertuju ke buku teks, sementara pikiran kamu sibuk membayangkan hal lain, seperti rencana main bersama teman-teman. Secara fisik hadir namun pikiran terbang ke mana-mana. Antara fisik dan pikiran tidak sejalan sehingga kita sulit berkonsentrasi dan mencerna materi yang sedang dipelajari.

Solusi: Supaya fokus terjaga, lakukan persiapan sebelum belajar supaya seluruh perhatian akan terpusat ke materi yang akan dipelajari. Ambil waktu khusus dan minimalkan potensi gangguan. Baca juga artikel Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Studi.

Brain Fog

Dalam kondisi lelah otak akan sulit diajak berpikir. Seperti ditulis Pscyhology Today, istilahnya ‘brain fog’ atau otak terselimuti kabut. Bisa jadi karena terlalu lama belajar atau sedang banyak pikiran. Atau begitu banyak persoalan harus diselesaikan dalam waktu berdekatan sehingga otak bekerja begitu keras dan kelelahan. Saat lelah, otak jadi sulit mencerna informasi.

Solusi: Tak ada obat penawar lelah yang lebih ampuh dari beristirahat. Seperti halnya fisik, otak yang penat butuh disegarkan kembali. Dalam kondisi seperti ini jangan paksakan diri untuk belajar. Mungkin kamu perlu tidur sebentar agar kembali segar dan siap belajar. Baca juga artikel Manfaat Piknik Untuk Kesehatan.

Marah

Saat marah menguasai diri kita sulit menerima informasi yang masuk, bahkan cenderung bereaksi negatif. Kita juga menjadi sulit bersikap objektif dan berpikir jernih. Termasuk bila kita tidak menyukai si pemberi materi. Misal kamu kesal dengan dosen atau teman diskusi kelompok. Kekesalan pada seseorang bisa membuat apa yang ia sampaikan, sehati-hati apapun disampaikannya, membuat kita sulit memahaminya.

Solusi: Jangan paksakan diri belajar di saat marah atau kesal. Tenangkan dulu pikiran hingga kemarahan atau kekesalan berkurang. Carilah hiburan untuk meredakan kekesalan. Bila kamu sudah bisa berdamai dengan keadaan, kamu bisa belajar dengan tenang dan akan cepat paham.

Tidak Paham Tujuan

Salah satu penyebab kita sering gagal menguasai materi adalah karena tidak memahami tujuan pembelajaran. Mengapa tujuan penting? Karena itulah yang akan memandu kita agar fokus dan sampai pada target yang harus dicapai. Seperti ketika sedang bepergian. Bila kita punya tujuan jelas, kita tidak akan berputar-putar dan cepat sampai.

Solusi: Setiap kali belajar, cari tahu apa yang menjadi target pencapaian materi. Dalam modul biasanya terdapat keterangan yang menjelaskan kemampuan apa yang dikuasai setelah menyelesaikan suatu materi. Rajin-rajinlah mencari referensi. Jangan hanya berpatokan pada satu referensi. Bisa saja konsep yang dijelaskan secara sulit di dalam buku teks dibahas lebih sederhana di salah satu akun Youtube. Prinsipnya seperti bepergian tadi. Kalau kamu tidak tahu persis alamat yang dituju, kamu bisa gunakan Googlemaps atau Waze untuk memandu.