Pentingnya Memahami Fungsi dan Rumus Excel SUM

Untuk menyelesaikan hitungan sederhana sehari-hari, kamu mungkin hanya butuh kalkulator atau alat penghitung lainnya. Tapi kalau yang dilakukan adalah perhitungan dengan melibatkan banyak data dan angka, kamu butuh Microsoft Excel karena di dalamnya terdapat banyak fungsi rumus otomatis yang memudahkan perhitungan. Salah satu fungsi yang sederhana adalah rumus Excel SUM untuk mencari total keseluruhan dari data yang dijumlahkan. Bagi yang masih awam, begini penjelasan lengkap tentang fungsi dan cara menggunakan rumus SUM pada Excel.

Fungsi rumus SUM

Rumus Excel SUM adalah rumus sederhana namun memiliki banyak manfaat. Dengan rumus ini, kamu tidak perlu lagi kalkulator untuk menghitung data yang ada di dalam Microsoft Excel karena rumus ini secara otomatis akan menjumlahkan data yang kamu pilih. Tinggal masukkan fungsi rumusnya dan pilih rentang (grup sel) yang akan dijumlahkah.

SUM dipakai ketika kamu ingin menjumlahkan beberapa angka dalam grup sel. Fungsi ini digunakan untuk melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang telah kamu tentukan sebagai variabelnya. SUM pada Excel memungkinkanmu menjumlahkan banyak data secara lebih cepat, dengan risiko keliru yang cenderung minim.

Rumus Excel SUM

Untuk mengaplikasi rumus Excel SUM, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Tentukan kolom angka atau kata yang ingin dicari penjumlahannya.
  2. Pilihlah sel atau kotak tempat hasil penjumlahan akan diisikan.
  3. Masukkan rumus Excel SUM, yaitu =SUM.
  4. Setelahnya, ketikkan referensi sel pertama, titik dua, lalu referensi sel terakhir. Contohnya =SUM(A2:A4)
  5. Kalau sudah benar referensi sel yang akan dihitung jumlahnya, tekan Enter di keyboard. Secara otomatis, Excel akan menjumlahkan angka yang ada di sel A2 sampai A4.

Menggunakan AutoSum

Di samping menggunakan cara manual untuk menambahkan fungsi SUM pada Excel, kamu juga dapat memanfaatkan fitur AutoSum untuk mendapatkan hasil penjumlahan secara lebih cepat. AutoSum dipakai untuk menjumlahkan sebuah kolom atau baris angka lengkap yang berurutan. Caranya seperti berikut ini:

  1. Klik ke dalam sel pada akhir daftar deret angka yang akan dijumlahkan (bisa di bagian bawah atau samping nomor yang diberikan).
  2. Kalau kamu menggunakan Windows, tekan tombol Alt dan = pada keyboard secara bersamaan. Sementara kalau kamu menggunakan Mac, tekan tombol Command, Shift, dan T pada waktu yang bersamaan.
  3. Setelah itu, sorot sel-sel yang akan dijumlahkan, runtut dari yang paling awal hingga akhir. Kalau angka-angka yang akan dijumlahkan belum dalam urutan yang runtut dari atas ke bawah, kamu bisa mengubah formatnya menjadi deret ke bawah sebelum dijumlahkan.
  4. Pastikan kamu telah memilih sel yang benar agar hasil penjumlahannya tepat.
  5. Tekan tombol Enter di keyboard untuk melihat hasilnya.

Baca juga: Tertarik Bekerja di Bidang Digital Marketing? Pelajari Dulu Cara Kerjanya

Menyalin fungsi SUM ke kolom lain

Kalau kamu punya beberapa kolom sekaligus yang ingin dijumlahkan, di mana kolom-kolom tersebut letaknya bersisian, kamu bisa langsung menyalin fungsi SUM secara otomatis tanpa harus mengetikkan kembali rumusnya. Begini panduannya:

  1. Tempatkan kursor mouse ke kanan bawah sel yang baru saja selesai dijumlahkan. Kursor akan berubah menjadi tanda plus hitam tebal (+).
  2. Klik kiri dan tahan kursor mouse sambil mengarahkannya ke sel tempat hasil penjumlahan kolom-kolom samping dituliskan.
  3. Pindahkan kursor mouse ke sel terakhir dan lepaskan klik kiri. Excel secara otomatis akan menghitung hasil penjumlahan.

Begitulah panduan singkat cara mengaplikasikan rumus Excel SUM untuk menghitung penjumlahan yang melibatkan banyak data dan angka. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut fungsi rumus ini melalui video kelas online Microsoft Excel untuk UMKM yang ada di Pintaria. Akses video pembelajaran dengan menggunakan Kartu PraKerja kamu!

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.