Pengalaman Pertama Masuk Kuliah, Hindari 7 Hal Ini

Apakah kamu memiliki rencana untuk melanjutkan kuliah setelah lulus sekolah? Kalau iya, kamu harus mempersiapkan diri untuk memulai status baru sebagai seorang mahasiswa. Tentunya, kehidupan perkuliahan akan sangat berbeda dengan kehidupanmu saat di bangku sekolah. Jadi, kamu harus mempersiapkan diri sejak awal agar kuliahmu bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Jangan sampai kamu di cap sebagai mahasiswa abadi. Nah, agar hal ini enggak terjadi, ada 7 hal yang perlu kamu hindari di semester pertama. Yuk langsung simak apa saja hal-hal yang perlu kamu hindari berikut ini!

Miliki Rasa Tanggung Jawab

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah, hal pertama yang harus kamu miliki adalah rasa tanggung jawab. Jangan sampai kamu merasa bahwa kuliah itu mudah. Karena, pemikiran ini akan menjerumuskanmu untuk bersikap malas-malasan. Akhirnya, kuliahmu akan terbengkalai dan enggak selesai tepat waktu. Jadi, milikilah rasa tanggung jawab sejak awal ya! Ingatlah bahwa kamu harus lulus tepat waktu dengan nilai yang baik.

Mengabaikan Masalah

Selama kamu berkuliah, kamu bisa mengalami bermacam-macam masalah. Entah itu tentang pertemanan, percintaan, bahkan masalah tentang studimu. Meskipun sulit, jangan sampai kamu mengabaikan masalah tersebut. Sebab jika kamu menumpuk masalah, hal ini bisa saja mengganggu konsentrasimu pada perkuliahan. Hasilnya, kuliahmu justru bisa saja jadi terbengkalai. Jika merasa butuh bantuan, cobalah untuk menceritakan masalahmu pada orang-orang terdekat. Mereka mungkin saja bisa membantumu mencari solusi yang terbaik.

Seimbangkan Antara Akademik dan Sosial

Walaupun kamu ingin lulus tepat waktu dengan nilai yang baik, bukan berarti kamu hanya fokus ke bidang akademik saja. Hal ini memang bagus sih. Tapi, jangan sampai kamu jadi kurang bersosialisasi ya, Pintarian. Di awal perkuliahan ini, cobalah untuk berkenalan dengan teman baru, mencoba hal baru, serta mengembangkan kemampuan yang kamu miliki.

Baca juga: 6 Tips Sebelum Daftar Kuliah Full Online Learning

Jangan Malu Bertanya

Sebagai seorang mahasiswa baru, pastinya kamu belum banyak mengetahui seluk beluk tentang kampusmu, kan? Nah, oleh karena itu, jangan malu untuk bertanya tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui. Kamu bisa bertanya mengenai seluk beluk kampusmu dengan senior maupun dosen pembimbing. Selain bisa menambah pengetahuan mengenai kampusmu, kamu juga bisa membangun koneksi dengan senior.

Jangan Salah Memilih Teman

Ketika kamu berkenalan dengan teman-teman baru, jangan sampai kamu salah memilih teman. Walaupun mereka terlihat baik, tapi kamu juga perlu berhati-hati. Kalau sampai kamu salah memilih teman, hal ini juga akan berpengaruh terhadap perkuliahanmu. Jadi, jangan sampai kamu memilih teman yang justru bisa menjerumuskanmu.

Hindari Sikap Boros

Enggak banyak orang yang mampu mengatur keuangannya dengan baik. Tapi, saat baru masuk kuliah, kamu harus bisa belajar mengatur keuanganmu. Apalagi jika kamu adalah anak rantau. Jangan sampai karena sering jalan-jalan dengan teman, kamu justru membelanjakan uangmu untuk barang-barang yang enggak perlu. Jadi agar lebih teratur, tetapkanlah bujet keuanganmu dalam seminggu.

Jauhkan Perasaan Malas

 

Nah, ini adalah poin yang tidak kalah penting untuk diterapkan. Sebab, perasaan malas tentu selalu menghampiri. Misalnya saja, kamu malas menghadiri kelas hanya karena kamu enggak menyukai pelajarannya. Tapi, jangan sampai kamu terbuai oleh rasa malas tersebut ya, Pintarian. Apalagi sampai sering membolos karena malas. Pastikan kamu sudah menetapkan target agar hal ini bisa menjadi acuan untuk bisa lulus tepat waktu.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.