Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Walaupun sudah menerima penghasilan tetap bulanan dari perusahaan tempat kamu bekerja, tidak ada salahnya untuk menjalani usaha sampingan. Lumayan, kan, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan. Pemasukan jadi bertambah dan kamu pun jadi bisa lebih cepat mencapai tujuan finansial. Terlebih, sekarang ada begitu banyak pilihan usaha sampingan karyawan yang bisa coba kamu tekuni. Berikut beberapa di antaranya!

Jual makanan untuk sarapan

Sepertinya ada cukup banyak karyawan yang tidak sempat sarapan karena terburu-buru berangkat ke kantor. Bahkan mungkin teman-teman di kantor kamu sendiri juga mengalaminya. Nah, ini bisa menjadi salah satu peluang usaha sampingan karyawan yang cukup menjanjikan, apalagi kalau kamu memang jago memasak. Tidak perlu menjual menu sarapan yang ribet, kamu bisa memasak roti bakar, nasi goreng, atau kentang rebus dengan topping keju.

Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa lho menjual aneka jajanan pasar sebagai menu sarapan. Tentu sebelumnya kamu perlu belanja atau kulakan jajanan pasar di tempat yang murah, lalu menjualnya kembali kepada teman-teman sekantor dengan mengambil untung.

Bangun warkop sederhana

Coba perhatikan, saat melintasi berbagai warung kopi (warkop) di pinggir jalanan, kondisinya pasti hampir selalu ramai. Mulai dari karyawan, mahasiswa, anak sekolah, sampai driver ojek online, suka menghabiskan waktu di warkop untuk sekadar beristirahat dan melepas penat sambil minum kopi. Membangun warkop merupakan salah satu cara terbaik bagi karyawan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Modalnya cukup sederhana, tapi keuntungannya relatif tinggi. Misalnya, modal segelas kopi adalah Rp2.500, kamu bisa menjualnya seharga Rp5.000.

Agar semakin laris, tawarkan juga menu makanan dan minuman lain seperti es teh, es sirup, aneka gorengan, hingga mi instan. Di samping itu, pastikan juga warkop sederhana kamu berada di area yang cukup strategis agar mengundang pengunjung. Contohnya bisa di kawasan industri atau seputar kampus.

Tawarkan jasa freelance sesuai skill

Kamu punya skill khusus yang dibanggakan? Jadikan saja sebagai usaha sampingan karyawan. Kamu bisa mencari project-project di luar kantor sebagai seorang freelancer. Buat yang jago menulis, tidak ada salahnya menggarap artikel-artikel pesanan brand. Kamu yang ahli mendesain bisa menawarkan jasa desain grafis. Atau mungkin kamu jago fotografi? Bisa juga, lho, menawarkan jasa foto pre-wedding, pernikahan, foto produk, atau event lainnya.

Terlebih, saat ini sudah ada situs-situs khusus freelance yang mempertemukan freelancer dengan perusahaan atau brand yang membutuhkan jasa kamu. Kamu bisa mengajukan permintaan untuk join project atau justru perusahaan yang akan menghubungi kamu duluan untuk mengerjakan suatu project sesuai skill kamu. Menarik, kan?

Baca juga: Peluang Usaha Kuliner di Era New Normal

Jual pakaian murah

Usaha sampingan satu ini cocok untuk kamu yang hobi belanja maupun punya passion di bidang fashion. Walaupun begitu, hobi dan passion saja belum cukup. Kamu juga perlu mencari pusat grosir termurah untuk mendapatkan produk pakaian dengan harga rendah. Dengan begitu, kamu pun masih bisa menjual dengan harga terjangkau sambil tetap mendapat keuntungan.

Lalu, pakaian seperti apa yang harus kamu jual? Jawabannya kembali lagi pada target konsumen kamu. Kalau target konsumen kamu adalah teman-teman kantor sendiri, misalnya, kamu bisa menjual aneka outfit kerja. Tapi kalau target konsumen kamu adalah ibu-ibu, pakaian seperti gamis atau blouse bisa menjadi pilihan oke. Jangan lupa manfaatkan media sosial untuk mempromosikan dagangan kamu, ya!

Mengingat kebutuhan hidup yang terus bertambah, mencari penghasilan tambahan di luar gaji bulanan merupakan solusi yang oke. Nah, berbagai jenis usaha sampingan karyawan di atas bisa kamu pertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau butuh inspirasi tambahan untuk membangun usaha sampingan, langsung cek Pintaria, ya. Good luck!

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.