Memilih jurusan kuliah harus kamu pertimbangkan dengan matang, karena bukan saja persoalan biaya, tapi juga tujuan dan visi kamu kedepannya dalam karier dan mimpi menjadi pribadi yang lebih sukses.

Karena tidak sedikit dari kamu yang akhirnya berada di situasi tidak menyenangkan. Dimana pilihan yang dijalani berdasarkan alasan yang tidak kuat, seperti paksaan orang tua atau mengikuti teman dekat kamu dari sekolah, dengan harapan bisa meraih keberhasilan dengan kuliah di jurusan. Tapi pada faktanya, bisa jadi kamu tertinggal dan sulit untuk mengikuti perkuliahan, karena bukan dari hati dan minat kamu.

Dan salah satu jurusan yang kini begitu banyak peminatnya adalah Sistem Informasi. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi informasi di Indonesia. Dengan begitu, besar kemungkinan nantinya akan banyak kesempatan atau lowongan yang dibuka untuk para lulusan Sistem Informasi (SI), yang datang dari perusahaan besar dan start up.

Saat ini sudah cukup banyak jenis pekerjaan yang cocok untuk sarjana lulusan SI yang tersedia di Indonesia, sebut saja seperti application developer, data analyst, computer engineering, software engineer, graphic designer, network security, web developer, dan masih banyak lainnya.

Nah, jika kamu tertarik dan penasaran. Apa saja yah yang akan dipelajari saat menjadi mahasiswa jurusan SI? Pintarian punya beberapa penjelasannya yang dilansir dari cermati.com.

Matematika dan Statistika

 Dua hal tersebut akan menjadi makanan kamu saat menjalani perkuliahan SI, karena memang keduanya cukup umum menjadi mata kuliah dan pelajaran . Apalagi untuk jurusan erat kaitannya dengan teknik.

Nantinya kamu akan banyak mengulik angka, bahkan semenjak semester awal untuk matematika dan statistika menjadi pelajaran wajib yang harus kamu pahami. Tentu akan sangat menyenangkan dan seru, apabila memang kamu menyukai dan sejak awal memahami keduanya.

Tapi jika belum, jangan putus asa Pintarian. Dengan kerja keras dan semangat, Pintaria yakin kamu bisa menjalaninya.

Baca juga:7 Kelebihan Menjalani Pekerjaan yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Belajar Ekonomi

Kok belajar Ekonomi? Walau terkesan jauh dari apa yang harusnya kamu pelajari sebagai mahasiswa jurusan SI. Tapi belajar Ekonomi menjadi hal yang tidak kalah penting dan pendukung yang baik, seperti manajemen dan akuntansi.

Selain itu, kamu nantinya akan mendalami peraturan, serta undang-undang yang diterbitkan pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan jurusan SI itu sendiri.

Pemrograman

Nah, hal yang menjadi keunggulan dan juga erat sekali dengan jurusan SI adalah mengenai pemrograman. Setidaknya nantinya kamu akan diharuskan membiasakan diri dengan kemampuan dasarnya terlebih dahulu. Seperti algoritma, matematika, bahasa pemrograman, dan lainnya.

Nantinya kamu akan semakin terlatih logikanya, saat ditantang untuk bisa memecahkan masalah.  Dengan kata lain, melalui mata kuliah pemrograman tersebut, dibutuhkan kreativitas, kemampuan berhitung, dan logika secara bersamaan.

Analisis

Ada momen dimana kamu akan bertemu dengan berbagai macam kasus dan masalah pada komputer. Saat berada di kondisi tersebut, maka kamu akan menganalisa dan mencari sumber permasalahannya. Hal serupa akan kamu hadapi saat belajar di perkuliahan jurusan SI.

Kamu akan membangun sistem, memulai dari awal, dan membuatnya hingga nantinya bisa berjalan dengan baik. Dan untuk melakukan semuanya, kamu perlu melakukan analisa yang berkaitan dengan peralatan, biaya, dan cara mengatasinya sebaik mungkin.

Sistem dan Data

Jelas, saat kamu memilih jurusan Sistem Informasi. Kamu akan bertemu dengan data, karena sebuah sistem akan berjalan dengan data, proses, dan output yang saling berhubungan. Dan hal tersebut akan menjadi pelajaran penting, dan akan sangat membantu jika kamu sudah memahami sistem dan data sejak awal. Dimana kelak kamu akan banyak mengolah data lalu memprosesnya, sehingga  menghasilkan output yang dibutuhkan akan dihasilkan dari proses tersebut.

Bagaimana Pintarian, tertarik untuk mengambil jurusan Sistem Informasi?

Melalui penjelasan diatas, diharapkan kamu bisa mendapatkan gambaran terkait hal yang kamu hadapi nantinya. Nah, jika kamu yakin jurusan tapi bingung pilih kampusnya.  Kamu bisa mencarinya di Pintaria, yang memiliki beragam mitra kampus bergengsi dan berkualitas, dan pastinya memiliki banyak jurusan, termasuk salah satunya Sistem Informasi.

Dengan menggunakan metode blended learning yang fleksibel. Kamu bisa menjalani kuliah cara modern nantinya.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa langsung mengunjungi www.pintaria.com/kuliah-online