Masa-masa kuliah memang waktu yang tepat untuk mencari banyak pengalaman. Mulai dari unit kegiatan mahasiswa, organisasi, maupun pekerjaan sampingan. Selain kamu bisa mendapat pengalaman kerja, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan untuk menambah uang jajan bulananmu.

Apalagi kalau kamu saat ini sedang menjalani kuliah blended learning, maka kamu punya banyak waktu untuk mencari pekerjaan sampingan. Nah, buat kamu yang sedang mencari pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa, yuk simak 5 rekomendasi berikut ini!

Web Developer

Pekerjaan yang satu ini bisa dibilang sedang hits lho, Pintarian! Perusahaan startup rata-rata membuka lowongan kerja bagi web developer yang masih berstatus mahasiswa. Jadi, pekerjaan ini bisa dicoba jika kamu sedang mencari pekerjaan sampingan. Kamu bisa mengerjakan proyek saat libur semester atau di sela-sela waktu senggang. Bayaran yang bisa kamu dapatkan rata-rata Rp1 juta hingga Rp3 juta tergantung dari skala proyek yang kamu kerjakan.

Admin Media Sosial

Di zaman sekarang ini, sangat jarang orang yang tidak main media sosial. Kebanyakan orang pasti membuka media sosialnya saat waktu senggang entah untuk memposting atau sekedar melihat-lihat. Nah, kalau kamu hobi membuka media sosial, kamu bisa berpeluang mendapatkan uang jajan tambahan dengan menjadi admin media sosial. Kamu bisa mengelola akun media sosial milik perusahaan startup, UKM/MKM, atau online shop. Gaji admin media sosial full time rata-rata mulai Rp2,5 juta. Jadi, kamu bisa mendapat kisaran bayaran di bawah itu tergantung jangka waktu pekerjaan paruh waktu yang kamu ambil.

Penulis Lepas

Hobi menulis yang kamu miliki bisa disalurkan dengan bekerja sampingan sebagai penulis lepas. Sekarang ini, banyak media massa yang menerima tulisan dari masyarakat dalam bentuk opini, esai, maupun karya sastra. Beberapa portal berita online juga memiliki kanal tulisan kiriman pembaca. Selain itu, pengelola surat kabar pun punya kolom khusus untuk mahasiswa. Bayaran per artikel yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp200.000. Kalau kamu tertarik bekerja sebagai penulis konten, harga per artikel 300 kata yang kamu kirimkan bisa dibayar Rp30.000.

Guru Private

Apakah kamu cukup pintar dalam bidang akademik dan memiliki kemampuan mengajar? Kalau jawabannya ya, kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu ini untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa menjadi tutor atau guru bimbingan belajar untuk anak sekolah. Minimal kamu menguasai satu dari sekian banyak mata pelajaran yang sering diujikan saat ujian nasional atau test masuk perguruan tinggi. Kamu bisa melakukannya sendiri atau menjadi part time di lembaga bimbingan belajar. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa mencapat Rp3 juta atau Rp400.000 per pertemuan.

Baca juga:Kuliah Sambil Kerja, Pastikan Kamu Telah Siap 5 Hal ini

Penerjemah

Untuk kamu yang cukup ahli dalam bahasa asing, pekerjaan sampingan ini bisa dicoba. Peluang untuk mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai penerjemah pun cukup besar. Sebab, jasa yang satu ini bisa dibilang cukup banyak dicari. Kamu bisa menerjemahkan buku, hasil penelitian, jurnal ilmiah, dan lain sebagainya. Dengan melakukan pekerjaan sampingan ini, kamu bisa mendapatkan bayaran Rp250.000 per satuan halaman lho!

So Pintarian, Tertarik dan tertantang untuk menjalani pekerjaan sampingan sambal kuliah? Dengan pengalaman dan penghasilan yang kamu dapatkan, jangan sampai terlena yah, dan melupakan pendidikan kamu.

Maka dari itu, bila kamu berminat untuk kuliah sambil menjalani pekerjaan sampingan. Bergabung bersama Pintaria dengan metode belajar blended learning yang fleksibel, menjadi pilihan tepat, karena di Pintaria kamu bisa memilih beragam jurusan kuliah favorit dengan mitra kampus bergengsi yang memiliki akreditasi A dan B.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi pintaria disini.